Mengapa Bayi Belum Bisa Tengkurap ?

Kadang masih banyak ibu mengalami kekhawatiran mengapa bayi belum bisa tengkurap padahal umurnya sudah mencapai 6 bulan lebih. Bayi yang normal dapat tengkurap sendiri saat usianya telah mencapai 6 bulan.

Bunda harus perhatikan jika si buah hati belum bisa tengkurap padahal telah mencapai 6 bulan. Memang benar tiap bayi itu unik, tapi apa salahnya memaksimalkan potensi sejak awal. Apa saja faktor penyebab bayi belum bisa tengkurap?


Penyebab Mengapa Bayi Belum Bisa Tengkurap

Tengkurap merupakan salah satu tahapan perkembangan motorik anak yang harus dilalui. Setiap bayi memiliki waktu yang berbeda-beda untuk bisa tengkurap sendiri, pada umumnya bayi dapat tengkurap sendiri pada usia 3 hingga 6 bulan.

Sebagian besar Bunda merasa khawatir jika si buah hati belum bisa tengkurap padahal usianya sudah mencapai 6 bulan lebih. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya adalah kelebihan berat badan. Bayi yang memiliki tubuh tambun atau gemuk lebih sulit untuk tengkurap karena mereka merasa kesulitan untuk bergerak.mengapa bayi belum bisa tengkurap 2

Sedangkan bayi yang memiliki berat badan kecil memiliki kemudahan untuk bergerak karena tidak terbebani dengan berat badan yang berat, maka mereka dapat lebih cepat melakukan tengkurap. Faktor mengapa penyebab bayi belum bisa tengkurap ini merupakan hal yang normal dan dapat terjadi pada mayoritas bayi, jadi Bunda tidak perlu khawatir.mengapa bayi belum bisa tengkurap 2

Hal-hal yang dapat mengkhawatirkan jika bayi memiliki ciri-ciri berikut ini padahal usianya telah mencapai 6 bulan lebih:

  1. Tangan dan kaki bayi tidak aktif bergerak seperti bayi pada umumnya
  2. Tangan bayi tidak dapat memegang sesuatu dengan baik
  3. Kepala dan leher si kecil tidak dapat berdiri tegak pada saat ditengkurapkan atau saat digendong dengan posisi berdiri
  4. Si kecil tidak dapat memiringkan tubuhnya sama sekali
  5. Si kecil memiliki tubuh terlalu gemuk, kegemukan dapat menghambat aktivitas si kecil sehingga si kecil sulit untuk bergerak.mengapa bayi belum bisa tengkurap 2

Jika si kecil memiliki ciri-ciri di atas maka Bunda harus segera memeriksakannya ke medis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena bayi yang memiliki motorik yang baik dan normal dapat melakukan beberapa hal di atas dan hal ini merupakan penyebab bayi lambat tengkurap.

Cara Melatih Bayi Tengkurap Sendiri

Setelah memahami faktor mengapa bayi belum bisa tengkurap, maka Bunda dapat melatihnya dengan melakukan beberapa cara mudah berikut:

  1. Biarkan si kecil meraih payudara Bunda saat menyusui dalam posisi tidur.
  2. Gunakan bunyi mainan di samping bayi untuk merangsang mereka bergerak ke samping kiri dan kanan.
  3. Cara melatih bayi tengkurap selanjutnya yaitu membantu si kecil untuk memiringkan tubuhnya dan menyilangkan sedikit kakinya agar dapat tengkurap sendiri.
  4. Melatih bayi tengkurap dengan sering meletakkannya tengkurap beberapa menit kemudian menelentangkannya kembali dengan posisi yang benar.
  5. Membiasakan bayi tidur dalam keadaan tengkurap tetapi harus dijaga pernafasannya berjalan dengan baik ya Bunda.
  6. Melatih bayi dengan meletakkan tengkurap pada bagian kedua paha sehingga kepala bayi tergantung, hal ini dapat melatih bayi dapat mengangkat kepalanya sendiri dengan cepat.
  7. Jika si kecil belum dapat menyangga kepalanya sendiri maka gunakan bantuan seperti bantal untuk membantu menyangga kepalanya.
  8. Letakkan bayi di atas tubuh Bunda yaitu pada bagian dada dalam posisi tengkurap sehingga selain dapat melatih tengkurap bayi juga dapat meningkatkan ikatan batin antara Bunda dan si kecil.

Demikian informasi seputar faktor penyebab mengapa bayi belum bisa tengkurap dan cara melatih bayi agar bisa tengkurap sendiri dengan cepat.


TAGs: penyebab bayi lambat tengkurap, kenapa bayi lambat tengkurap, bayi 6 bulan belum bisa tengkurap, bayi 5 bulan belum tengkurap, bayi 6 bulan belum tengkurap, bayi tiga bulan belum bisa tengkurap bagaimana solusi cepatnya, penyebab bayi tidak mau tengkurap, penyebab bayi terlambat tengkurap, bayi lambat tengkurap, bayi belum bisa tengkurap, bayi 5 bulan tidak mau tengkurap, penyebab bayi belum bisa tengkurap, kenapa bayi 6 bulan belum bisa tengkurap, penyebab bayi susah tengkurap, bayi 6 bulan belum bisa tengkurep, 6 bulan belum bisa tengkurap, bayi 5 bulan belum tengkurep

Scroll Up