>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Nyeri Payudara Pasca Persalinan, Obat nya ?

Ibu yang baru saja melahirkan akan mengalami beberapa masalah pada tubuhnya. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para ibu adalah nyeri payudara pasca persalinan. Nyeri pada payudara biasanya dialami pada 2 hingga 3 minggu awal pasca melahirkan. Saat itu, ibu akan merasa bahwa payudaranya keras, panas, nyeri, dan membengkak.

Nyeri pada payudara yang dialami oleh para ibu seusai melahirkan disebabkan oleh beberapa hal seperti terlukanya puting yang luka serta terjadi penyesakan pada payudara lantaran payudara terlalu penuh. Puting yang luka disebabkan karena posisi payudara yang salah saat ibu menyusui.

Payudara yang penuh akan mengakibatkan sakitnya payudara sang ibu, maka ASI yang ada di dalam harus segera dikeluarkan. Sakitnya payudara ibu yang sedang menyusui juga disebabkan oleh infeksi payudara yang disebut dengan mastitis.

Nyeri Payudara Pasca Persalinan

Infeksi ini terjadi karena adanya penyumbatan pasa saluran keluarnya ASI. Infeksi payudara biasanya membuat para bayi tidak mau meminum ASI karena rasa ASI tidak seperti biasanya. Infeksi payudara membuat suhu badan ibu meningkat.

Tips untuk mengurangi rasa nyeri payudara pasca persalinan adalah sebagai berikut

  • Menyusuilah sesering mungkin karena hal itu bisa membuat payudara Anda kosong. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh ASI yang mengumpul di payudara akan segera hilang bila Anda mengeluarkan ASI sesering mungkin. Pompalah payudara Anda agar ASI yang ada di dalam bisa secepatnya keluar.
  • Harap menyusui dengan posisi yang benar, yaitu posisi berhadap-hadapan dengan si bayi. Ketepatan dan kenyamanan posisi saat menyusui dapat membuat rasa nyeri pada payudara berkurang.
  • Rasa nyeri pada payudara dapat dibendung dengan cara mengompres payudara dengan air hangat. Lakukanlah pengompresan payudara selama kurang lebih 10 menit. Bisa juga melakukannya dengan cara mandi dengan air hangat.
  • Apabila rasa nyeri datang ketika Anda sedang menyusui, maka gunakanlah air dingin. Letakkanlah kain dingin pada payudara Anda. Air dingin dipercaya dapat membantu mengurangi rasa kontraksi saat Anda menyusui.
  • Cadangkan atau simpanlah ASI dalam botol sehingga apabila payudara Anda sedang nyeri, Anda tidak perlu memaksakan untuk menyusui bayi Anda.
  • Paikailah bra dengan ukuran yang besar. Dengan menggunakan bra ukuran longgar payudara Anda dapat leluasa bergerak dan tidak tertekan.
  • Supaya nyeri payudara sembuh , ibu harus banyak minum air putih dan cukup istirahat.

Nyeri Payudara Pasca Persalinan

Nyeri payudara pasca persalinan adalah hal lumrah yang biasa terjadi. Bagi ibu yang batu pertama kali melahirkan, masa ini pasti sangat menyakitkan. Apabila terkena sentuhan sedikit saja, maka payudara akan terasa sakit luar biasa. Namun, rasa sakit pada payudara yang dirasakan  sang ibu tidak akan berlangsung lama.