Daftar isi [720+ Artikel]

Obat Herbal Asam Urat dan Kolesterol Paling Efektif

Obat herbal asam urat dan kolesterol ada banyak dan bisa didapatkan dengan cukup mudah. Banyak orang yang lebih suka menggunakan obat herbal dengan alasan lebih aman dan lebih alami. Asam urat dan kolesterol itu sendiri merupakan penyakit yang sering menyerang orang dewasa.

Walau terlihat tidak begitu membahayakan, kedua penyakit ini tetap harus segera diobati, karena bisa juga berakibat fatal. Beberapa obat alami asam urat dan kolesterol akan dijelaskan di bawah ini.

Dari bahan alami, berikut obat herbal asam urat dan kolesterol

  1. Kumis kucing

Tanaman kumis kucing merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan bahan utama pengobatan asam urat. Tanaman ini banyak tumbuh di halaman atau pekarangan rumah. Di dalamnya ada kandungan garam kalium yang cukup tinggi.

Kandungan garam kalium inilah yang berkhasiat untuk melarutkan batu ginjal. Selain itu ada juga sifat antibakteri dari zat sinsetin serta orthosiphonin glikosida di dalam kumis kucing yang bisa membantu sekresi asam urat lewat air seni.Obat herbal asam urat dan kolesterol Obat herbal asam urat dan kolesterol

  1. Daun salam

Daun yang sering dijadikan bumbu dapur ini ternyata juga mampu membantu mengobati asam urat serta kolesterol. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan merebus beberapa daun salam dengan kurang lebih 2 gelas air bersih. Didihkan hingga air dalam panci hanya tinggal setengahnya. Minum ramuan tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

  1. Sambiloto

Obat tradisional asam urat yang ampuh dan sudah populer di masyarakat adalah sambiloto. Tanaman ini bisa membantu menurunkan asam urat dan kolesterol. Ada kandungan keton, aldehid, natrium, kalsium, kalium, serta flafonoid di dalam sambiloto. Namun tanaman ini rasanya pahit.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan produk olahan dari apel yang memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah mampu menurunkan asam urat yang berlebihan pada tubuh. Cuka sari apel dapat dikonsumsi secara teratur sesuai dosis yang dianjurkan.

  1. Brotowali

Tanaman herbal selanjutnya adalah brotowali. Tanaman ini merupakan tanaman herbal yang juga memiliki banyak manfaat dan digunakan secara tradisional untuk mengobati beberapa penyakit. Salah satunya adalah asam urat. Untuk mendapatkan manfaat dari brotowali sebagai obat asam urat, cara yang bisa dilakukan adalah merebus daunnya dengan air, lalu menyaringnya hingga tersisa airnya saja. Air rebusan brotowali bisa dikonsumsi secara sehat. Walau rasanya pahit, namun tanaman ini akan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Jahe merah

Jahe merah merupakan jenis akar rimpang yang biasanya digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan. Jahe merah juga merupakan tanaman yang baik untuk membantu menyembuhkan asam urat. Caranya juga cukup mudah, yaitu cukup dengan menumbuk atau menggeprek jahe merah untuk diseduh dengan air hangat.

  1. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh herbal yang berkhasiat juga untuk meningkatkan kesehatan serta membuang asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan banyak nutrisi penting di dalam teh hijau yang baik untuk kesehatan. Cara yang bisa dilakukan dengan teh hijau adalah menjadikannya sebagai minuman seperti biasanya.

Manfaat Daun Binahong

  1. Sidaguri

Tanaman obat sidaguri ini merupakan tanaman herbal yang bisa dijadikan alternatif pengobatan kolesterol dan asam urat. Caranya yaitu dengan merebus daun dan biji sidaguri, lalu meminum air rebusannya secara teratur.

Demikianlah beberapa jenis obat herbal asam urat dan kolesterol yang bisa dikonsumsi atau digunakan sebagai alternatif obat tradisional yang aman dan alami. Semoga artikel ini bermanfaat.