Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Mengatasi Kaki Bengkak Pasca Persalinan

Ibu yang baru saja melahirkan pada umumnya akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuhnya.  Salah satunya adalah pembengkakan pada kaki ibu. Kaki bengkak pasca persalinan adalah hal normal dan tidak perlu dipusingkan.

Penyebab membengkaknya kaki seusai proses persalinan adalah terjadinya penumpukan cairan pada kaki ibu serta karena tidak lancarnya sirkulasi darah pada pergelangan kaki. Adapun faktor utama yang membuat kaki seorang ibu membengkak setelah melahirkan adalah karena penyakit darah tinggi yang diderita oleh ibu.

Berikut adalah cara mengatasi kaki bengkak pasca persalinan

  • Atur posisi kaki sedikit lebih tinggi

Saat tidur, berilah alas atau pengganjal pada kaki agar posisi kaki lebih tinggi dari pada badan dan kepala. Cara ini dilakukan untuk mengurangi jumlah cairan yang menumpuk di pergelangan kaki ketika ibu melahirkan.

Kaki Bengkak Pasca Persalinan

  • Rendamlah kaki dengan air garam

Kandungan mineral dalam garam dapat membantu mengempeskan pembengkakan kaki ibu yang baru melahirkan. Garam yang biasanya digunakan untuk memperkecil pembengkakan adalah garam batu. Cara membuat larutan garam adalah dengan cara mencampur garam batu dengan air hangat.

  • Lumuri kaki yang bengkak dengan campuran beras, kencur, kunyit dan asam jawa yang telah dihaluskan untuk mengatasi kaki yang bengkak.

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang gurih dan asin

Meskipun air garam dapat membantu proses pengecilan kaki yang bengkak, namun ternyata garam yang masuk dalam tubuh justru membuat kaki semakin bengkak. Hal ini disebabkan karena asin garam yang masuk ke dalam tubuh membuat cairan di pergelangan kaki semakin menumpuk.

  • Jangan menyilangkan kaki atau duduk bersila

Ketika duduk sambil menyilangkan kaki, proses peredaran darah tidak akan lancar dan akan memperparah pembengkakan yang terjadi. Sebaiknya posisi kaki selalu lurus.

  • Lakukanlah peregangan sesering mungkin

Agar kaki yang bengkak dapat kembali melemas, maka harus sering melakukan peregangan. Misalnya melakukan peregangan dengan cara berjalan-jalan pelan setiap pagi. Proses peregangan dapat melancarkan proses sirkulasi darah pada bagian pergelangan kaki.

  • Jangan menahan buang air

Beberapa ibu meminimalisisr kegiatan buang air kecil mereka lantaran takut hal itu dapat melukai bekas luka pasca melahirkan. Sebagian wanita berpendapat bahwa air kencing dapat membuat luka melahirkan tidak cepat kering. Tetapi anggapan tersebut tidak benar. Keluarnya air kencing tidak ada sangkut pautnya dengan bekas luka melahirkan. Jadi jangan takut untuk buang air. Justru menahan kencing dapat membuat kaki ibu membengkak.

Kaki Bengkak Pasca Persalinan

Itulah beberapa tips mengahadapi kaki bengkak pasca persalinan. Jangan terlalu panik ketika mengalami pembengkakan kaki. Kondisi kaki akan berangsur-angsur kembali ke semula. Bila kaki yang bengkak tak kunjung pulih, barulah Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.