Melancarkan ASI Secara Alami, Apa Tipsnya ?

Melancarkan ASI secara alami akan sangat bermanfaat bagi ibu dan bayinya. Air susu ibu yang juga terkenal dengan nama ASI adalah asupan yang sangat penting bagi tumbuh kembang bayi, khususnya bayi  baru lahir. ASI mempunyai banyak nutrisi yang dapat memberi bayi banyak asupan. Nilai asupan ini jelas jauh lebih baik dibandingkan dengan susu formula seperti yang kini banyak beredar dipasaran. Usia bayi antara 0-6 bulan sangat dianjurkan untuk diberi ASI ekslusif. Inilah saat dimana bayi sedang sangat membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang tidak sedikit.

Nutrisi ASI adalah yang paling lengkap diantara asupan-asupan yang lain. ASI yang lancar, sehat, dan eksklusif adalah impian bagi para ibu dan anugerah terindah bagi bayi. Tetapi ada kalanya kelancaran ASI terganggu sehingga membuat bayi kurang asupan bahkan bisa jadi sering menangis. Ini tentu menjadi persoalan yang harus segara direspon agar ASI kembali lancar.

Pengaruh hormone untuk melancarkan ASI secara alami

Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat berpengaruh melancarkan ASI secara alami. Salah satunya adalah hormone. Adapun hormone yang dimaksud adalah prolaktin dan oksitosin. Prolaktin sangat besar pengaruhnya pada produksi air ASI. Sementara itu hormone oksitosin mempengaruhi proses keluarnya air ASI.

Banyaknya nutrisi yang dikonsumsi oleh Ibu akan memperbanyak hormone prolactin sehingga produksi ASI pun meningkat. Maka sangat dianjurkan agar para ibu menyusui untuk memperhatikan makanannya. Makanlah hanya makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Nutrisi itu bertujuan agar memlancarkan memproduksi air ASI. Hormone oksitosin sangat tergantung sering tidaknya puting susu dihisap.Melancarkan ASI Secara Alami

Melancarkan ASI Secara Alami

Seringnya puting susu dihisap memperbanyak produksi kelancaran hormone oksitosin. Ini berdampak besar terhadap kelancaran keluarnya air ASI. Hormone oksitosin seringkali disebut sebagai hormone kasih sayang. Ini sangat erat kaitannya dengan rasa dan susasana hati ibu saat meyusui bayinya. Ketika kedua hormone pemicu ASI itu tidak bekerja sebagaimanamestinya, silahkan baca dan ikuti tips berikut untuk mengoptimalkan produksi ASI.

Pertama dan utama adalah memenuhi akan kebutuhan gizi dan nutrisi yang sehat. Ini penting kaitannya dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi yang baik dan seimbang. Tujuannya adalah supaya air ASI keluar secara lancar dan menjadi ASI eksklusif. Cara kedua adalah meningkatkan kegiatan dan frekuensi seringnya menyusui dan memeras air ASI. Ini membantu terciptanya produksi air ASI yang lebih banyak.

Jika seorang ibu jarang menyusui anaknya, maka berkurang pula produksi air ASI dari payudara sang Ibu. Apabila sang Ibu sibuk sehingga jarang dihisap payudaranya oleh si bayi, lakukanlah memompa payudara supaya ASI tetap banyak terproduksi. Minimalisir gangguan secara psikologis sang Ibu. Gangguan seperti halnya stress bisa menyebabkan produksi air ASI menjadi berkurang. Semestinya ibu dalam keadaan tenang, senang, dan rileks.

Kondisi kejiwaan ibu juga berandil besar pada produksi ASI. Merawat kedua payudara adalah sama pentingnya dengan merawat wajah Anda. ASI sangat tergantung pada nutrisi dalam tubuh ibu. Cara yang paling sederhana adalah memijat payudara dan bersihkan payudara secara rutin dengan bantuan air hangat dan dingin yang dilakukan secara bergantian. Tips diatas membantu melancarkan ASI secara alami.