>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Mencegah Alergi pada Bayi, Caranya ?

Seringkali para orang tua agelisah lantaran bayi mereka mengalami alergi. Hal itu memang sering terjadi karena bayi memang sangat sensitif. Sebagai orang tua, pasti tidak menginginkan apabila anaknya terkena alergi. Kalau sudah tahu bahwa sang  bayi memiliki alergi tertentu, maka sebaiknya mencengah alergi pada bayi dari pada mengobatinya.

Alergi merupakan reaksi berlebihan yang dialami oleh tubuh terhadap virus atau penyakit. Alergi menyebabkan penderitanya menjadi sangat peka terhadap sebab-sebab tertentu. Alergi ada bermacam-macam jenisnya. Misalnya alergi makanan, alergi obat, alergi hewan, atau alergi musiman.

Lalu bagaimanakah dengan alergi yang dialami oleh bayi. Alergi yang dialami oleh bayi memiliki gejala yang bervariasi, misalnya asma, dan muncul bintik-bintik merah di permukaan kulit bayi.

Mencegah Alergi Pada Bayi

Bagaimanakah cara mencegah alergi pada bayi

  • Memberikan ASI secara optimal

ASI adalah kebutuhan yang paling pokok bagi seorang bayi. Selain sebagai sumber makanan, ASI juga berfungsi sebagai sumber gizi yang dapat membantu mencerdaskan bayi, juga sebagai peningkat kekebalan tubuh.

  • Menghindari makanan apa saja yang dapat menyebabkan bayi alergi

Alergi yang dialami oleh satu bayi tidak sama dengan alergi yang dialami oleh bayi lainnya. Oleh karena itu, para orang tua, terutama bagi para ibu yang menyusui harus berhati-hati dalam memilih makanan. Misalnya sang bayi mengalami alergi setelah ibunya mengkonsumsi keju. Maka, sang ibu tidak diperbolehkan dulu mengkonsumsi keju demi kesembuhan bayinya.

  • Menjaga kebersihan lingkungan

Para orang tua harus selalu menjaga kebersihan lingkungan karena bisa jadi alergi yang dialami oleh sang bayi disebabkan oleh lingkungan yang kurng bersih.

  • Menghindari asap rokok

Mencegah alergi pada bayi dengan cara menjauhkan asap rokok terkadang diabaikan oleh para orang tua. Seorang ayah yang baru saja merokok terkadang tanpa sadar mencium dan memeluk sang bayi. Bagi para orang tua yang merokok, sebaiknya berhentilah merokok demi kesehatan dan kebahagiaan buah hati anda. Pengalaman menunjukkan bahwa beberapa bayi mengalami sesak napas atau bengek karena mereka alergi dengan asap rokok.

  • Pilihan makanan

Bayi yang sudah agak besar dan sudah bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan sebaiknya tetap dikontrol. Jangan memberikan sembarang makanan pada bayi meskipun mereka menyukainya. Bayi sebaiknya banyak diberi makan buah dan sayuran karena makanan-makanan yang alami dapat memperkecil resiko alergi.

Mencegah Alergi Pada Bayi

Para orang sering kali panik ketika sang bayi mengalami alergi. Hal itu terkadang membuat para orang tua stres dan bingung mengenai bagaimana cara menyikapi alergi yang diderita bayinya. Mencegah alergi pada bayi sangat dianjurkan karena apabila sang bayi sudah terkena alergi, proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar serta biaya yang juga tidak sedikit.