Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Mengobati Migrain Pada Ibu Hamil

Mengobati Migrain pada Ibu Hamil harus dilakukan secara tepat dan aman. Migrain memang dapat menyerang siapa saja, termasuk para ibu hamil. Secara umum, migrain merupakan sakit kepala sebelah. Tapi, secara definisi, migrain adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan sakit kepala ringan atau berat yang berhubungan dengan sistem syaraf otonom.

Bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, migrain akan sangat menyiksa dan tentunya akan mengganggu aktivitas kita bukan? Untuk para ibu hamil, dianjurkan tidak sembarangan memilih obat migrain untuk dikonsumsi.

Perlu dipikirkan akan dampak dari obat tersebut kepada janin. Oleh karena itu, perlu obat yang aman dan alami untuk mencegah dan mengobati penyakit migrain ini.

Hindari Gejala dan Penyebab Untuk Mengobati Migrain Pada Ibu Hamil

Sebelum membahas tentang obat alami yang diperlukan untuk mengobati migrain pada ibu hamil, perlu diketahui juga gejala dan penyebab dari migrain itu sendiri. Seperti pengertiannya, migrain ditandai dengan sakit kepala yang hanya dirasakan pada salah satu sisi kepala saja. Namun, gejala lain yang ditimbulkan penyakit ini antara lain mual yang berujung muntah, fotofobia (kesensitifan pada cahaya), dan fonofobia (kesensitifan pada suara).Mengobati Migrain Pada Ibu Hamil

Mengobati Migrain Pada Ibu Hamil

Mengobati Migrain Pada Ibu Hamil

Gejala migrain akan semakin dirasakan bila terjadi aktivitas fisik yang berlebihan. Jadi, bila gejala penyakit ini sudah mulai nampak, sebaiknya anda istirahatkan fisik anda sejenak. Bila perlu hindari beberapa jenis makanan seperti, cokelat, keju matang, krim asam, kacang-kacangan, alkohol, makanan yang difermentasikan, dan kopi yang mengandung kafein, karena makanan-makanan tadi adalah pemicu penyakit migran ini.

Menurut penelitian, ada beberapa penyebab dari migrain yang ditemukan. Umumnya, para penderita migrain disebabkan karena stres. Pada saat stres, terjadi pelepasan hormon tertentu yang mengakibatkan tekanan pada otak, sehingga sistem syaraf akan terganggu dan terjadilah migrain. Untuk ibu hamil, sangat disarankan untuk tidak mengalami stres.

Selain dapat menimbulkan migrain, stres juga dapat mengakibatkan tumbuh kembang janin menjadi terganggu. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan migrain adalah lingkungan, yang memang merupakan faktor penyebab berbagai macam penyakit. Untuk kasus migrain, hal-hal yang ada pada lingkungan sekitar dapat menjadi penyebab, di antaranya bau parfum yang menyengat pada saat berada di tempat umum.

Sebab lain dari lingkungan juga berasal dari kondisi jalan pada malam hari. Kondisi jalan yang terdiri dari lampu kelap-kelip dapat menjadi penyebab timbulnya sakit migrain. Pada siang hari pun juga bisa terjadi migrain karena sorot sinar matahari dari sela-sela pepohonan

Kesimpulannya, migrain dapat timbul dari beberapa aktivitas yang kita lakukan setiap hari. Dua faktor di atas adalah salah satunya. Untuk ibu hamil, cara yang paling mudah menghindari penyakit migrain adalah mengontrol aktivitas kita. Hindari aktivitas-aktivitas yang terlalu banyak menggunakan pikiran karena akan timbul stres yang menimbulkan penyakit migrain.

Bila migrain terlanjur terjadi, anda bisa memilih cara mengatasi migrain dengan cara alami seperti mengunyah jahe, minum banyak air putih, perbanyak vitamin dan melakukan olah raga teratur. Cara tersebut dijamin aman dan ampuh mengobati migrain pada ibu hamil.