Musik Klasik Ibu Hamil, Apa Manfaatnya ?

Para ibu hamil tentunya sudah banyak mengetahui jika dengan mendengarkan alunan musik klasik ketika hamil dapat memberikan segudang manfaat. Ya, memang beberapa studi telah membuktikan bahwa ternyata dengan rutin mendengarkan musik klasik dapat memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan janin Anda. Sehingga tidak sedikit para ibu  hamil yang mengguanakan metode ini untuk menunjang perkembangan janin mereka.

Musik klasik ibu hamil ini juga telah banyak disarankan oleh para ahli kandungan sebagai salah satu cara agar kandungan tetap sehat. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat dari musik untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya.


Beberapa Manfaat Musik Klasik Ibu Hamil

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Apakah Anda pernah mendengar kata-kata “efek Mozart”? Effek Mozart adalah salah satu ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan salah satu manfaat dari musik klasik Mozart untuk ibu hamil. Pasalnya, dengan mendengarkan musik klasik seperti Mozart pada saat hamil dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak janin Anda.

Dengan mendengarkan musik klasik dapat merangsang tingkat intelegensi dan juga ketajaman otak bayi. Hal ini didasarkan pada sebuah studi yang menunujukkan bahwa seorang anak yang belajar dengan mendengarkan musik klasik terbukti mendapatkan nilai ujian lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang mendengarkan jenis musik lainnya.

Musik klasik ini juga sering disebut sebagai pemanas otak untuk berfikir sehingga dapat mengasah ketajaman otak seseorang. Anda dapat meletakkan headphone pada perut Anda atau juga dengan mendengarkannya secara langsung.

Namun perlu diperhatikan tingkat volume yang Anda gunakan. Pasalnya volume yang terlalu keras dan sering dalam jangka panjang dapat menimbulkan resiko kelahiran prematur, memiliki gangguan pendengaran, dan juga resiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Jadi usahakan menggunakan volume dengan sewajarnya agar perkembangan bayi Anda tidak terganggu.musik klasik ibu hamil source rumahkeluarga-indonesia com

  1. Rileks

Manfaat kedua adalah dapat memberikan rasa rileks baik pada bayi ataupun juga pada sang ibu. Dengan mendengarkan musik klasik, secara tidak sadar akan memerikan efek rasa bahagia dan juga dapat menghilangkan rasa stress atau tekanan yang dirasakan oleh sang ibu maupun janin dalam kandungan Anda.

musik klasik ibu hamil source tin247 com

 

Kapan Ibu Hamil Mulai Mendengarkan Musik Klasik ? Mendengarkan musik klasik sebaiknya dimulai saat kandungan sudah mencapai 6 bulan keatas, atau trimester ke-3. Hal ini dikarenakan saat memasuki trimester terakhir, organ pendengaran janin sudah mulai berkembang dan sudah bisa merespon suara dari luar rahim.

Musik klasik identik dengan tempo yang lamban namun sangat lembut juga kaya akan nilai seni musik tinggi sehingga dapat memberikan nuansa damai dan rasa yang menentramkan. Manfaat ini akan sangat terasa terlebih ketika mendekati masa persalinan dimana tingkat stress sang ibu atau janin sangat tinggi. Sekarang jenis musik klasik seperti apa yang efektif? Berikut infonya untuk Anda.

7 Musik Klasik Ibu Hamil Terbaik 

Tidak semua musik klasik dapat memberikan efek yang efektif. Ada beberapa jenis musik klasik yang dianggap paling baik dan disarankan untuk didengarkan oleh ibu hamil. Pertama adalah Mozart for pregnant piano concerto No. 17 sound of stream jenis musik ini merupakan jenis musik yang banyak digunakan sebagai bahan penelitian tentang musik klasik dan kecerdasan otak.

Hasilnya memang Mozart ini terbukti dapat membantu  meningkatkan tingkat intelegensi seseorang. Kedua adalah musik klasik dengan judul Mother’s song. Lagu ini juga dapat Anda dengarkan sebagai salah satu musik klasik untuk ibu hamil.

Musik klasik ibu hamil karya Ludwig van Beethoven – Shymphony No 9 dan Fur Elise piano Version dapat Anda jadikan alternatif lain.

Atau Anda juga dapat mendengarkan Moonlight Sonata – Beethoven 1st Piano, dimana merupakan salah satu musik klasik yang sangat direkomendasikan.

Disamping itu Anda dapat pula menggunakan jenis musik klasik berjudul Mozart, Bach, Beethoven, Chopin, Brams Symphony No 8 atau Pregnant Women are Smug-nya Garfunkel and Oates.

Jika Anda seorang muslim tentunya sangat disarankan untuk mendengarkan lantunan ayat-ayat Allah yang akan sangat membatu perkembangan kecerdasan otak janin Anda.


TAGs: Jenis musik klasik, manfaat musik klasik, daftar musik klasik untuk ibu hamil, musik klasik untuk ibu hamil, headset untuk ibu hamil, manfaat musik klasik bagi janin, manfaat musik klasik untuk janin, musik klasik ibu hamil 123, apakah tujuan ibu hamil dalam mendengarkan alunan musik mozart, Manfaat mendengarkan musik klasik, hetset untuk janin, headset ibu hamil, headset hamil, headphone untuk ibu hamil, handset untuk ibu hamil, Dengrin musikklasik, bumil dengerin musik di perutnya

Scroll Up