Nasehat Untuk Ibu Hamil Muda, Penting Untuk Di Simak

Artikel ini didedikasikan untuk bunda hamil yang sedang menjalami masa kehamilan pertama kalinya. Untuk bunda yang baru pertama kalinya, hal-hal apa saja yang bisa dilakukan dan hal-hal apa saja yang perlu dihindari. Ketika ibu hamil sudah hamil lagi, kehamilan kedua.ketiga dan seterusnya sudah mempunyai banyak bekal ilmu yang didapat berdasarkan kehamilan pertama. Berikut ini informasi kami rangkum dari berbagai nara sumber, referensi buku dan media cetak maupun online.

1. Berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil terutama pada awal kehamilan dan akhir kehamilan bisa mengakibatkan keletihan dan kelelahan. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya pandai mngambil waktu istirahat pada waktu siang hari, selain tidur 8 jam pada waktu malam. lalu bagaimana jika ibu hamil merupakan wanita karier ? sebaiknya hindari stres berlebihan dan lembur malam dan tidak ada salahnya meminta bantuan suami/adik ipar untuk membantu menyelesaikan pekerjaan di rumah.


2. Mandi dengan air hangat sebelum jam 5 sore dapat membantu ibu hamil merasa lebih segar dan nyaman serta bisa tidur dengan nyenyak. Namun jangan biasakan mandi air hangat sebagai sesuatu yang rutin, terkadang mandi dengan air hangat ketika hamil membuat perut maupun kulit menjadi gatal.

3. Ibu hamil sebaiknya membeli bra khusus untuk kehamilan ketika ukuran payudara bertambah, karena bisa memberikan kenyamanan dan penopang yang baik disesuaikan dengan ukuran. Pada usia kehamilan 7 Bulan ibu sudah bisa memproduksi ASI dan pada sebagian ibu hamil produksinya melimpah dan menyebabkan bra basah terkena ASI.

4. Muncul garis-garis dibawah perut dan dibagian lain (stretchmark) yang disebabkan kulit tertarik pada waktu hamil, dan bertambah pada dua bulan terakhir kehamilan. Garis-garis kerutan tersbut berbeda dengan ibu hamil lainnya, tergantung dari jenis dan elastisitas kulit masing-masing.

Selain faktor genetis juga berperan. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya mepertimbangkan untuk mencukupi kebutuhan gizi makanan, terutama protein yang menjaga kelembabpan dan kesehatan kulit, selalu mengkonsumis maekana yang mengandung vitamin E, C dan D, selalu melumuri kulit dengan krim alami atau minyak nutrisi, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa, selalu melakukan olahraga ringan khusus kehamilan yang berpengaruh terhadap elastisitas vitalitas kulit.

5. Bagi ibu hamil yang belum mendapatkan imunisasi tetanus, dapat diperkuat kekebalannya terhadap tetanus pada tengah bulan ketiga kehamilan. jika itu adalah kehamilan pertama, maka diberikan dua dosis selama masa kehamilan, apabila kehamilan kedua dan seteruisnya maka cukup sau dosis saja, dan jeda kehamilan tidak lebih dari 7 tahun.

6.Ibu hamil harus menjaga kesehatan gigi dengan memberikan nutrisi yang sehat, menambah susu dan makanan yang berbahan susu serta rajin menggosok gigi. Gigi berlubang sedikit banyak meyebabkan gangguan saraf dan berpengaruh terhadapa kesehatan janin.

7. Ibu hamil tidak boleh merokok dan harus menjauhi asap rokok agar perkembangan janin senantiasa sehat.nasehat untuk ibu hamil muda, nasehat ibu hamil, saran untuk ibu hamil muda, saran ibu hamil

8. Menghindari pemakaian baju ketat yang sekiranya bisa mengganggu aliran darah didalam pembuluh darah yang mengalir ke janin, dan juga penggunaan kaus kaki yang ketat karena bisa menyebabkan varises.

9. Memperbanyak mengkonsumsi makan yang yang banyak mengandung serat dan zat-zat celeolozip, seperti sayuran, buah-buahan dan lalapan, karena dapat membantu kerja usus, juga minum banyak air mineral karena bisa menghindari masalah konstipasi pada waktu hamil.

10. Saran dan nasehat untuk ibu hamil muda berikutnya yaitu Sebaiknya ibu hamil menghindari minuman es yang menggunakan pemanis, mengurangi konsumsi mie instan karena kandungan MSG/micin, mengurangi konsumsi makanan pedas, menghindari konsumsi buah-buah berbahaya seperi durian,nanas muda dan kelengkeng.

Nasehat Untuk Ibu Hamil saat Berhubungan Intim

11. Terbukti bahwa kehamilan membuat seorang calon ibu lebih membutuhkan suaminya, baik secara fisik melalui kehadiran dan peran suami, maupun secara biologis pada masa-masa awal kehamilan. Sebagian wanita yang mengalami masalah seksual akan hilang sendirinya begitu menyadari dirinya sedang hamil.

Selain itu, kenikmatan saat berhubungan akan bertambah meskipun frekuensi/instensitas berhubungan cenderung menurun. Berdasarkan statistik dan polling, hubungan seksual tidak bisa dinikmati oleh wanita yang hamil tua, usia kehamilan 8 dan 9 bulan, karena perut yang besar menyebabkan tidak nyaman. Tetapi hal ini bukan berarti tidak boleh dilakukan, bahkan saat usai kehamilan mencapai usia 36 minggu sebaiknya lebih sering berhubungan, agar memancing dedek bayi segera lahir.

12. Resiko melakukan hubungan suami-istri pada awal kehamilan (trimester awal, 0-3bulan) yaitu keguguran atau pendarahan/flek. Kantong tuba bisa pecah karena berhubungan dan bisa membuka jalan bagi mikroba hingga sampai ke janin.

13. Nasehat untuk ibu hamil muda yang terakhir adalah Jika kehamilan dan kondisi rahim dan janin normal, maka tidak ada halangan bagi suami dan istri melakukan hubungan.

Demikianlah 13 nasehat yang berhasil kami rangkum agar memudahkan ibu hamil dan pasangan untuk menjalani masa kehamilannya dengan aman, sehat dan bahagia. Semoga bermanfaat.

TAGs: nasehat untuk ibu hamil, nasihat untuk ibu hamil, nasihat spog kehamilan trimester awal, nasihat nuntuk ibu hamil, nasihat ibu hamil, nasihat gizi ibu hamil, nasehat untuk istri sedang hamil, nasehat untuk ibu hamil harus rajin, wejanggan bagi ibu hamil, nasehat untuk calon janin, nasehat kebaikan untuk ibu hamil, nasehat buat ibu hamil muda, nasehat bijak untuk ibu hamil muda, materi untuk ibu hamil dan nasihat untuk ibu hamil, kata nasehat ibu hamil, kata kata nasehat buat wanita baru hamil, hamil rajin beberesih rumah