>>> >> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < << <<<

Nutrisi Ibu Hamil di Masa Kehamilan

Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk kesehatan janin dan kesehatan ibunya juga. Ibu hamil yang kekurangan nutrisi akan mengakibatkan banyak hal yang tidak diinginkan. Seperti berpengaruh kepada perkembangan otak janin dan juga mengakibatkan perkembangan janin yang menjadi tidak normal.

Ada tiga tahapan pada ibu hamil yaitu trimester I, trimester II dan Trimester III. Setiap trimester harus mempunyai kebutuhan nutrisi sendiri-sendiri.

Ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak konsumsi protein dibandingkan ibu yang tidak hamil.  Setiap hari ibu hamil membutuhkan kurang lebih 1500 mg kalsium dibandingkan dengan orang yang tidak hamil yang hanya membutuhakn 1000 mg kalsium per harinya.

Agar perkembangan janin anda baik, setiap makan makanan anda harus mengandung beberapa nutrisi ibu hamil dibawah ini.

Macam-Macam Nutrisi Ibu Hamil Yang Penting

  1. Kalsium

Kalsium mempunyai fungsi yang sangat penting untuk ibu hamil. Kalsium berfungsi untuk dalam proses pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi pada janin. Ibu hamil membutuhkan 1500 mg kalsium perharinya.

Dengan adanya kandungan kalsium yang tinggi pada ibu hamil, akan membuat ibu hamil terhindar dari penyakit osteoporosis. Jika konsumsi kalsium pada ibu hamil kurang, janin akan mengambil kalsium dari tulang ibunya untuk kebutuhan pertumbuhannya. Sehingga akan mengakibatkan penyakit osteoporosis pada ibu hamil.

Banyak sekali makanan yang mengandung kalsium seperti susu dan semua olahannya, kacang-kacangan, sayuran hijau dan masih banyak lainnya.nutrisi ibu hamil source illuminateblog com

  1. Asam Float

Nutrisi ibu hamil yang selanjutnya asam float. Asam float berfungsi untuk pembentukan sel dan juga system syaraf pada janin. Janin sangat banyak membutuhkan asam float itu untuk memenuhi kebutuhanya. Pada saat trimester pertama janin anda membutuhkan kurang lebih sebanyak 400 mikrogram asam float per harinya.

Jika kebutuhan asam float tidak terpenuhi akan membuat perkembangan janin anda tidak normal. Selain itu janin juga berpotensi lahir dengan berbagai kelainan seperti bibir sumbing, anencheplay ( kelainan tanpa batok kepala), tulang belakang tidak bersambung (spinabifda) dan lain sebagainya. Asam float ini dapat anda dapatkan dari makanan seperti beras merah, buah-buahan dan sayuran hijau.

  1. Vitamin A

Ibu hamil sangat membutuhkan vitamin A yang berfungsi sebagai nutrisi ibu hamil. Vitamin A berfungsi untuk perkembangan mata, pertumbuhan kulit dan juga tulang. Selain itu vitamin A juga berfungsi untuk pertumbuhan janin dan imunitas pada janin.

Tetapi dalam konsumsi vitamin A anda juga tidak boleh berlebihan. Setiap ibu hamil mempunyai kebutuhan vitamin A yang berbeda-beda. Jadi anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda. karena jika ibu hamil kelebihan vitamin A malah akan menganggu pertumbuhan si janinnya.

  1. Protein

Protein sangat penting untuk tubuh yaitu digunakan untuk sumber utama kalori dan juga zat pembangun tubuh. Selain itu juga berfungsi untuk pembentukan darah dan sel dalam tubuh. Oleh karena itu sangat penting sekali fungsi protein bagi ibu hamil.

Ibu hamil membutuhkan protein kurang lebih sebanyak 60 gram per harinya sedangkan untuk orang yang biasa membutuhkan 50 gram protein per harinya. Banyak sekali makanan yang mengandung protein dan mudah untuk didapatkan seperti pada tempe, kacang-kacangan,putih telur, tahu dan daging.

