>>> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < <<<

Masalah dan Kendala yang Biasanya Dialami Oleh Ibu Hamil

Kehamilan merupakan berkah anugerah dari Tuhan, proses alami dan bukan merupakan kondisi sakit. Selama masa kehamilan, hormon didalam tubuh bertambah beberapa kali lipat karena ada mahkluk lain (janin) yang menyerap dan memakan sisa-sisa makan yang dikonsumsi ibu hamil. Oleh sebab itu, jaringan tubuh menyesuaikan dan beradaptasi didalam sistem pencernaan dan metabolisme di tubuh ibu hamil.

Janin tidak melakukan apapun didalam rahim kecuali berdiam diri menambah berat badan denagn cara menyerap makanan dari ibun hamil. Ibu hamil yang mulai kelelahan dan keletihan biasa terajdi di kehamilan normal. Gizi buruk yang diakibatkan tidak adanya selera makan dan muntah-muntah bisa menyebabkan masalah-masalah pada permulaan kehamilan.

Ada beberapa gejala dan masalah yang sering menyertai kehamilan diantaranya :

1. Mengidam. mengidam adalah keinginan wanita hamil untuk memakan dan meminum sesuatu, buah-buahan tertentu. sayuran, dan hal-hal tertentu lainnya. Mengidam tidak ada alasan organis atau medis, namun terpengaruhi oleh kondisi psikologis wanita hamil dan keinginan alam bawah sadar yang tujuann ya untuk menarik perhatian. Tidak ada hubungan secara langsung dan tidak langsung antara mengidam dengan kondisi bayi setelah persalinan.

2. Mual dan Muntah. Bunda mungkin merasa mual, muntah dan morning sickness selama tiga bulan pertama kehamilan, terutama pada waktu pagi hari setelah bangun dari tidur. Apabila Bumil mengalami kondisi seperti itu maka lakukanlah tips sebagai berikut : janganlah langsung berdiri beranjak dari tempat tidur dan stabilkan dulu badan sesaat, makanlah makanan dalam bentuk menu ringan sebagai ganti 3 porsi makan berat (porsi kecil-kecil namun intensitasnya sering), lebih sering makan buah-buahan, berkonsultasi pada dokter kandungan.Masalah dan Kendala yang Biasanya Dialami Oleh Ibu Hamil

3. Konstipasi. Untuk menghindarai masalah seputar buang air kecil dan BAB, ada beberapa tips diantaranya adalah : makan teratur dan jangan sampai telat makan, mengkonsmusi sayur-sayuran buah-buahan segar roti dan biji-bijian, meminum segelas air hangat sebelum sarapan pagi, meminum 6-10 gelas sehari. dan jangan meminum obat-obatan tanpa petunjuk dokter.

4. Pusing dan Pingsan. Terkadang, sebagian besar ibu hamil mengalami pusing ketika berdiri beranjak dari posisi duduk atau dari berbaring bterlalu lama. Penyebab pusing kepala tersebut adalah perubahan alami pada sirkulasi darah. Untuk itu ikutilah tips berikut : berdirilah pelan-pelan dan jangan langsung beridir, hirup napas dalam-dalam dari udara yang segar dan bersih, jika berbaring terlentang usahakan mengubah posisi setiap beberapa saat dan ada baiknya ibu hamil miring ke kiri, jika bunda hendak berdiri, duduklah dan letakkan kepala bunda diantara dua lutut.

5. Perih di Ulu Hati (Asam Lambung). Hindari makana yang kaya akan lemak atau makan gorengan. makanlah 5 kali dalam porsi kecil daripada 3 kali porsi besar serat diselingi buah-buahan segar, pelan-pelanlah saat makan dan mengunyah dengan baik, berkonsultasi dengan dokter apabila frekuensinya sering dan sangat perih.

6. Sering Buang Air kecil. Semakin besar ukuran rahim, maka semakin besar tekanan terjhadap kantong kemih, sehingga tidak bisa menahan banyak air seni, terutama di bulan-bulan awal dan akhir kehamilan. Tipsnya adalah bunda harus banyak minum air mineral pada waktu siang hari, sehingga bisa membantu kantung kemih dapat menyimpan banyak air seni.

