Mengatasi Sembelit Pada Bayi Dengan Puree

Mengatasi sembelit pada bayi menjadi pekerjaan yang tidak mudah bagi anda sebagai orang tua. Sembelit biasanya terjadi pada bayi yang sudah mengkonsumsi makanan pendamping seperti, bubur, sup, dan lain-lain. Bayi biasanya akan rewel jika terjadi sesuatu pada tubuhnya. Anda harus tahu apakah bayi anda rewel karena sembelit atau karena hal lain.

Seperti yang kita ketahui sembelit merupakan gangguan pencernaan akibat kurangnya asupan serat yang masuk dalam tubuh. Bagi orang dewasa mungkin tidak terlalu sulit mengatasi masalah sembelit, karena ada banyak obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Namun bagi bayi yang belum bisa berbicara, ini merupakan pekerjaan yang sulit untuk anda para orang tua agar jeli dengan apa yang terjadi dengan bayi anda.

Mengatasi sembelit pada bayi dengan puree

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah bayi anda terkena sembelit atau tidak. Caranya adalah dengan memeriksa tekstur fases atau kotoran bayi anda. Apa bila teksturnya keras dan bayi anda kesakitan dan menangis saat mengeluarkan kotoran. Hal itu dapat mengindikasikan bahwa anak anda terkena sembelit. Selain itu perhatikan siklus buang air besar pada bayi anda, jika siklusnya tidak rutin dan dibaregi dengan diare itu juga merupakan salah satu gejala diare. Jika benar bayi anda terkena sembelit, berikut adalah cara mengatasi sembelit pada bayi.Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Mengatasi Sembelit Pada BayiMengatasi Sembelit Pada Bayi

Sembelit terjadi akibat kurangnya asupan serat seperti sayur, buah-buahan dan air putih. Maka dari itu untuk mengatasi sembelit pada bayi anda, berilah bayi anda makanan yang mengandung serat seperti buah pepaya, sayur-sayuran dan air. Namun yang perlu diingat, buat dan sayur tersebut harus diolah dahulu sampai menjadi puree. Caranya adalah dengan memblender buah atau sayuran hinga teksturnya lembut dan mudah dicerna. Imbangi juga dengan memberikan ASI, air mineral, jus buah (apabila bayi anda sudah diatas 6 bulan) yang cukup agar bayi anda tidak kekurangan cairan. Selain itu sembelit biasanya di sebabkan karena tidak sesuainya takaran susu formula yang anda buat. Susu formula yang terlalu kental dapat menyebabkan sembelit. Makanan yang memiliki tekstur terlalu padat juga dapat menjadi penyebab sembelit.

Cara lainnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memijat bagian perut bayi anda, tepatnya pada bagian bawah pusar. Pijat secara lembut dan pelan selama kurang lebih 2-5 menit. Gunakan minyak zaitun atau minyak telon untuk memijat bayi anda. Pijatan dan sentuhan pada perut tersebut dapat merangsang bayi untuk buang BAB. Apabila pada saat BAB bayi anda menangis dan kesakitan lalu fases disertai darah, segera bawa bayi anda kedokter. Dokter akan mengatasi sembelit pada bayi anda dengan cara yang lebih tepat.