DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Mengatasi Demam Pada Bayi yang Ampuh

Di era yang sudah modern sekarang ini, masih banyak orang tua yang kebingungan dalam mengatasi demam pada bayi. Tidak hanya itu, bahkan beberapa orang tua masih ada yang menganggap bahwa demam merupakan sebuah penyakit.

Padahal anggapan ini merupakan anggapan yang 100 persen salah. Kurangnya pengetahuan seputar medis dan juga kurangnya pengalaman dalam mengurusi orang yang menderita demam merupakan penyebab utama terjadinya dua hal ini.

Dalam mengatasi gejala demam pada bayi, Anda sebagai orang tua dapat melakukan beberapa tindakan penangan seperti di bawah ini :

Langkah Tepat Mengatasi Demam Pada Bayi

  1. Ukur Suhu Tubuh

Langkah awal yang harus dilakukan ketika bayi demam adalah mengukur suhu tubuhnya. Anda dapat mengukur suhu tubuh bayi melalui tiga titik di tubuh bayi yaitu ketiak, telinga, ataupun anus. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, Anda tidak diperkenankan mengukur suhu tubuh bayi setelah bayi dimandikan.

Mengatasi Demam Pada Bayi

  1. Kompres (jika diperlukan)

Jika hasil pengukuran suhu tubuh bayi mencapai 38 derajat Celsius, maka Anda perlu melakukan tindakan pengkrompresan dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan air es. Namun, jika suhu tubuhnya tidak lebih dari 37 derajat Celsius, Anda tidak perlu melakukan tindakan pengompresan. Anda cukup memberikan ASI saja sesering mungkin untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

  1. Hindari Pemberian Obat

Dalam mengatasi demam pada bayi, apapun yang terjadi, hindarilah pemberian obat penurun demam pada bayi sebelum anda melakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini perlu dilakukan, agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti kesalahan pemberian obat yang bisa menyebabkan keracunan pada bayi.

Mengatasi Demam Pada Bayi

  1. Atur Pakaian Bayi

Hindarilah penggunaan pakaian yang terlalu tebal atau bahkan penggunaan selimut pada bayi yang demam. Hal ini sangat perlu diperhatikan agar suhu tubuh bayi bisa menurun secara perlahan – lahan.

  1. Segera Ke Dokter

Jika setelah Anda melakukan tindakan pengompresan suhu tubuh bayi tidak menurun sama sekali, maka langkah akhir yang perlu dilakukan untuk mengatasi demam pada bayi adalah segera membawa membawa bayi ke dokter. Selain itu, tindakan segera membawa ke dokter juga perlu dilakukan ketika bayi sudah tidak mau menyusu padahal telah mengalami dehidrasi, bayi sangat rewel dan tidak bisa ditenangkan, bayi mengalami sesak nafas, serta ketika bayi muntah diikuti dengan diare.