Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Nanas untuk Ibu Hamil, Amankah?

Nanas untuk ibu hamil, pastinya Anda sering mendengar mengenai keamanan mengkonsumsi nanas bagi ibu hamil. Nanas merupakan buah yang hanya dapat tumbuh di daerah tropis. Buah nanas dapat tumbuh dengan subur di Indonesia. Buah ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, zat besi, fosfor, magnesium, kalsium dan enzim bromelain.

Vitamin C merupakan vitamin yang dapat digunakan sebagai antioksidan yang mampu menjaga ketahan tubuh terhadap penyakit sedangkan enzim bromelain merupakan enzim yang dapat menghambat perkembangan sel kanker dan membantu lambung dalam mencerna makanan. Banyak manfaat yang dapat diambil oleh buah nanas tetapi apakah ibu hamil dapat mendapatkan manfaat-manfaat tersebut dari buah nanas?

Berikut alasan mengapa nanas untuk ibu hamil dilarang dikonsumsi.

Nanas untuk ibu hamil tidak dianjurkan dikonsumsi pada ibu hamil yang berada pada trimester pertama. Mereka akan mendapatkan pantangan yang begitu banyak salah satunya adalah tidak boleh mengkonsumsi nanas. Hal ini disebabkan pada keadaan hamil muda, ibu hamil rentan mengalami keguguran. Keadaan rahim yang masih lemah membuat mereka harus menjaga asupan makanan yang mereka makan.

Buah nanas yang mengandung bromelain dapat membuat leher rahim melemah. Jika ibu hamil mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang berlebih, mereka akan mengalami kelainan pada kandungan mereka. Namun, nanas juga aman dikonsumsi jika ibu hamil telah melalui trimester pertama. Pemilihan buah nanas harus matang dan Anda hanya boleh mengkonsumsinya dengan jumlah yang tidak berlebih.

Nanas untuk Ibu HamilNanas untuk Ibu HamilNanas untuk Ibu Hamil 4

Di dalam masyarakat juga terdengar mengenai nanas yang dapat menimbulkan keguguran. Apakah Anda juga percaya dengan kalimat tersebut? Buah nanas untuk ibu hamil memang tidak dianjurkan jika buah nanas yang dipilih merupakan buah yang masih dalam kondisi muda. Buah nanas juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil yang sebelumya pernah mengalami keguguran. Tetapi, buah nanas masih dapat dikonsumsi oleh ibu hamil jika mereka memilih nanas yang telah benar-benar matang dan mengkonsumsinya dalam jumlah yang sewajarnya.

Buah ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi karena zat bromelain yang dapat membantu ibu hamil dalam proses pencernaan. Ibu hamil tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah nanas jika mereka mengkonsumsinya dengan cara dan takaran yang benar.

Walaupun buah nanas dapat dikonsumsi oleh para ibu hamil, mereka harus menahan rasa keinginan untuk mengkonsumsi buah ini jika ibu hamil memiliki masalah pada lambung mereka. Buah nanas memiliki rasa asam yang dapat menggangu lambung pada ibu hamil yang memilki masalah lambung. Bagi mereka yang memiliki penyakit magh, ada baiknya untuk menghindari buah satu ini.

Buah nanas dapat dikonsumsi oleh ibu hamil tetapi tidak semua ibu hamil dapat mengkonsumsi buah ini. Ibu hamil yang memiliki masalah lambung harus menghindari buah ini agar janin dan dirinya terhindar dari masalah. Ibu hamil dapat mengkonsumsi nanas dengan kematangan yang pas dan takaran yang semestinya. Dengan dilandasi alasan dan petimbangan yang masuk akal, Anda dapat merekomendasikan mengonsumsi nanas untuk ibu hamil.