7. Sakit Punggung. Terkadang sakit punggung merupakan masalah yang memberikan banyak gangguan apalagi di bulan-bulan akhir kehamilan. Rasa sakit tersebut juga bisa disebabkan oleh kurang nya kalsium dalam makanan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, bunda bisa menyiasatinya dengan beberapa tips berikut diantaranya adalah : melakukan senam hamil, mengkonsumsi makanan yang bergizi, jika ingin mengambil barang yang ada dibawah hendaknya bunda menekuk lutut bukan dengan cara membungkuk, tidur/rebahan diatas ranjang yang agak keras dan tidak empuk, amndilah dengan air hangat dan pijat-pijatlah otot-oto punggung, mengkonsumsi redoxon sebagai sumber kalsium dan dari pengalaman ibu hamil lainnya cukup aman di minum dan terbukti efektif.

8. Varises dan sakit pada kedua kaki. Semakin besar ukuran rahim, maka semakin bertambah upla bobot badan ibu hamil. hal ini berimbas dengan tekanan pembuluh darah yang diterima oleh kedua kaki untuk menopang aktivitas ibu hamil. Tipsnya adalah : mengangkat kedua kaki lebih tinggi sewaktu rebahan atau duduk, melakukan olahraga ringan, memakai kaus kaki khusus atau gunakan kaus kaki saat tidur.

9. Kaki dan Tangan Membengkak. Pada trimester ketiga kehamilan sering dijumpai masalah pembengkakan pada kaki dan tangan ibu hamil. Pembengkakan itu normal karena metabolisme ibu hamil juga berbeda, yang berbahaya adalah ketika pembengkakan disertai dengan naiknya tekanan darah (albuminuria). Tipsnya adalah bunda tidak berdiri terlalu lama, anda berjalan-jalan sebenatr untuk merangsang sirkulasi darah.

10. Mudah letih dan Capek. Wajar bila ibu hamil mengalami keletihan, apalagin untuk ibu hamil yang bekerja maupun ibu rumah tangga. Ambillah sedikit waktu 40-60 jam untuk tidur siang, segeralah tidr lebih awal di malam hari dan kalo bisa jangan lembur kerja. usahakan jarak antara makan dengan tidur lebih dari satu jama agar pencernaan dan rahim tidak ada masalah.

11. Perubahan pada payudara. Rasa sakit nyeri dan perubahan pada payudara lebih banyak dialami oleh wanita yang baru pertama kali hamil. Rasa sakit dan nyeri dialami dengan dirasakannya payudara seperti membengkak dan sakit bila disentuh. Dalam beberapa kasus, muncul bintik-bintik disekitar puting susu dan warna puting susu berubah menjadi lebih gelap. Secara ukuran, payudara juga mengalami pembesaran karena berkembangnya kalenjar susu dan terkadang ibu yang sedang hamil 6 bulan sudah bisa memproduksi ASI.

12. Gerak janin (memutar, memukul, menendang). gerak janin merupakan indikasi terpenting bahwa kehamilan itu dinyatakan sehat. Bagi yang pertama hamil, gerak janin dimulai saat hamil usia minggu ke 20an atau bulan ke 4. Adapun bagi ibu hamil yang mengandung anak ke 2, ke 3 dan seterusnya dialami gerak janin pada usia bulan ke-5. Jika gerak janin tidak ada selama 24 jam, terakhir, segeralah kontrol ke dokter kandungan. Gerak janin akan muncul ketika ibu hamil sedang lapar, happy, mendengarkan musik dan saat rebahan relaks. Gerakan janin juga tidak mengenal jam-jam tertentu, bisa pagi hari, siang atau dini hari saat tidur.

13. Ibu hamil Mengalami Susah Tidur. Meskipun sedang berbadan dua, jangan biasakan badan untuk manja, dan tetap melakukan aktivitas seperti biasanya namun dengan lebih hati-hati. Ibu hamil juga perlu selalu berpikiran positif dan sharing masalah apapun kepada suami agar tidak ada ganjalan dihati. Hindari masalah pencernaan yang menyebabkan tidak bisa tidur di malam hari, Minumlah segelas air hangat. Berusahalah melakukan latihan pernapasan khusus untuk relaksasi.