Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Perubahan baik fisik maupun nonfisik pasca melahirkan biasa di alami oleh para wanita yang baru saja melahirkan. Perubahan fisik yang sering dialami ibu adalah  bertambahnya berat badan yang membuat penampilan badan ibu menjadi sedikit lebar dan berisi.

Perubahan fisik lainnya yaitu rontoknya rambut wanita yang baru melahirkan. Ini tentunya membuat anda  khawatir akan terjadinya kebotakan atau semacamnya. Hal ini tidak akan terjadi jika anda mengetahui penyebab serta cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan.


Perubahan fisik seperti membesarnya ukuran badan serta kerontokan rambut merupakan efek sementara pasca melahirkan, setelah beberapa bulan pasca melahirkan maka kondisi ibu akan kembali normal. Waktu yang diperlukan ibu untuk benar – benar kembali ke bentuk normal adalah sekitar 6 bulan pasca melahirkan.

Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Penyebab rambut rontok pasca melahirkan adalah karena perubahan hormon yang terjadi pada diri ibu. Selama masa kehamilan, ibu akan mempunyai rambut yang lebih berkilau, tidak bercabang serta tebal. Wanita normal biasanya kehilangan 100 helai rambut setiap harinya, akan tetapi ini tidak terjadi pada masa kehamilan.

Terdapat dua siklus pertumbuhan rambut yaitu fase pertumbuhan dan fase istirahat. Fase pertumbuhan berlangsung 3 tahun sedangkan fase istirahat hanya berlangsung 3 bulan. Selama fase istirahat rambut akan berada di folikel sampai akar rambut terdorong keluar.

Pada masa persalinan lebih banyak rambut yang memasuki masa istirahat, dan rambut – rambut tersebut akan keluar 3 sampai 6 bulan pasca melahirkan. wanita normal biasanya akan mendapatkan siklus pertumbuhan yang normal 6 – 12 bulan pasca melahirkan.

Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Seperti telah disebutkan diatas bahwa rambut rontok pasca melahirkan merupakan hal yang lazim terjadi. Anda tidak perlu repot – repot untuk obat menggunakan penumbuh rambut. Akan tetapi cukup lakukan tips mengatasi rambut rontok pasca melahirkan berikut untuk membuat anda merasa nyaman dengan rambut anda yaitu:

  1. Cobalah gaya rambut yang bagus dan sesuai dengan bentuk muka anda
  2. Cobalah untuk mengubah gaya rambut yang berbeda dari yang biasanya, misalnya gaya rambut yang dapat membuat rambut anda lebih mengembang
  3. Selalu gunakan shampoo serta conditioner yang berkualitas baik
  4. Hindari menggunakn sisir yang dapat membuat rambut anda rontok lebih banyak. Pilihlah sisir rambut dengan jarak yang cukup jauh sehingga tidak menambah banyak rambut yang rontok.
  5. Konsumsi banyak makanan yang mengandung nutrisi untuk kesehatan rambut, seperti:
  • biotin yang terdapat dalam daging, kacang kering serta biji – bijian
  • B6 terdapat dalam daging kacang – kacangan serta biji – bijian
  • Asam omega 3 terdapat dalam salmon, biji kenari, serta kacang makadamia
  • Zinc yang ada dalam sayuran, makanan laut, daging serta biji – bjian

Sekian tips cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan, semoga bermanfaat


Scroll Up