Olahraga Untuk Ibu Hamil yang Mudah Dipraktekkan Di Rumah

Latihan olahraga sangat berguna bagi ibu hamil karena membantu wanita hamil merasakan kesehatan tubuhnya, terlihat segar dan fresh, serta mengurangi gangguan tidur saat hamil. Berjalan-jalan di pagi hari menghirup udara segar dianggap sarana ideal untuk melatih otot pinggul dan kesehatan kaki ibu hamil.

Sebaiknya ibu hamil tidak berhenti berolahraga meski dalam kondisi hamil, Bisa juga mengurangi instensitas olahraga secara gradual, secara perlahan-lahan seiring dengan semakin membesarnya kehamilan. Wanita yang sedang hamil dipersilahkan melakukan kegiatan dan aktifitas seperti biasanya namun jangan sampai letih dan capek yang amat sangat. Lakukan porsi olahraga yang ringan terlebih dahulu, dikawatirkan bila langsung melakukan gerakan yang berat bisa menimbulkan flek dan menganggu kesehatan janin.

Ada beberapa latihan sederhana yang bisa membantu wanita hamil agar tetap sehat, segar, fresh selama masa kehamilan :

1. Latihan pertama : menyentuh kedua lutut. Telentangkan badan anda di permukaan yang datar, tkuk lutut bunda dan kedua lengan diletakkan di samping badan. Angkat kepala dan bahu anda secara perlahan. Luruskan tangan hingga menyentuh kedua lutut. Tetaplah dalam posisi tersebut hingga 20 detik, lalu kembali keposisi semula. Ulangi latihan ini sebanyak 3 kali.

2. Latihan kedua : Mengencangkan jaringan otot bawah perut. Rebahkan badan secara telentang dan tekuk kedua lutut. Kencang secara perlahan-lahan otot-otot perut disekitar oragn intim. Tariklah bokong bunda, lalu dorong pangkal punggung ke tanah dan tarik lambung anda ke dalam. Tetaplah dalam kondisi tersebut selama 30 detik dan rileks kan secara gradual. Ulangi langkah tersebut 3 kali.

3. Latihan Ketiga : menarik kedua lutut ke arah bahu. Rebahkan tubuh bunda secara telentang dan tekuk kedua lutut. Angkat kedua lutu anda ke arah sisi kanan dan tahan selama 30 detik. Turunkan kaki secara perlahan dan biarkan rileks sejenak. Ulangi gerakan yang sama dengan menarik lutuk ke arah sisi kiri. Ulangi latihan selama 3 kaki pada setiap sisi.

4. latihan ke empat : relaksasi. rebahkan pada salah satu sisi tubuh atau posisi apa saja yhang penting nyaman untuk bunda. Gunakan bantal untuk sandaran kepala, kedua kaki atau punggung bunda. Kencang otot setiap bagian tubuh anda, otot kedua kaki, tangan, dan perut. Tahan selama 30 detik. Biarkan otot bunda kembali rileks. pejamkan kedua mata bunda, ambil nafas dalam-dalam selama 40 detik, dan hembuskan juga secara perlahan. Lakukan latihan ini siang hari dan mejelang tidur.olahraga untuk ibu hamil di rumah mudah dipraktekkan

olahraga untuk ibu hamil di rumah mudah dipraktekkan. contoh gerakan Olahraga Untuk Ibu Hamil di Rumah

Untuk menghindari rasa sakit di punggung, ada langkah langkah yang bisa bunda praktekkan yakni : jangan membungkuk di bagian pinggang, jika hendak mengambil barang yang ada di bawah hendaknya menekuk lutut. Jangan mengangkat barang yang berat melebihi atas pinggang jadi di jinjing saja, berjalan, berdiri dan duduk dengan pinggang yang lurus tidak bungkuk, tidurlah di atas permukaan yang relatif keras namun nyaman untuk bunda hamil, jangan empuk, misal di atas karpet untuk tidur siang anda.