DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil, Apa Efeknya ?

Minyak ikan untuk ibu hamil, mungkin kata-kata tersebut sering anda dengar pada saat penjual minyak ikan menjajakan produknya. Atau, anda sudah pernah mendengar dari ahli kesehatan yang mengatakan bahwa minyak ikan sangat baik untuk kesehatan bumil dan bayinya.

Namun, benarkan demikian? Beberapa riset mengatakan bahwa minyak ikan memang sangat bagus untuk saraf janin. Konon katanya, ketika sang ibu rutin mengkonsumsi minyak ikan pada saat hamil, maka ibu hamil berkesempatan untuk mendapatkan bayi yang sehat.

baca: Senam Ibu Hamil di Rumah (cara dan Contoh Gerakan)

Ternyata, pendapat tentang manfaat minyak ikan untuk ibu hamil tersebut masih terbilang kontroversi. Bagaimana tidak, ada ahli yang mengatakan bahwa mengkonsumsi minyak ikan pada saat hamil bisa sang ibu melahirkan anak-anak yang cerdas. Namun, ada pula ahli yang mengatakan bahwa minyak ikan yang dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kerusakan pada saraf janin anda.

Sebelumnya juga pernah disinggung bahwa ikan, terutama ikan laut memang tak boleh sembarangan saat mengkonsumsinya. Ada beberapa jenis ikan laut yang harus dihindari oleh bumil seperti ikan yang berukuran jumbo, tuna dan hiu yang konon katanya mengandung banyak merkuri. Lalu, bagaimana dengan minyak ikan yang dihasilkan dari kedua ikan tersebut? apakah juga berbahaya?

Minyak ikan untuk ibu hamil

Dosis Mengkonsumsi Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

Yang namanya sesuatu yang berlebihan memang tidak selalu baik. Begitupun jika anda menghubungkannya dengan khasiat minyak ikan untuk ibu hamil. Ya, memang benar adanya bahwa minyak ikan memberikan beberapa manfaat untuk ibu hamil. Namun, sekali lagi, minyak ikan harus dikonsumsi sesuai dengan takaran yang pas agar tidak membahayakan kesehatan bumil dan bayi yang dikandungnya.

baca: Pantangan Ibu Hamil (Makanan, Minuman, Adat/Pamali)

Para dokter sepakat bahwa minyak ikan hanya boleh dikonsumsi setiap harinya maksimal 300 mg DHA. Waktu konsumsi minyak ikan bagi ibu hamil juga perlu diperhatikan. Ibu hamil bisa mengkonsumsi minyak ikan saat kehamilannya memasuki masa pertumbuhan, sekitar trimester kedua.

Manfaat Minyak Ikan Untuk Bumil

  1. Mencerdaskan Otak

Minyak ikan memang digadang-gadang bisa membuat otak menjadi cerdas. Ternyata, ketika bumil rajin mengkonsumsi minyak ikan pada masa pertumbuhan janinnya, maka ibu hamil bisa melahirkan buah hati yang cerdas.

Kecerdasan otak buah hati atau janin disebabkan oleh kandungan omega 3 pada minyak ikan yang dikatakan bisa mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan sistem saraf pada janin. Sistem saraf yang dimaksud adalah sistem saraf yang berhubungan dengan kecerdasan otak.

Itulah sebabnya jika bumil ingin melahirkan anak yang cerdas, konsumsilah minyak ikan secara rutin sesuai takaran yang dianjurkan oleh dokter.

Minyak ikan untuk ibu hamil

  1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Organ Pada Janin

Pastinya bumil tak mau jika nantinya anak lahir dengan organ yang tak sempurna atau cacat. Cacat fisik sejak lahir bisa disebabkan karena asupan asam folat yang kurang pada janin sehingga pertumbuhan dan perkembangan organ janin tidak sempurna. Agar janin atau bayi organnya bisa tumbuh dengan sempurna, ibu hamil bisa mengkonsumsi minyak ikan secara rutin.

Ya, salah satu manfaat minyak ikan untuk ibu hamil adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak dan organ sehingga nantinya anak bisa lahir dengan sehat dan sempurna. Semoga bermanfaat!

baca: Bahaya MSG/Micin Untuk Ibu Hamil