Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Mengatasi Gangguan Kulit Pada Bayi

Mengatasi gangguan kulit pada bayi sebaiknya jangan sembarangan, karena pada dasarnya kulit pada tubuh bayi merupakan organ yang sangat sensitive. Maka dari itu kepada seluruh orang tua haruslah hati-hati dalam menjaga kulit bayi untuk sehat selalu dan bebas dari iritasi. Akan tetapi, sebaik apapun merawat pasti nanti ada kalanya orang tua memiliki kendala berupa timbulnya masalah pada kulit bayi.

Hal-hal yang kerap dijumpai pada gangguan kulit bayi ialah biang keringat dan eksim popok. Biang keringat ini lah yang paling sering diderita para bayi dan biasanya biang keringat itu terjadi di bagian yang sering lembab seperti leher, punggung, ketiak, dan bagian tertutup lainnya.

Cara mengatasi gangguan kulit pada bayi

Apabila ayah bunda melihat ada bercak kemerahan dengan gelembung-gelembung kecil yang berair maka sudah dipastikan bahwa buah hati ayah bunda mengalami biay keringat. Masih banyak dari ayah bunda yang menganggap spele hal tersebut, padahal biang keringat sangat membuat bayi tidak nyaman dan bila dibiarkan malah bisa terkena peradangan.Mengatasi Gangguan Kulit Pada Bayi

Mengatasi Gangguan Kulit Pada BayiMengatasi Gangguan Kulit Pada Bayi

Maka dari itu ayah bunda harus lebih berhati-hati untuk menjaga dan merawat kulit bayi agar mereka tetap nyaman. Berikut ini ialah cara mengatasi gangguan kulit pada bayi seperti biang keringat. Caranya ialah ketika setiap habis memandikan si kecil gunakanlah air yang hangat dan bersih. Pastikan bersih, itu yang terpenting. Karena setiap perumahan akan memiliki kualitas air yang berbeda, apabila ayah bunda tinggal di lokasi dengan air yang berbau besi maka ada baiknya ayah bunda membeli atau memiliki penguras air yang baik. apabila bayi sudah dimandikan, maka keringkan bayi dengan handuk yang benar-benar lembut. Bentuk tubuh bayi pada dasarnya akan memiliki banyak lipatan, maka dari itu di setiap daerah lipatan pun harus kering. Kemudian berikan lotion anti biang keringat yang aman.

Untuk masalah ruam popok, biasanya ditemukan di bagian lipatan kulit daerah paha atau pantat akibat lembabnya popok si kecil. Karena kulit bayi sangat sensitive maka tidak heran apabila popok yang lembab bisa mengakibatkan iritasi. Cara untuk mengatasi ruam popok ialah dengan sering-seringlah untuk mengganti popok si kecil dan terutama bila popok sudah basah. Selain itu ayah bunda juga harus memilih popok yang mempunyai daya serap yang baik serta berbahan lembut. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran popok yang sesuai dengan berat si kecil. Jangan sampai memilih yang terlalu sempit karena bisa memberikan iritasi karena akan tergesek-gesek dengan kulit, dan juga jangan yang terlalu besar karena biasanya bisa mengalami kebocoran.

Untuk merawat kulit bayi, ayah bunda harus memilih dengan bijak produk perawatan si kecil. Dari sabun, shampoo, minyak telon, bedak, dan sebagainya pastikan aman dan tidak menimbulkan alergi pada anak. dan dengan begitu ayah bunda sudah berhasil mengatasi gangguan kulit padi bayi Anda.