Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Penyebab Kemandulan pada Wanita

Penyebab Kemandulan pada Wanita – Kemandulan merupakan suatu kondiri dimana seseorang tidak dapat melakukan proses reproduksi dikarenakan berbagai macam gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi. Ketika seorang wanita telah posistif mandul, maka dapat dipastikan wanita tersebut tidak akan bisa memiliki keturunan.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seorang wanita mengalami kemandulan. Beberapa penyebab kemandulan yang paling sering terjadi pada kaum wanita adalah sebagai berikut :

Penyebab Kemandulan pada Wanita

Beberapa Penyebab Kemandulan pada Wanita

1. Masalah Hormonal

Gangguan hormonal pada tubuh wanita dapat menghambat proses ovulasi pada sistem reproduksi wanita. Ketika proses ovulasi terhambat, maka yang akan terjadi adalah sel telur menjadi terlambat diproduksi atau bahkan dalam kasus tertentu sel telur tidak diproduksi sama sekali.

2. Ovarium Rusak

Ovarium merupakan organ terpenting dalam sistem reproduksi wanita. Ketika Ovarium seorang wanita rusak, maka yang akan terjadi adalah sistem reproduksi tidak bisa melakukan proses ovulasi atau dengan kata lain tidak akan ada sel telur yang dihasilkan.

3. Masalah pada Tuba Fallopi

Tuba Fallopi juga merupakan salah satu bagian penting dalam sistem reproduksi wanita. Ketika bagian tuba fallopi rusak, maka sistem reproduksi dapat dipastikan akan terganggu. Beberapa hal yang menjadi penyebab rusaknya Tuba Fallopi adalah pembedahan pada organ reproduksi, serta infeksi pada sistem reproduksi wanita.

4. Menopause Prematur

Menopause merupakan suatu keadaan dimana organ reproduksi wanita telah berhenti memproduksi sel terlur. Menopause prematur sering terjadi pada wanita yang banyak melakukan kegiatan fisik secara berlebihan. Ketika menopause sudah terjadi, maka tubuh tidak lagi mampu memproduksi sel telur yang dibutuhkan untuk proses pembuahan.

5. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kemandulan. Beberapa gaya hidup tidak sehat yang bisa menyebabkan kemandulan yaitu : merokok, mengonsumsi alkohol secara berlebihan, mengonsumsi obat-obatan, serta mengonsumsi makanan cepat saji. Seluruh kegiatan tersebut, jika dilakukan secara berlebihan dan juga terus-menerus, dapat menimbulkan kerusakan pada sistem reproduksi wanita, yang pada akhirnya akan berujung pada kemandulan.

Penyebab Kemandulan pada Wanita

Itulah sedikit informasi mengenai beberapa penyebab kemandulan pada wanita yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat dan Anda/pasangan bisa segera mendapat kehamilan yang anda inginkan !