>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Alami Dan Aman

Bagi Anda yang sedang hamil dituntut harus dapat menjaga kesehatan dan juga asupan dalam tubuhnya kerena cenderung mudah terserang penyakit. Pasalnya segala bentuk zat yang dikonsumsi oleh sang ibu akan berpengaruh terhadap janin.

Terlebih lagi ketika Anda terserang penyakit harus sangat bijak dan hati-hati dalam memilih obat, salah-salah dapat membahayakan janin. Bahkan ketika Anda terserang penyakit ringan sekalipun misalnya batuk, Anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat batuk untuk ibu hamil meminimalisir resiko gangguan pada janin/rahim.

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Alami Dan Aman

Batuk pada ibu hamil tidak dapat disepelekan karena jika dibiarkan berlarut dapat menimbulkan resiko yang lebih serius. Dalam kaitannya dengan penggunaan obat medis atau kimia harus Anda konsultasikan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

baca: Efek Samping Ibu Hamil Minum Yakult

Ada beberapa obat medis yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, contohnya Acetaminophen, Parasetamol, dan juga Antihistamin.

Ketiga obat medis tersebut terbukti aman dan tidak dapat mengakibatkan cacat lahir. Namun jika Anda khawatir dengan kemungkinan akan timbulnya resiko, Anda dapat menggunakan alternatif obat tradisional yang alami. Berikut ada beberapa jenis obat herbal alami yang dapat Anda gunakan.obat batuk untuk ibu hamil source obatbatuktradisional blogspot com

baca: Bolehkah Ibu Hamil Kerokan?

  1. Lemon Dan Jeruk Nipis

Kedua bahan  ini memang sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu obat batuk. Jeruk ataupun lemon mengandung Vitamin C sehingga dapat melegakan tenggorokan dan menetralisir virus penyebab batuk. Lemon ataupun jeruk nipis bahkan aman jika dikonsumsi untuk ibu hamil.

Caranya, satu buah jeruk nipis potong menjadi dua kemudian peras airnya. Tambahkan kecap manis, konsumsi secara rutin agar bisa memberikan efek yang maksimal. Sedangkan untuk lemon, potong lemon tambahkan sedikit garam dan lada hitam kemudian Anda hisap aromanya. Atau Anda juga dapat menggunakan air garam hangat, tambahkan perasan air lemon dan madu kemudian gunakan sebagai bahan kumur-kumur.

  1. Jahe Dan Kencur

Jahe dan kencur dapat memberikan efek hangat pada tubuh sekaligus dapat membantu melegakan tenggorokan. Selain itu jahe dan kencur tidak menimbulkan efek berbahaya bagi ibu hamil dan juga janin. Siapkan 2 ruas jahe dan 4 ruas kecil kencur, kupas kemudian cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan menyusut hingga menyisakan setengahnya.

Minum air rebusan ini dengan teratur 3 kali sehari hingga batuk Anda mereda. Selain dapat meredakan batuk, air rebusan ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan.

baca: Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil

  1. Daun Seledri, Daun Sirih, Dan Kemangi

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui jika ketiga  jenis daun ini dapat dijadikan obat batuk ibu hamil yang aman dan ampuh. Untuk daun kemangi Anda hanya perlu merebusnya kemudian mengkonsumsinya secara teratur.

Rebusan daun kemangi ini dapat membatu meredakan batuk kering. Sedangkan untuk daun seledri Anda dapat merebus daun seledri dan menambahkan beberapa tetes madu. Ramuan ini juga efektif untuk meredakan batuk.

Atau Anda juga dapat menggunakan alternatif rebusan daun sirih yang dicampur dengan beberapa ruas jahe. Rebus bersamaan kemudian konsumsi, rebusan ini dapat mengurangi rasa gatal dan juga menghangatkan.

baca: Efek Samping Parasetamol untuk Ibu Hamil

  1. Kunyit Dan Garam

Alternatif terakhir untuk obat batuk untuk ibu hamil adalah dengan kunyit dan air garam. Gunakan air garam hangat untuk berkumur, air garam ini dapat membantu mengurangi rasa gatal, rasa nyeri, dan juga bengkak pada tenggorokan Anda. Sedangkan untuk kunyit Anda dapat juga mengurangi rasa sakit dan juga melancarkan dahak pada batuk Anda.

Caranya mudah, campurkan satu sendok teh kunyit bubuk kedalam segelas susu kemudian tambahkan beberapa tetes madu. Diamkan hingga mengendap dan minumlah susu ketika masih hangat.

baca: Pantangan Ibu Hamil (Makan, Minuman, Pamali/Adat)