DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Minum Kopi Setelah Minum Obat, Apakah Aman ?

Minum kopi setelah minum obat apakah boleh? Hal ini hingga sekarang masih menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang. Hal ini dikarenakan terdapat kepercayaan turun temurun mengenai tidak diperbolehkannya seseorang mengonsumsi kopi tak lama setelah meminum obat atau sebaliknya. Lalu apakah hal tersebut merupakan fakta ataukah hanya sekedar gosip belaka? Simak ulasan selengkapnya.

Akibat minum kopi setelah minum obat

  • Dapat menggagalkan kinerja obat

Meminum obat merupakan langkah seseorang untuk sembuh dari penyakit tertentu. Namun jika setelah mengonsumsi obat dan tak lama kemudian meminum kopi segala jenis, maka kinerja obat tidak akan berjalan maksimal sesuai dengan fungsinya.

Devaluasi khasiat ini dikarenakan kandungan kafein pada segala jenis kopi yang dapat menghambat serta mengganggu penyerapan obat pada lambung dan usus halus. Bahkan kafein dalam kopi tersebut juga dapat mengacaukan atau menggagalkan fungsi obat yang seharusnya khususnya pada beberapa jenis obat seperti esterogen, antidepresan, obat untuk gangguan osteoporosis dan tiroid.

  • Memicu terjadinya aritmia

Kandungan kafein pada kopi yang dikonsumsi setelah meminum obat juga berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Hal ini terjadi karena interaksi kafein yang dapat terjadi dengan jenis-jenis obat tertentu seperti efedrin, theophylline, fenilpropanolamin, obat anti-psikotik dan anti-depresan.

Interaksi kafein yang terkandung pada kopi dengan beberapa obat tersebut akan memicu detak jantung yang meningkat secara drastis. Itulah mengapa jika terdapat pertanyaan bolehkah minum kopi setelah meminum obat?

Jawabannya adalah tidak boleh karena tentu akan memberikan efek buruk terhadap kesehatan jantung hingga otak tak bisa berfungsi dengan baik.minum kopi setelah minum obat minum kopi setelah minum obat jarak waktu

  • Berpengaruh buruk pada keseimbangan hormon

Meminum kopi sesasat setelah mengonsumsi obat berdampak buruk bagi kesehatan. Khususnya bagi para kaum hawa, keseimbangan hormon akan terganggu. Hormon esterogen dan hormon lainnya dalam tubuh akan menurun dengan cepat yang menyebabkan beberapa masalah atau resiko seperti terhambatnya penyerapan obat atau fungsi lainnya.

  • Terjadi keracunan

Sifat kafein yang dapat bertahan lama di dalam tubuh dapat memicu keracunan pada tubuh jika dikonsumsi setelah meminum obat-obatan tertentu. Hal ini terjadi karena kafein dan kandungan zat kimia dalam obat tersebut tak dapat berkolerasi dengan baik. Tak heran jika kemudian banyak orang yang mengalami sakau atau kesakitan luar biasa bahkan sampai meninggal jika meminum kopi setelah meminum obat.

Paling tidak, jarak waktu minum kopi habis minum obat yang tepat adalah 3 hingga 4 jam. Biarkan kandungan dalam obat bekerja sebagaimana fungsinya terlebih dahulu di dalam tubuh untuk mengobati keluhan, barulah kafein masuk ke dalam tubuh. Tentu saja hal ini tak akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Apakah Aman Bagi Ibu Hamil Minum Kopi ?

Ternyata pendapat masyarakat jika minum kopi lalu minum obat atau sebaliknya tidak diperbolehkan sangatlah benar. Terdapat banyak dampak negatif yang dapat muncul akibat minum kopi setelah minum obat yang dapat diketahui melalui penjelasan di atas.

Dengan demikian, semoga melalui artikel ini semakin bayak masyarakat yang mengetahui hal ini dan tidak sembarangan lagi dalam mengonsumsi obat dan kopi. Harus benar-benar diperhatikan jedanya.