Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Mengatasi Heartburn Pada Ibu Hamil

Heartburn adalah rasa panas di bagian dada atau bagian ulu hati yang sering dialami oleh ibu hamil. Namun bagi ibu hamil jangan mencemaskannya, karena kondisi keadaan ini tidak ada kaitannya dengan penyakit jantung.

Banyaknya keluhan yang muncul dan sering dialami ibu hamil salah satunya ya sakit heartburn. Biasanya heartburn jarang sekali muncul di trimester pertama. Keluhan identik trimester pertama adalah mual muntah morning sickness.

Heartburn sering muncul pada ibu hamil yang usia kehamilannya menginjak di trimester ketiga. Menjaga kondisi terutama bagi si ibu hamil memang sangat perlu dilakukan. Apalagi jika kondisis ini sangat menyangkut dengan kondisi dan kesehatan si jabang bayi.

baca: Cara dan Contoh Gerakan Senam Ibu Hamil di Rumah

Seorang ibu yang sedang hamil, pastinya akan mengalami banyak sekali keluhan, larangan dan pantangan untuk menjaga kesehatan dirinya dan kesehatan calon bayinya. Untuk itu, berikut bagi anda yang sering mengalami heartburn atau anda yang sedang hamil alangkah baiknya untuk mengantisipasi diri dari penyakit heartburn ini.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah apa penyebab terjadinya herartburn pada ibu hamil?? Dan bagaimana cara mengatasi heartburn pada ibu hamil??

Penyebab Terjadinya Heartburn Pada Ibu Hamil

Nah, penyebab terjadinya heart burn ibu hamil ini biasanya terjadi karena si ibu hamil mengalami kesalahan dalam mengkonsumsi makanan. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil saat berada di lambung mengalami terdesak ke arah kerongkongan, dengan kejadian ini berakibat asam lambung naik ke area kerongkongan sehingga rahim si ibu hamil menjadi besar atau membesar. Sehingga dengan kejadian inilah yang mengakibatkan timbulnya iritasi dibagian dinding kerongkongan, dikarenakan makanan yang yang masuk telah tercampur dengan asam lambung yang memiliki sifat asam.Mengatasi heartburn pada ibu hamil

Selama masa hamil, seorang ibu hamil akan mengalami banyak perubahan selain dibagian bentuk badannya. Dan salah satu perubahannya yang sering dialami adalah peningkatan akan hormone progestorennya.

Hormone progrestoren inilah yang mampu mengakibatkan terjadinya naiknya asam lambung didalam tubuh si ibu hamil. Dengan naiknya hormone ini mengakibatkan selama masa kehamilan si ibu hamil akan mengalami perlambatan pada pengenduran otot-otot dan system pencernaan dan akan memperlambat gerakannya.

Cara Mengatasi Heartburn Pada Ibu hamil Secara Alami

Pada dasarnya heartburn ini memiliki tujuan yang baik, ini dikarenakan supaya asupan gizi dari makan-makanan yang ibu hamil sedang konsumsi lebih banyak bisa diserap si jabang bayi. Namun, saat hamil pastinya otot polos disekitar wilayah rahim, katup antara kerongkongan dan perut juga ikut mengalami pengendoran.

Nah, dengan kejadian inilah yang lalu dapat memicu terjadinya asam lambung didalam tubuh semakin naik sampai kekerongkongan. Untuk itu, bagi ibu hamil yang sering mengalami sakit magh pasti akan lebih beresiko yang tinggi untuk mengalami sakit heartburn selama masa hamilnya nanti. Akan tetapi anda tidak usah khawatir, karena sakit ini bukanlah sakit yang berbahaya dan bisa diatasi secara gampang dengan cara yang alami.

baca: Pantangan Ibu Hamil (Makanan, Minuman, Adat/Pamali)

