DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Mengatasi Perut Kembung saat Hamil

Mengatasi perut kembung saat hamil memang dibutuhkan ketika Anda mulai merasa tidak enak. Orang-orang biasanya mengaitkan perut kembung dengan masuk angin. Pada wanita hamil, perut kembung biasa disertai dengan mual, pusing, dan keluarnya keringat dingin.

Penyebab terjadinya perut kembung ini ialah kurang tidur. Menurut medis, kurang makan atau terlambat makan juga dapat mengakibatkan perut kembung.

Di bidang psikis, stress ternyata juga bisa mengakibatkan perut kembung.. hal lainnya ibu hamil mengalami perut kembung dikarenakan bakteri penghancur yang ada di perut atau organ sistem pencernaan lainnya menimbulkan gas. Gas akan memenuhi rongga perut dan di situlah dikatakan masuk angin atau perut kembung.

Cara alami mengatasi perut kembung saat hamil

Cara mengatasi perut kembung saat hamil yang pertama ialah dengan meminum segelas teh manis yang diseduh dengan air panas atau air hangat. Teh hitam dan teh hijau bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk meredakan perut kembung ketika sedang mengandung.

Untuk rasa yang lebih nikmat, Anda diperbolehkan untuk menambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon dan sesendok madu asli. Dan pastikan untuk meminum racikan teh tersebut ketika masih hangat atau masih berasa panas agar perut bisa menjadi lebih enak.Mengatasi Perut Kembung saat Hamil

Mengatasi Perut Kembung saat Hamil

Selain teh, jahe hangat juga bisa menjadi alternatif lain. Jahe memang diciptakan dengan berbagai manfaat yang bisa berguna untuk tubuh. Seperti untuk menghangatkan tubuh, sebagai bumbu dapur, dan juga jahe bisa membuat ibu hamil terlepas dari perut kembungnya.

Cara membuatnya cukup menumbuk atau memarut jahe yang sudah dicuci bersih kemudian rebus. Minumlah air rebusan tersebut dengan tambahan madu. Di samping ibu hamil harus ada ayah siaga yang mampu menggantikan tugas dapur selama ibu mengandung.

Bagi Anda suami siaga, berikan atau jika bisa masaki istri Anda sup bila ia sedang mengalami perut kembung. Sup panas atau sup panas dapat menghilangkan efek perut kembung dengan cepat. Ditambah lagi sayuran yang ada pada sup sangat bermanfaat bagi kesehatan janin dan istri Anda.

Mengonsumsi semangkuk sup dapat membuat perut ibu hamil menjadi lebih nyaman dan perut kembung akan teratasi. Teratur untuk berolahraga seperti senam hamil juga diperlukan agar metabolisme dan pencernaan berjalan lebih lancar. Dengan kelancaran tersebut gas yang ada di perut akan berkurang. Dan yang terakhir pilihlah makanan yang tidak mengandung banyak gas.

Hindari makan kacang-kacangan karena makanan tersebut mengandung gas yang bisa membuat perut menjadi kembung. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk terus berkonsultasi dengan dokter bila mengalami masalah seputar kehamilan.

Hindari meminum obat-obatan kimia jika memang masih bisa diobati dengan cara alami. Jadi sekarang Anda mau menggunakan cara Mengatasi perut kembung saat hamil yang mana?