Masjid Tiban Turen Malang – Wisata Religius yang Ada di Malang

Tidak jarang bangunan yang dibangun dengan megah selalu dikaitkan tentang sebuah legenda.  Salah satunya legenda tentang pendirian Candi Prambanan,  Candi Borobudur,  dan bangunan  bersejarah lainnya.  Tidak terkecuali dengan legenda pembangunan Masjid Tiban di Turen Malang ini, yang konon katanya didirikan dalam waktu 1 malam dengan bantuan pasukan jin. Masjid Tiban  Malang ini berdiri pada tahun 2008 dan sempat menghebohkan masyarakat sekitar.

Ketika itu masyarakat sekitar sempat mengatakan tidak tahu menahu jika Masjid Tiban tersebut ada di area yang masuk ke dalam wilayah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah  yang ada di desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang.


Sejarah Pembangunan Masjid Tiban Turen Malang

Mereka tidak mengetahui berlangsungnya pembangunan masjid Turen ini, karena memang mereka tidak melihat satupun peralatan yang keluar-masuk ataupun tukang bangunan yang sedang mengerjakan pembangunan Masjid itu.  Namun  yang menjadi pertanyaannya benarkah Masjid Tiban Turen ini dibangun oleh sekelompok jin dalam waktu satu malam saja?

Berdasarkan penuturan salah satu santri yang sudah lama penghuni pondok pesantren Salafiyah itu,  memang benar terdapat Jin yang ada di pondok tersebut dimana jin itu seperti para santri  yang mondok di pondok pesantren itu.
masjid tiban turen malang lokasi masjid tiban turen malang lokasi menuju mesjig tiban turen malang

masjid tiban turen malang lokasi masjid tiban turen malang lokasi menuju mesjig tiban turen malang

masjid tiban turen malang lokasi masjid tiban turen malang lokasi menuju mesjig tiban turen malang

Masjid Tiban Turen ini menjadi buah bibir karena pembangunannya yang terkesan misterius yang dibangun hanya dalam waktu semalam dan sanggup mengundang kekaguman bagi setiap orang yang melihat arsitektur dari kemegahan masjid ini, yang dibangun dengan perpaduan gaya dari Cina India Arab dan Eropa.

Masjid ini juga dihiasi dengan ornamen yang bernuansa kaligrafi berlapiskan emas yang bentuk corak serta warnanya berbeda antara satu ruangan dengan ruangan yang lainnya.

Di dalam masjid ini juga dilengkapi dengan sebuah jam klasik yang diletakkan di ruang masjid Tiban bagian utama yang seperti memberikan peringatan bahwa setiap orang akan menemui ajalnya sesuai dengan ketetapan yang sudah diberikan  oleh Yang Maha Kuasa.

Di Masjid Tiban Turen Malang ini terdapat sebuah pondok pesantren yang memang memiliki ribuan santriwan dan santriwati. Mereka juga di antaranya sudah berumah tangga dan tinggal di pondok pesantren tersebut.

Maka tidak mengherankan jika pondok pesantren itu dibangun sampai 10 lantai  yang dihubungkan oleh sebuah lift dan anak tangga.  Namun ada juga yang mengatakan Masjid Tiban Turen ini tidak dibangun oleh jin melainkan oleh para santri yang menghuni Pondok dengan bantuan tenaga simpatisan serta donatur dari berbagai kalangan yang membantu proses pendirian masjid.

Anda yang mengunjungi Masjid Tiban Turen ini dapat melihat suasana bagian dalam masjid dengan sambutan  yang akan mengejutkan anda ketika di lantai atas.  Di lantai tersebut anda akan menjumpai sebuah kubah yang dihias dengan motif cantik di mana juga terdapat kolam berisikan berbagai macam ikan, kebun jagung serta semacam pelataran yang dihiasi dengan pohon kurma lengkap dengan lampu berwarna-warni.

Di sana anda juga akan menemukan sesuatu hal yang berbeda dibandingkan dengan destinasi wisata keagamaan lainnya, yaitu Anda akan menemukan berbagai macam hewan mulai dari kera, burung merak, Rusa dan satwa peliharaan santri lainnya yang memang sengaja dibiarkan berkeliaran di pelataran masjid.

Masjid ini berada di Turen dengan jarak 27 km dari kota Malang yang dapat anda tempuh dalam waktu 30 sampai 60 menit.  Ketika anda berkunjung ke Masjid Tiban ini anda harus selalu mengutamakan sikap sopan santun dan berpakaian rapi serta bagi perempuan lebih baik mengenakan jilbab,  karena  memasuki Masjid Tiban berarti masuk ke dalam area pondok pesantren.

Demikianlah ulasan yang dapat kamu bagikan pada kesempatan kali ini tentang “Masjid Tiban Malang – Wisata Religius yang Ada di Malang”. Semoga dapat menambah wawasan anda dan terima kasih atas kunjungannya


TAGs: masjid tiban turen, masjid termewah di jawa tengah, perkembangan masjid turen, perkembangan masjid turen dari tahun ke tahun, tentang ruangan ruangan masjid tiban turen, tips ke masjid tiban turen, turen masjid coban, wisatareligius

Scroll Up