Mengatasi Saluran ASI Tersumbat / Macet

Saluran ASI tersumbat dapat menyebabkan nutrisi bayi berkurang. ASI diperlukan bayi secara rutin setiap harinya. Meskipun dapat menggunakan sambungan susu seperti susu formula, tetapi lebih baik menggunakan ASI. Penyumbatan pada ASI dapat terjadi dari berbagai faktor. Sebagai ibu yang masih dalam masa menyusui sebaiknya lebih memperhatikan hal tersebut agar sang bayi juga tetap mendapatkan ASI yang maksimal.

Gaya hidup dan pola makan ibu bisa menjadi salah satu faktor tersumbatnya ASI. Untuk mengatasinya, Anda juga dapat melakukan beberapa cara yang biasanya disarankan oleh dokter atau nenek moyang dengan menggunakan bahan alami seperti daun katuk. Biasanya nenek moyang lebih mempunyai cara alami untuk menangani hal-hal semacam itu.


Apa saja cara yang dapat mengatasi saluran ASI tersumbat

Cara yang dapat mengatasi penyumbatan ASI sebenarnya kembali lagi kepada sang ibu. Pola makan atau bahkan gaya hidup yang tidak memberikan asupan dapat dikurangi sementara waktu. Namun, keluaran ASI yang tidak lancar biasanya juga terjadi karena faktor keturunan. Jika demikian, sebaiknya Anda sudah mempersiapkannya dari sebelum masa kehamilan.Mengatasi Saluran ASI Tersumbat

Mengatasi Saluran ASI TersumbatMengatasi Saluran ASI Tersumbat

Faktor keturunan memang akan terus-terusan ada hingga masa selanjutnya. Untuk mempersiapkannya, Anda juga bisa memberikan asupan nutrisi untuk melancarkan ASI sejak dini, sehingga setelah sudah dalam masa menyusui, ASI Anda akan lancar dan bayi mendapatkan nutrisi yang terpenuhi.

Saluran ASI tersumbat ini memang sebagian besar ibu menyusui pernah mengalaminya. Meskipun ASI yang dihasilkannya lancar, tetapi ada masanya ibu mengalami penyumbatan ASI. Hal ini memang wajar, tetapi jika terjadi terus menerus juga dapat mempengaruhi perkembangan bayi. Untuk mengatasi saluran ASI tersumbat Anda bisa melakukan beberapa cara seperti lakukan menyusui bayi secara teratur.

Salah satu faktor penyumbatan saluran ASI ialah karena produksi ASI lebih banyak dari ASI yang diminum oleh sang bayi. Maka untuk mengatasi penyumbatan, Anda harus rutin memberikan ASI tersebut kepada sang bayi, agar tidak tertampung secara berlebihan.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan puting susu. Penyumbatan ASI dapat terjadi karena adanya bintik putih atau milk blister. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu membersihkannya secara teratur. Kemudian Untuk menjaga payudara tetap dapat memproduksi ASI secara maksimal yaitu hindari tekanan berat pada payudara. Misalnya pada saat memerah ASI, tekanan yang dilakukan terlalu keras akan menyebabkan ASI mengalami penyumbatan. Sehingga lakukan sentuhan yang lebih halus ketika memerah ASI. Lalu Anda juga harus mengurangi tekanan yang disebabkan karena bra.

Terlalu kencang menggunakan bra juga akan menyebabkan ASI tersumbat, hal itu terjadi karena tekanan keras ketika menggunakan bra yang ketat. Selain itu, Anda juga harus melakukan posisi tidur yang tepat. Hindari posisi tidur tengkurap. Di samping itu, satu hal yang perlu dihindari yaitu stres. Membuat hari-hari Anda menyenangkan merupakan salah satu cara mengatasi saluran ASI tersumbat.

TAGs: content, penyumbatan asi, asi macet, mengatasi asi tersumbat, cara melancarkan asi yang tersumbat, mengatasi asi mampat, melancarkan asi yang mampet, bagaimana cara mampet kan Asi waktu hamil, ciri milk blister, ciri ciri asi mampet, cara mngatsi asi macet saat tdk dimnum, cara mengatasi puting yang tersumbat, sumbatan saluran ASI pada puting, cara mengatasi asi tersumbat, cara mengatasi asi terdumbat, cara mengatasi asi sumbat, cara mengatasi asi mampet

loading...