DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

11 Obat untuk Radang Tenggorokan dari Bahan Alami dan Aman

Obat untuk radang tenggorokan ternyata juga banyak sekali jenisnya. Agar Aman, pengobatannya  bisa dilakukan dengan cara herbal dan dari bahan-bahan alami. Radang tenggorokan itu sendiri merupakan radang pada bagian faring yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Berikut ini beberapa obat sakit tenggorokan secara alami yang bisa diterapkan pada penderita radang tenggorokan.

Obat untuk radang tenggorokan secara alami yang aman

Beberapa bahan dan cara alami yang bisa mengobati sakit tenggorokan antara lain:

  1. Larutan garam

Larutan garam bersifat antibakteri sehingga bisa mengusir bakteri atau virus di tenggorokan. Caranya adalah dengan melarutkan 1 hingga 2 sendok garam ke dalam satu gelas air bersih. Gunakan larutan garam itu untuk berkumur atau diminum.

  1. Bawang putih

Caranya adalah dengan mengunyah satu siung bawang putih mentah hingga teksturnya halus. Lalu, masukkan air ke dalam mulut untuk berkumur bersama bawang putih tadi. Jika mulut terasa bau, gunakan madu untuk menghilangkan baunya.Obat untuk radang tenggorokan Obat untuk radang tenggorokan

  1. Lemon dan madu

Kedua bahan ini mengandung vitamin C tinggi dan bersifat anti-inflamasi. Caranya adalah dengan mencampurkan madu dengan air perasan lemon. Aduk kedua bahan hingga rata, kemudian minum ramuan tersebut hingga habis.

  1. Sup ayam

Sup ayam yang dikonsumsi secara hangat bisa membantu mengurangi peradangan di dalam tenggorokan. Hal ini dikarenakan kuah pada sup ayam akan memberi rasa nyaman dan lega, sehingga tenggorokan akan terasa hangat dan radang berkurang.

  1. Wedang jahe

Caranya adalah dengan membuat wedang atau minuman jahe panas, yaitu dengan menggeprek beberapa ruas jahe dan menyeduhnya dengan air panas. Jika ingin manis, maka tambahkan beberapa sendok madu. Minum wedang jahe secara rutin sedikit demi sedikit.

  1. Minyak kayu putih

Obat untuk radang tenggorokan dewasa juga bisa menggunakan minyak kayu putih. Caranya adalah dengan mempersiapkan air panas pada satu wadah. Teteskan minyak kayu putih pada air tersebut. Aroma yang muncul serta uap air yang masih mengepul akan membuat sensasi nyaman pada tenggorokan yang terkena radang.

  1. Pisang

Rasa sakit saat menelan ketika radang tenggorokan menyerang akan menyebabkan penderita kurang nafsu makan. Biasanya buah atau makanan dengan tekstur lembut bisa membantu mengatasi hal tersebut. Salah satunya pisang. Pisang juga memiliki kemampuan mengurangi radang dan meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Istirahat yang cukup

Beberapa radang tenggorokan disebabkan karena daya tahan tubuh yang terlalu lemah atau kondisi fisik tubuh yang terlalu lelah. Oleh karena itu, istirahat yang cukup bisa menjadi satu solusi efektif untuk mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh agar tenggorokan bisa kembali normal.

  1. Air putih

Air putih yang cukup setiap hari bisa membuat tubuh kembali bugar. Selain itu, air putih juga bisa mengembalikan hidrasi pada tubuh dan kulit yang terserang radang tenggorokan tersebut. Air juga bisa membantu menyeimbangkan mekanisme di dalam tubuh, agar sekresi bakteri bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Menghentikan kebiasaan merokok

Menghirup asap rokok bisa menyebabkan bakteri masuk dengan mudah ke dalam tubuh, khususnya daerah tenggorokan. Oleh karena itu, rokok harus dihentikan untuk mencegah dan mengobati radang tenggorokan.

Obat Clindamycin :  Dosis Pemakaian dan Efek Samping

  1. Permen pelega tenggorokan

Beberapa produk permen pelega tenggorokan terbukti cukup ampuh untuk mengembalikan tenggorokan yang sakit. Hal ini terjadi karena ada kandungan mint pada permen yang menyebabkan rasa lega pada tenggorokan.

Demikianlah beberapa jenis obat untuk radang tenggorokan secara alami yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.