Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Obat Flu Bayi 1 Tahun Untuk Buah Hati Anda

Obat Flu Bayi 1 Tahun ada banyak jenisnya termasuk yang alami. Flu pada bayi biasanya ditandai dengan hidung berair atau tersumbat, bersin, batuk dan sakit tenggorokan. Jelas buah hati anda akan tersiksa saat terkena penyakit ini. Aktifitas seperti bersekolah akan terhambat tentunya. Flu disebabkan oleh virus.

Virus dapat dengan mudah menyebar melalui udara dari orang yang bersin atau batuk. Bayi yang sudah berumur satu tahun sedang dalam masa eksplorasi dan mengenal lingkungannya. Ia akan memegang dan memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. Hal ini menyebabkan bayi sangat rentan terserang flu.

Anak-anak terutama mereka yang berumur di bawah 2 tahun memiliki risiko komplikasi serius jika mereka terkena flu. Aktivitas di luar ruangan akan membuat virus semakin mudah menginfeksi buah hati anda. Tentu sebagus-bagusnya anda menjaga buah hati tetap saja ada momen dimana anda lalai. Yang terpenting adalah anda mengetahui bagaimana cara mengatasi flu kala penyakit itu datang.

obat flu bayi 1 tahun 2Berikut ini akan dibahas penggunaan obat herbal untuk mengatasi flu yang bisa menyerang buah hati anda.

Obat Flu Bayi 1 Tahun Berbahan Alami.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati flu pada bayi usia satu tahun antara lain:

  1. Obati dengan madu. Berikan setengah sendok teh pada buah hati anda pada malam hari menjelang tidur, madu efektif untuk meredakan flu serta membantu bayi tidur lebih nyenyak
  2. Berikan perasan jeruk nipis yang di campur kecap manis. Jeruk nipis terbukti efektif meredakan batuk dan membantu melegakan tenggorokan bayi dan bahkan orang dewasa. Caranya dengan memeras jeruk nipis pada sendok makan, tambahkan kecap manis kemudian di aduk dan langsung diminum. Bila rutin dikonsumsi, jeruk nipis bagus untuk mengobati flu bahkan mencegahny.
  3. Beri buah hati anda istirahat yang cukup. Bayi dan anak-anak  membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk melawan infeksi di dalam tubuhnya. Stres pada bayi dan anak-anak juga sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuhnya
  4. Minum banyak cairan. Mengkonsumsi banyak cairan akan sangat membantu bayi Anda dehidrasi dan akan melegakan hidung tersumbat. Cairan dapat berupa ASI, sari buah, atau air mineral. Pastikan kebutuhan cairan bayi anda tercukupi
  5. Berikan obat yang mengandung ibuprofen atau paracetamol. Senyawa tersebut akan mengurangi gejala flu pada bayi. Berikan sesuai dosis yang telah ditentukanobat flu bayi 1 tahun

Demi mejaga kesehatan buah hati anda, praktik kebersihan yang baik perlu dibiasakan. Beberapa hal yang hendaknya selalu dijaga adalah seperti  mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menutup dengan tisu atau tangan saat bersin atau batuk, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor, juga mebersihkan bagian-bagian rumah secara rutin dan berkala.

Menggunakan obat alami seperti tersebut di atas tentu bisa menjadi pilihan. Alasannya jelas, obat alami tidak akan menimbulkan efek samping meskipun efeknya cenderung lebih lama. Belum lagi obat berbahan alami mudah didapat dan proses pembuatannya pun tak rumit.

Nah, itulah hal penting terkait flu pada anak. Mencegah lebih baik dari pada mengatasi. Karena itu, jagalah anak anda dari sesuatu yang bisa menyebabkan penyakit flu.