Berikut akan diberikan beberapa cara mengatasi heartburn pada ibu hamil untuk anda. Cara cara berikut ini adalah cara alami yang biasa dilakukan juga oleh para ibu hamil yang sering mengalami sakit heartburn selama masa usia kehamilannya. Cara mengatasi sakit heartburn ibu hamil diantaranya:

1. Menghindari Makan-makanan Pemicu Heartburn

Salah satu cara alami yang sederhana untuk menghindari heartburn ini adalah dengan menjauhi semua makanan atau penyebab terjadinya heartburn, seperti makan-makanan yang berlemak, makanan asam, pedas, berbumbu tajam, atau minuman yang memiliki kaffein terlalu tinggi atau bersoda. Dengan menghindari semua makanan yang menyebabkan resiko penyakit ini, maka heartburn juga akan mudah diminimalisir.

2. Makan Sedikit Tapi Sering

Cara kedua untuk mengatasi masalah heartburn pada ibu hamil adalah untuk mengkonsumsi jenis makan-makanan apapun dengan porsi yang sedikit akan tetapi sering memakannya. Ini ditujukan agar ibu hamil perutnya tidak kosong sehingga lambung bisa dinetralisis dengan normal. Ibu hamil bisa makan 5 hingga 6 kali sehari, tapi dengan porsi yang sedikit. Aturan makan seperti ini akan lebih dianjurkan ketimbang dengan makan 3 kali sehari tetapi dengan porsi yang banyak.

3. Menghindari Tidur Sesaat Atau Berbaring Setelah Makan

Kebiasaan seperti tidur setelah makan, entah itu hanya berbaring atau apalah ini akan membuat tidak baik pada posisi ibu yang hamil. Pastinya setelah makan kenyang, akan lebih enak dan gampang jika kita tertidur, namun ini juga bukan kebiasaan yang baik terutama ibu hamil. Untuk itu, anda sebaiknya memberikan jeda 3 atau 2 jam setelah makan, lalu baru anda bisa tidur.

4. Melakukan Makan Secara Perlahan

Selain 2 hal di atas yang harus dihindari oleh hamil selanjutnya adalah makan dengan terburu-buru. Perihal ini jangan dibiasakan, apalagi saat anda masih hamil, karena ini mengganggu dan mempersulit system pencernaan anda khususnya ibu hamil.

5. Menghindari memakai Kostum Ketat

Ibu hamil yang sering menggunakan kostum ketat ini malah akan menyiksa kondisi anda, apalagi jika anda sedang sakit heartburn. Apalagi jika ibu hamil sering menggunakan baju ketat, ini malah akan memberi tekanan pada si jabang bayi yang ada didalam perut. Dan akibatnya ibu hamil akan sering mengalami kesakitan.

6. Mengunyah Permen Karet

Ibu hamil yang sering mengalami heartburn bisa melakukan cara untuk meringankannya dengan mengunyah permen karet. Ini karena rasa dan permen karetnya mampu meningkatkan produksi air liur (saliva), serta mampu menetralkan asam lambung yang ada di kerongkongan.

7. Segera Berbaring Saat Sakit Heartburn

Saat ibu hamil mengalami heartburn, maka ibu hamil harus segera berbaring dengan posisi dada dan kepala lebih tinggi dari pada perut. Ini ditujukan supaya dapat mencegah akan naiknya asam lambung yang akan menuju kearah kerongkongan.

Mengatasi Heartburn Pada Ibu Hamil

Selain cara cara diatas, masih banyak lagi cara lain untuk mengatasi terjadinya heartburn pada ibu hamil, seperti dengan meminum obat herbal magh. Dan untuk menghindari agar tidak terjadinya sakit heartburn pada ibu hamil, sebaiknya ibu hamil sering mengkonsumsi minuman seperti minum air kelapa, minum air putih sekurang-kurangnya 6 gelas perharinya, dll.

baca: Keputihan Saat Hamil (Penyebab, Gejala, Obat)

Itulah wacana dan informasi mengenai cara mengatasi heartburn pada ibu hamil, semoga wacana dan informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.