  1. Vitamin C

Vitamin C sangat berperan penting sebagai nutrsi pada ibu hamil, salah satunya adalah untuk menyerap zat besi lebih banyak. Selain itu vitamin C juga berfungsi untuk pertumbuhan gigi dan gusi pada janin anda. vitamin C juga dapat digunakan untuk melindungi jaringan pada organ tubuh janin dari berbagai macam kerusakan pada tubuh dan juga memberikan stimulus pada otak sebagai bahan kimia.

Hal ini dapat terjadi karena vitamin C mengandung banyak sekali antioksida. Vitamin C dapat anda temui diberbagai macam buah-buahan seperti jeruk, strawberry, dan masih banyak lainnya.

  1. Zat Besi

Zat besi berfungsi sebagai salah satu nutrisi ibu hamil yang sangat penting. Zat besi berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah yaitu hemoglobin. Selain itu zat besi juga dapat berfungsi untuk mengurangi resiko ibu hamil terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

Pada usia kehamilan 20 minggu, ibu hamil sangat membutuhkan zat besi. Ibu hamil membutuhkan zat besi kurang lebih sebanyak 30 mg zat besi per harinya. Salah satu nutrisi ini dapat anda temui di hati, ikan atau daging.

  1. Vitamin D

Selain vitamin A dan vitamin D, ibu hamil juga membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan janinnya. Vitamin D ini dapat menyerap kalsium dengan baik, seperti yang kita sudah tahu kalsium berfungsi untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang pada bayi anda. vitamin D ini dapat anda temui di berbagai sumber makanan, kuning telur, susu, hati dan juga ikan.

Ibu hamil harus mengerti jika bahan makanan yang banyak mengandung vitamin D bukanlah bahan makanan dengan harga yang mahal. Tetapi ada banyak pula bahan makanan dengan harga terjangkau yang banyak mengandung vitamin D.

  1. Yodium

Yodium sangat dibutuhkan sebagai nutrisi ibu hamil muda. Yodium ini akan dibutuhkan dalam proses pembentukan salah satu senyawa tiroksin. Senyawa tiroksin berfungsi sebagai control setiap proses metabolisme sel baru yang terbentuk dalam tubuh. Jika ibu janin kekurangan nutrisi ini, akan berakibat terhadap pertumbuhan janin dan juga akan mengakibatkan pertumbuhan otak janin jadi terganggu dan terhambat.

Janin anda akan tubuh lebih kecil atau kerdil dari ukuran yang seharusnya. Tetapi jika berlebihan juga akan mengakibatkan pertumbuhan janin yang terlalu berlebihan. Jadi harus diperhatikan dengan baik konsumsi yodium selama masa kehamilan.

nutrisi ibu hamil source shilpsnutrilife blogspot com

Itulah 8 nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan janin. Jika ibu hamil tidak mengalami gusi berdarah, anemia atau kelainan lainnya kemungkinan besar ibu hamil tersebut sudah tercukupi semua kebutuhan nutrisinya.

Selain itu juga dapat dilihat dari perkembangan pertumbuhan janin, salah satunya dengan berat bayi. Berat bayi harus sesuai dengan perkembangan setiap bulannya. Kenaikan berat badan bayi dan ibu setiap bulannya juga berbeda-beda. Itulah mengapa sangat penting memeriksakan diri secara rutin ke dokter kandungan setiap bulannya.

Lalu bagaimana jika pada proses masa kehamilan kekurangan nutrisi ibu hamil tersebut? Jika hal ini terjadi akan mengakibatkan banyak hal pada kehamilan seperti keguguran, kelahiran prematur, kelainan pada otak dan system syaraf dan masih banyak lainnya.

Yang paling buruk adalah menyebabkan kematian pada janin dan juga ibu. Oleh karena itu pemenuhan nutrisi ibu hamil memang sangatlah penting. suami dan keluarga juga harus selalu memperhartikan konsumsi ibu hamil setiap harinya. Ibu hamil harus konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Tidak boleh terlalu berlebihan dan tidak boleh kekurangan.