Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Olahraga Untuk Ibu Hamil Yang Sehat

Ibu hamil olahraga? masih ada beberapa orang yang mengatakan bahwa olahraga saat hamil ini bisa membahayakan kesehatan ibu dan janinnya. Mungkin ada benarnya jika olahraga yang dilakukan oleh bumil adalah olahraga yang berat. Namun, demi kesehatan ibu hamil dan janinnya, ternyata olahraga masuk dalam daftar cara membuat ibu hamil dan janin tetap sehat.

Dengan catatan, olahraga tersebut adalah olahraga yang tidak membutuhkan tenaga yang besar. Agar anda semakin yakin bahwa olahraga tidak membahayakan bumil, inilah beberapa manfaat olahraga untuk ibu hamil.

Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil : Tidur Lebih Nyenyak

Olahraga akan membuat ibu hamil capek, terkadang anda sering mendengar pernyataan itu dari beberapa mulut. Memang benar jika setelah berolahraga tubuh sering merasa letih, tak terkecuali bumil. Namun, tahukah anda bahwa dibalik kecapaian yang melanda tersebut ada satu kegunaan olahraga untuk ibu hamil, yaitu membuat tidurnya lebih nyenyak. Bukankah ibu hamil sering mengalami susah tidur? makanya, salah satu solusi agar bumil istirahatnya cukup, ia bisa berolahraga secara rutin setiap hari.olahraga untuk ibu hamil

olahraga untuk ibu hamil

olahraga untuk ibu hamil

olahraga untuk ibu hamil

Olahraga untuk ibu hamil 4olahraga untuk ibu hamil

Mengurangi Stress

Kehamilan adalah salah satu anugerah yang paling ditunggu oleh pasangan. Namun, tak dapat dipungkiri, ketika kehamilan datang, terkadang ada ibu hamil yang mengalami stress karena takut membayangkan proses persalinan. Biasanya, stress tersebut akan menyerang mereka yang baru hamil untuk pertama kalinya.

Menurut penelitian, stress pada saat hamil bisa dihilangkan dengan cara rajin olahraga. Manfaat olahraga untuk ibu hamil, salah satunya adalah menghilangkan stress sehingga ibu hamil bisa lebih tenang dalam menghadapi persalinannya.

Melancarkan Peredaran Darah

Pernahkah anda menjumpai bumil yang kaki dan tangannya bengkak pada saat hamil. Atau, anda pastinya sering tahu bahwa beberapa ibu hamil sering mengalami kesemutan. Kedua hal tersebut dikarenakan peredaran bumil yang tidak lancar.

Bagaimana meminimalisir hal tersebut? cobalah untuk berolahraga secara teratur karena manfaat olahraga untuk ibu hamil salah satunya untuk melancarkan peredaran darah. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup luangkan waktu untuk berjalan-jalan 30 menit setiap harinya agar peredaran dalam tubuh lancar dan kesemutan atau bengkak segera menghilang.

Melancarkan proses Persalinan

Proses persalinan pastinya akan dialami oleh semua ibu hamil. Jika anda ingin persalinan berjalan dengan lancar dan normal, cara yang paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan berolahraga setiap hari. Olahraga seperti renang, jogging, atau yoga yang anda lakukan 30 menitan setiap hari bisa membuat proses persalinan berjalan dengan lancar.

Hal tersebut dikarenakan olahraga tadi bisa merenggangkan otot-otot rahim sehingga mempermudah bumil dalam menjalani proses melahirkan. Makanya, bagi anda ibu hamil, mulailah berolahraga secara teratur jika anda ingin kehamilan anda baik-baik saja. Semoga informasi tentang manfaat olahraga untuk ibu hamil di atas bermanfaat bagi para pembaca.