Sariawan Pada Anak Umur 2 Tahun Dan Cara Mengobatinya

Banyak orang tua yang mengabaikan sariawan pada anak umur 2 tahun, mereka menganggap hal ini wajar terjadi. Padahal sariawan jika dibiarkan terus menerus akan membuat anak yang masih berumur 2 tahun rewel.

Sariawan sendiri memiliki arti radang yang terjadi pada jaringan yang melapisi pada mulut. Pada anak yang berusia 1 hingga tahun biasanya memiliki 2 tipe sariawan. Yaitu herpes stomatitis dan stomatitis aftosa (sariawan ini sering dihubungkan dengan kanker mulut)


Gejala Dan Penyebab  Sariawan Pada Anak Umur 2 Tahun

Gejala gejala yang terjadi pada sariawan meliputi demam yang tinggi yang muncul satu hingga 2 hari sebelum sariawan dan muncul luka.  Mulai timbul luka yang berada di lidah, langit langit mulut yang berwarna putih ditengah dan merah dipinggirnya, biasanya gusi akan membengkak dan terasa nyeri.

baca: Ide Dekorasi Ulang Tahun Anak Sederhana Namun Berkesan

Untuk pencegahan agar tidak terkena sariawan ini antara lain konsumsi asam folat, vitamin B, zat besi, memelihara kebersihan pada daerah mulut juga menjadi hal utama yang harus dilakukan, membersihkan gigi dengan halus juga dapat mencegah agar tidak sariawan, bagaimanapun mulud juga memiliki bagian dalam yang sensitive yang dapat menyebabkan luka, cara lainnya adalah sering seringlah membersihkan mulut dengan air garam.sariawan pada anak umur 2 tahun

Sedangkan penyebab dari sariawan pada anak antara lain adalah :

  1. Daya tahan tubuh yang menurun

Anak yang sedang tidak vit atau daya tahan tubuh menurun bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kondisi cuaca yang tidak bersahabat, keadaan anak yang sedang tidak sehat atau sakit bisa juga menimbulkan sariawan, daya tahan tubuh juga disebabkan oleh tidak teraturnya menggkonsumsi makanan dan makanan yang dikonsumsi juga tidak ada nutrisi yang mencukupi bagi tubuh si kecil. Maka ketika anak mengalami ini segera konsumsilah air putih secukupnya, selain itu mengobati sariawan dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan ramuan daun saga dan madu.

baca: Mainan yang Tepat Untuk Balita Usia 1-3 Tahun

  1. Kebiasaan jajan sembarangan

Anak menyukai makanan yang dijajakan dimana saja, bisa di lingkungan sekolah, dipinggir jalan dan tempat lainnya, sebagai orang tua yang kurang awas terhadap si kecil atau anak yang berumur 2 tahun, maka anak tersebut bukan tidak mungkin terkena sariawan yang disebabkan oleh jajana sembarangan. Karena makanan tersebut kebersihannya tidak diketahui kita, biasanya jajanan juga mengandung bahan kimia untuk pengawetan makanan, sehingga bisa jadi efek yang ditimbulkan selain sariawan adalah penyakit yang diketahui setelah jajan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Kebersihan daerah mulut yang kurang dijaga

Menjaga kebersihan mulut si kecil adalah hal yang harus diperhatikan dan dilakukan, jika tidak dirawat maka akan menyebabkan kerusakan pada gigi, dan sariawan akan sering muncul, serta menyebabkan daya tahan pada anak akan berkurang. Mulailah untuk mengajarkan pada anak sejak usia dini sekarang cara merawat gigi dengan menggosok gigi secara teratur setelah makan dan akan tidur.sariawan pada anak umur 2 tahun

Cara Mengobati Sariawan pada Anak

Jika anak anda sudah terkena sariawan maka yang perlu dilakukan adalah memberikannya obat yang bisa dibeli di apotik, mengkonsumsi makanan yang sehat secara teratur, kemudian jika anak tidak mampu menelan dan minum, rewel, serta demam tinggi  segera dibawa kedokter.

baca: Tips dan Cara Mengatasi Anak yang Mimisan

TAGs: obat sariawan anak 2 tahun, obat sariawan untuk balita umur 2 tahun, obat sariawan untuk anak 2 tahun, cara mengobati sariawan pada anak usia 2 tahun, sariawan pada anak umur 2 tahun, obat sariawan untuk anak umur 2 tahun, obat sariawan pada anak 2 tahun, obat sariawan untuk anak usia 2 tahun, sariawan pada anak 2 tahun, nama obat sariawan usia 2th, cara mengatasi anak rewel umur 2 tahun, obat sariawan anak 2 thn, sariawan pada balita 2 tahun, obat sariawan anak 1 tahun, obat sariawan anak usia 2 tahun, obat sariawan untuk anak 2tahun, obat sariawan untuk anak dibawah 2 tahun

loading...