Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Mengobati Kutu Air Secara Alami

Kutu air adalah jamur yang seringkali menimbulkan rasa gatal dan biasa menyerang kaki. Artikel ini akan membasa mengani tips jitu mengobati kutu air secara alami dengan harapan jika sewaktu-waktu anda mengalaminya, anda sudah tau cara mengobatinya. Kutu air disebabkan oleh jamur yang berkembang di dalam air. Mengapa jamur ini dapat menyerang kita?

Hal ini seringkali disebabkan karena pola hidupa kita yang kurang sehat seperti sering mamakai kaos kaki yang lembab, atau ketika habis kehujanan kaos kaki tidak dijemur dan keesokan harinya dipakai kembali. Hal-hal semacam itu dapat beresiko terkena kutu air. Namun terkadang juga kutu air dapat disebabkan karena kita mencuci kaki pada air yang tidak bersih.

Sering kali kutu air menyerang pada sela-sela jari kaki atau tanga. Efek yang ditimbulkan adalah bagian tersebut menjadi merah, kulit terkelupas dan terasa gatal. Namun jika anda menderita kutu air, tidak hanya sakit dan gatal namun bisa menyebabkan kulit menjadi rusak dan melepuh.

cara mengobati kutu air 2

Untuk mengobati kutu air terkadang agak sulit, terutama bagi anda yang memang kerjanya harus berhubungan dengan air. Jika demikian anda harus berpandai-pandai merawat kaki dan kulit anda. Sedangkan untuk mengobati kutu air, anda dapat mencoba tips jitu mengobati kutu air secara alami berikut ini.

Cara Mengobati Kutu Air

  1. Singkong

Cara pertama untuk mengobati kutu air adalah menggunakan singkong. Caranya, kupaslah singkong anda kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya parutlah singkong lalu tempelkan ke klit yang terkena kutu air. Diamkan hingga singkongnya kering. Lakukan cara ini beberapa hari sekali. Dengan cara ini setidaknya bila dilakukan dua hari kutu airnya mulai sembuh.

  1. Daun Talas

Daunt alas dapat digunakan sebagai pengobat kutu air. Caranya dengan mengambil kulit ari daunt alas kemudian jadikan sebagai pembalut pada kaki yang terkena kutu air. Ini dipercaya mampu menyembuhkan kutu air yang alami dengan cepat.

  1. Bawang Putih

Selain mampu mengobati sakit gigi, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat kutu air. Dengan kandungan antibiotic pada bawang putih dipercaya mampu mengobati kutu air. Caranya yaitu dengan mengiris bawang putih kemudian gosokkan pada bagian yang terkena kutu air beberapa kali dalam sehari. Atau dapat juga anda lakukan dengan cara menumbuk bawang putih sampai lumat lalu oleskan ke bagian yang terkena kutu air. Langkah ini lakukanlah selama beberapa hari hingga sembuh.

cara mengobati kutu air minyak kelapa

  1. Daun Sirih

Daun sirih bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Namun dapat juga digunakan sebagai pengobat kutu air. Cukup anda siapkan 10 lembar daun sirih. Lumatlah menggunakan tangan atau anda iris pakai pisau. Rebus ke dalam air yang mendidih dan tambahkan sesendok garam. Tunggu hingga aroma sirih tercium yang menandakan zat pada daun sirih mulai keluar. Kemudian angkat dan masukkan air rebusan ke dalam ember.

Lalu tambahkan air dingin sampai dirasa aman bagi kulit. Kemudian rendamlah kaki anda dengan air daun sirih tersebut. Rendamlah selama 10-15 menit. Lakukan ini dengan teratur dan sering sampai dirasa kutu air sembuh. Sebaiknya dilakukan sebelum tidur karena selain dapat mengobati kutu air, air rendaman ini juga dapat menghilangkan pegal sehingga tidur andapun akan lebih nyenyak.

cara mengobati kutu air

  1. Garam

Ternyata garam juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati kutu air. Mengobati kutu air dengan garam sangatlah mudah. Campurlah air hangat dengan garam. Lalu rendamlah kaki anda yang terkena kutu air selama kurang lebih 15-20 menit ke dalam air campuran ini.

Campuran air hangat dan garam bisa membunuh kuman dan bakteri sehingga dapat mengobati kutu air. Lakukan cara ini selama tiga hari berturut-turut. Sedangkan untuk terapi, lakukan cara ini sekali seminggu. Selain bisa membunuh kuman juga dapat membuat rileks otot-otot kaki dan menghilangkan pegal pada kaki.