Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Makanan Pendamping ASI / MPASI

Makanan pendamping ASI pada bayi biasanya baru diberikan setelah bayi berusia lebih dari 6 bulan. Sebelum berusia 6 bulan bayi harus diberi makanan utama berupa ASI eksklusif tanpa tambahan makanan apapun.

MPASI dirasa ini sangat perlu dilakukan agar perkembangan tubuh bayi dapat berjalan dengan lebih optimal. Bunda perlu mengenalkan jenis makanan baru untuk bayi agar lidahnya terbiasa dengan jenis makanan baru.

Pengenalan Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Seperti yang telah disebutkan di atas, makanan pelengkap ASI sebaiknya baru diberikan setelah bayi berusia di atas 6 bulan. Pada waktu ini, Bunda dapat mengenalkan makanan pendamping ini secara bertahap.

makanan pendamping asi

Bahan MPASI

  1. Bubur Buah dan Sayur

Pertama kali dikenalkan, makanan pelengkap ASI sebaiknya diberikan dalam bentuk bubur terlebih dahulu. Di usia 6 bulan, bayi belum memiliki gigi yang lengkap. Oleh sebab itu, pemberian bahan makanan pendamping yang keras belum memungkinkan.

Bunda dapat mencoba alternatif bubur buah yang dibuat sendiri dengan jalan menghaluskan buah segar dengan blender. Selain bubur buah, bunda juga sebaiknya turut memberikan bubur sayur untuk makanan pelengkap ASI si buah hati.

Perlu diketahui, bayi biasanya cenderung lebih menyukai bahan makanan yang manis. Untuk itu, bunda dapat menyiasati cara pemberian makan ke bayi dengan jalan memberikan makanan manis terlebih dahulu (letakkan di bagian depan), yang dicampur dengan bahan makanan lainnya di bagian belakang.

Meskipun bayi lebih suka dengan makanan manis, bunda tetap harus rajin memberikan makanan – makanan lainnya seperti sayur dan juga bubur nasi. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk membiasakan kepada bayi berbagai jenis makanan.

makanan pendamping asi

  1. Makanan Keras (Roti/Biskuit/Nasi)

Setelah menginjak usia 7 atau 8 bulan, bunda sudah bisa mulai memberikan biskuit yang agak keras kepada bayi. Pada waktu ini, bunda sebaiknya menerapkan prinsip overlapping, yaitu prinsip penyesuaian makanan untuk bayi. Prinsip ini dijalankan dengan cara memberikan makanan baru (dalam hal ini makanan keras seperti biskuit ataupun nasi lunak) secara bertahap dan terus didampingi dengan jenis makanan lama (dalam hal ini bubur buah, sayur, ataupun nasi).mpasi 6 bulan mpasi 7 bulan

Setelah bayi benar – benar telah beradaptasi dengan makanan pendamping ASI yang baru, pemberian makanan pelengkap ASI yang lama dapat mulai dihentikan.