Pantai Nglambor, Cocok Untuk yang Suka Snorkling

Kota Yogyakarta sudah lama menjadi destinasi favorit baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kita ini selain terkenal akan tradisinya juga sekarang banyak tempat wisata yang dapat dieksplorasi. Berbagai tempat wisata alam dapat dengan mudah anda temui di kota yogyakarta. Salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi adalah pantai  nglambor.

Di pantai ini sendiri terdapat ciri khas yaitu adanya dua karang besar yang menyerupai kura-kura. Keistimewaan lainnya dari pantai tersebut adalah airnya yang sangat jernih sehingga anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling atau juga berenang.

Advertisement

Lokasi Pantai Nglambor

Lokasi pantai nglambor sendiri berada di didaerah wonosari. Tepatnya pantai ini terletak di desa purwodadi, kecamatan tepus gunung kidul. Letaknya memang lumayan jauh dari yogyakarta. Tetapi biasanya orang-orang mendefinisikannya atau mengenalnya sebagai salah satu bagian yang dapat dikunjungi ketika pergi ke kota Yogyakarta. Kurang lebih letaknya berada 70km dari kota Yogyakarta. Keindahan pantai ini sudah tidak perlu anda ragukan lagi.

Karena airnya yang sangat jernih banyak wisatawan yang harus merasakan snorkling di pantai nglambor. Tentunya sensasi yang berbeda dapat anda rasakan. Berbagai terumbu karang dan aneka macam ikan dapat anda lihat ketika sedang bersnorkling di pantai tersebut.

Selain keindahan yang bisa anda dapatkan. Anda juga hanya perlu mengeluarkan uang yang tidak terlalu banyak.  Karena harga paket snorklingnya terbilang sangatlah murah. Harga murah dan anda bisa mendapatkan pengalaman snorkling yang luar biasa dengan melihat aneka macam terumbu karang dan ikan-ikan. Harga yang ditawarkan adalah kurang lebih lima puluh ribu rupiahpantai nglambor - lokasi pantai nglambor - rute menuju pantai nglambor - tips wisata di pantai nglambor - snorkling di pantai nglambor

pantai nglambor - lokasi pantai nglambor - rute menuju pantai nglambor - tips wisata di pantai nglambor - snorkling di pantai nglambor

pantai nglambor - lokasi pantai nglambor - rute menuju pantai nglambor - tips wisata di pantai nglambor - snorkling di pantai nglambor

pantai nglambor - lokasi pantai nglambor - rute menuju pantai nglambor - tips wisata di pantai nglambor - snorkling di pantai nglambor

Rute Menuju Pantai Nglambor

Rute ke pantai nglambor yang dapat anda tempuh jika dari Yogyakarta maka anda harus melewati ring road terlebih dahulu. Kemudian anda akan sampai pada perempatan jalan Wonosari. Setelah itu anda dapat berbelok ke arah timur mengikuti jalan Wonosari sampai anda bertemu dengan alun-alun wonosari.

Setelah itu cobalah untuk berjalan secara perlahan karena anda harus berbelok ke kanan untuk menuju jalan Baron yang berada sebelum polres gunung kidul. Atau juga jalan menuju terminal wonosari. Setelah itu anda mengikuti jalan sampai akhirnya menemukan kantor BRI.

Beberapa ratus meter didepan anda akan menemui pertigaan kemudian anda dapat berbelok ke arah timur atau juga kiri kemudian anda hanya perlu mengikuti jalan. Kemudian anda dapat menanyakan pada penduduk setempat dimana pantai nglambor berada.

Tips Berlibur di Pantai Nglambor Jogjakarta

Berikut terdapat beberapa tips liburan di pantai nglambor yang dapat anda perhatikan dan lakukan :

  • Tidak lupa untuk membawa sandal japit. Hal ini hampir wajib anda bawa karena pada pantai tersebut anda harus melewati beberapa karang dan juga bebatuan yang cukup tajam untuk mencapai bibir pantainya.
  • Membawa topi dan kacamata hitam yang tentunya dapat melindungi anda dari sinar matahari yang sangat kuat menyinari di pantai tersebut.
  • Tidak lupa untuk membawa pakaian renang atau juga pakaian ganti. Hal ini harus juga diperhatikan karena disana belum terdapat tempat untuk menyewakan pakaian renang atau juga menjual pakaian ganti. Sehingga alangkah baiknya anda membawanya sendiri. sehingga anda juga bebas untuk bermain air atau bermain pasir.
  • Harus berhati-hati ketika sedang melakukan snorkling. Karena pantai tersebut letaknya di teluk sewaktu-waktu dapat datang ombak yang cukup besar. Sehingga dapat membuat anda terbawa arus dan terkena batuan karang yang cukup tajam.
  • Waktu yang paling baik untuk melakukan snorkling adalah pada pagi hari atau juga sore hari. Karena pada siang hari akan sangat panas dan akan membuat pandangan anda tidak jelas karena terkena bias dari cahaya matahari. Tentunya cuaca yang panas akan membuat anda merasa tidak nyaman.

Berbagai penjelasan diatas tentunya akan semakin membuat anda merasa tertarik untuk mengunjungi pantai tersebut. pantai ini bisa dibilang belum banyak yang tahu sehingga belum begitu ramai. Dan masih sangat terjaga keasriannya. Jika anda memiliki waktu untuk berlibur dan ingin berlibur ke pantai, maka pantai nglambor dapat dijadikan sebagai pilihan utama destinasi wisata anda dan keluarga. Selain murah, pemandangannya juga sangat bagus. Sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke pantai tersebut.

Advertisement
TAGs: pantai lambor