Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Menu Ibu Hamil yang Sehat

Menu ibu hamil ada banyak macamnya. Pastinya semua terdiri dari makanan sehat yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya ibu hamil harus banyak mengkonsumsi makanan sehat demi pertumbuhan sang janin di dalam kandungan. Beberapa makanan juga harus dihindari untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Pada setiap trimester, kondisi yang dialami juga akan berebda. Tidak jarang kalau ibu hamil menghadapi masalah yang berbeda di setiap trimester. Misalnya saja muntah-muntah, pusing, kaki bengkak dan lain sebagainya. Sebenarnya masalah tersebut normal tetapi sangat membuat tidak nyaman. Tetapi kalau asupan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan telah terpenuhi, maka semua keluhan pun akan bisa diatasi.

Menu Ibu Hamil yang Sehat

Pada trimester pertama, umumnya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah-muntah. Untuk menghindari masalah-masalah yang terjadi, maka tips yang bisa dilakukan adalah dengan makan dalam porsi kecil. Sehingga kerja usus menjadi tidak terlalu berat dan bisa bergerak secara kontinu. Ibu hamil bisa makan 6-8 kali dalam sehari ketika trimester pertama.

Saat bangun pagi, biasanya ibu hamil akan mengalami morning sickness. Untuk mengatasinya, ibu bisa duduk dulu di tempat tidur sambil mengkonsumsi biskuit atau minum jus. Baru setelah itu bisa dilanjutkan dengan sarapan. Menu yang disarankan harus mengandung serat pangan yang cukup untuk membantu mengurangi konstipasi ketika masa kehamilan.Menu Ibu Hamil

Menu Ibu Hamil

Biasanya memasuki trimester kedua, nafsu makan ibu akan meningkat. Tidak hanya mengkonsumsi makanan tiga kali sehari, ibu hamil juga akan mulai sering mengkonsumsi makanan kecil 3-4 kali dalam sehari. Makanan kecil yang dikonsumsi sebaiknya mengandung gizi. Seperti roti gandum, keju rendah lemak, salad, dan lain sebagainya. Tambahan zat besi juga dibutuhkan untuk menghindari kejadian hemodilusi.

Caranya yaitu dengan mengkomsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, hati, dan lain0lain. Tidak lupa juga diikuti dengan vitamin C. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur karena selain sumber vitamin, buah dan sayur juga mengandung banyak serta yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Lantas memasuki trimester ketiga, maka kontraksi yang dialami oleh ibu akan menjadi lebih sering. Pertambahan berat badan juga harus diperhatikan dan tidak boleh lebih dari 10 kg. Maka dari itu konsumsi karbohidrat perlu diturunkan. Asupan protein juga penting untuk diperhatikan dan tidak boleh sampai kurang. Karena ketika bersalin nanti, akan ada banyak luka yang didapatkan.

Protein memiliki fungsi untuk menyembuhkan luka yang akan timbul. Susu merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk ibu hamil. Usahakan agar ibu hamil tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mendapatkan istirahat yang cukup. Asupan energi yang memadai sangat berguna sebagai cadangan untuk persalinan nanti. Demikian artikel mengenai menu ibu hamil.