Daftar isi [720+ Artikel]

Obat Gatal di Selangkangan Ampuh Serta Aman

Obat gatal di selangkangan bisa diberikan kepada keluhan gatal di sekitar daerah selangkangan. Rasa gatal di selangkangan itu sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah oleh jamur, karena alergi, tingkat kebersihan yang rendah, atau penggunaan pakaian ketat.

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan gatal di selangkangan secara alami maupun medis yang bisa dilakukan.

Obat gatal di selangkangan dan cara mengatasi secara alami

Beberapa bahan alami atau obat yang bisa digunakan antara lain:

  1. Larutan garam

Larutan garam bisa membantu menghilangkan bakteri di area selangkangan. Gunakan larutan garam untuk membasuh bagian yang gatal.

  1. Bedak anti-bakteri

Bedak anti-bakteri akan membuat kondisi bagian tubuh yang gatal menjadi lebih dingin dan nyaman. Selain itu, bedak ini akan mengusir bakteri yang menyebabkan gatal.Obat gatal di selangkangan

  1. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang bisa membantu melawan bakteri jahat. Mengonsumsi yoghurt akan membantu menghilangkan gatal-gatal pada selangkangan.

  1. Bawang putih

Seperti halnya garam, bawang putih bisa melawan bakteri yang menyebabkan gatal. Namun penggunaan bawang sebagai bahan oles akan menyebabkan rasa sedikit panas pada kulit.

  1. Es batu

Es batu mungkin tidak bisa melawan bakteri yang menyebabkan gatal, namun es batu bisa membantu meredakan rasa gatal agar tidak semakin meluas.

  1. Obat jamur

Obat jamur gatal di selangkangan sangat mudah ditemui di apotek dan banyak yang dijual secara bebas tanpa resep dokter.

  1. Madu

Madu juga merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung kemampuan untuk melawan bakteri. Gunakan madu sebagai obat oles.

  1. Cranberry

Meminum dua gelas jus cranberry tanpa gula bisa membantu menghilangkan rasa gatal di tubuh, termasuk selangkangan.

Cara lain yang bisa dilakukan seperti:

  1. Mengganti pakaian setelah olahraga

Keringat setelah olahraga harus segera dihilangkan dari tubuh, salah satunya dengan mengganti pakaian dengan segera. Jamur akan lebih mudah tumbuh pada area-area yang lembab dan kotor seperti keringat di pakaian.

  1. Memilih bahan celana yang aman

Bahan celana yang baik adalah bahan celana yang mampu menyerap keringat atau yang memiliki daya serap yang tinggi. Tujuannya agar keringat tidak tinggal terlalu lama di bagian selangkangan.

  1. Menjauhi hal-hal yang menyebabkan alergi

Untuk orang yang alergi terhadap makanan tertentu karena bisa menyebabkan gatal di tubuh, sebaiknya menjauhinya.

  1. Mandi secara teratur

Mandi secara teratur bisa membantu membersihkan tubuh dari keringat, bakteri, jamur, dan virus yang bisa menyebabkan gatal di selangkangan.

  1. Mengeringkan tubuh secara merata

Setelah mandi, keringkan tubuh secara merata, karena bagian tubuh yang masih basah bisa menjadi tempat tumbuhnya jamur yang menyebabkan gatal.

  1. Menggunakan celana longgar

Menggunakan celana yang longgar itu lebih baik untuk mencegah tumpukan keringat di dalam tubuh, terutama bagian selangkangan dan paha.

  1. Menjaga asupan nutrisi harian

Jika seseorang memiliki alergi, lebih baik mengimbangi dirinya dengan nutrisi harian sehat agar daya tahan tubuh lebih meningkat.

  1. Tidak menggunakan celana bergantian dengan orang lain

Menggunakan celana secara bergantian dengan orang lain akan menyebabkan kuman mudah berpindah, yang akhirnya akan menyebabkan gatal-gatal.

Tips Memilih Baju saat Hamil

  1. Mencuci celana setelah digunakan

Celana yang sudah digunakan sebaiknya segera dicuci agar tidak terjadi tumpukan jamur dan bakteri yang dapat menginfeksi dan menimbulkan gatal-gatal.

Demikianlah beberapa cara mengatasi serta beberapa jenis obat gatal di selangkangan yang bisa diberikan kepada penderita. Semoga bermanfaat.