Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Anda

Mengatasi biang keringat pada bayi merupakan tugas bagi hampir setiap ibu diseluruh dunia, mengapa demikian? Sebab, hampir semua bayi atau anak-anak pasti pernah atau bahkan sering mengalami biang keringat. Biang keringat biasanya disebabkan oleh produksi keringat yang berlebih pada tubuh.

Biang keringat akan bertambah parah apabila kulit anak anda sensitif. Walaupun biang keringat tidak berbahaya, namun rasa gatal, panas dan perih yang ditimbulkannya dapat membuat bayi anda tidak nyaman dan rewel. Biang keringat sering kali muncul pada leher, jidat, dan punggung dada.

Biang keringat memiliki ciri-ciri fisik seperti: bruntusan atau benjolan kecil berwarna merah dan biasanya terdapat cairan bening didalam bruntusan atau benjolan tersebut. Biang keringat dapat disebabkan oleh keringat yang berlebih atau karena kondisi baju, air atau lingkungan yang tidak bersih. Biang keringat akan bertambah parah apabila digaruk, maka hindari menggaruk biang kringat pada bayi anda karena akan menyebabkan kulit bayi anda tergores dan infeksi. Lalu bagaimanakah cara mengatasi dan mencegah biang keringat pada bayi anda agar tidak datang lagi?

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi dan Pencegahannya 

Mengatasi biang keringat pada bayi dapat dilakukan dengan cara memberikan bayi anda bedak yang mengandung asam salisilat. Anda juga dapat menggunakan bedak yang memiliki kandungan daun mint, sebab daun mint diyakini memiliki kandungan alami yang dapat memberikan efek sejuk dan dingin bagi kulit bayi anda. Dengan cara ini, bayi akan terhindar dari rasa gerah yang menyebabkan keringat dan berubah menjadi biang yang dapat membuat kulit si kecil merah dan gatal. Jangan asal menggunakan bedak, gunakanlah bedak yang aman untuk bayi anda atau gunakan bedak khusus bayi. Ini dikarenakan kulit bayi masih sangat sensistif dan rentan terkena alergi.Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Setelah baiang keringat sembuh, anda harus melakukan lankah pencegahan agar biang keringat tidak kembali lagi. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan pakaian, air serta lingkungan sekitar. Selain itu pilihlah pakaian berbahan katun dan menyerap keringat. Pilihlah baju yang longgar agar ada udara yang masuk dan tidak membuat kulit bayi anda lembab dan iritasi. Selain itu hal yang harus anda perhatikan adalah sirkulasi udara di kamar atau rumah anda, jangan terlalu panas dan juga jangan terlalu lembab.

Mandikan bayi anda secara rutin, duakali sehari. Jaga kodisi tubuh anak anda agar tetap barsih. Sekian ulasan tentang cara mengatasi dan mencegah biang keringat. Pada hakikatnya mencegah terjadinya biang keringat lebih baik dari pada mengobatinya, maka dari itu anda selaku ibu harus tahu bagaimana mengatasi biang keringat pada bayi anda dengan cara yang tepat.