Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Masa Pubertas Anak Perempuan

Masa pubertas adalah suatu tahapan perkembangan yang terjadi kematangan pada alat alat seksual dan tercapai kemampuan untuk reproduksi, masa pubertas anak perempuan terjadi pada umur 11 hingga 15 tahun, sedangkan pada anak laki laki sekitar 12 hingga 16 tahun. Biasanya yang terjadi perubahan adalah fisik serta psikologis pada anak.

Perubahan pada fisik sering disebut dengan pertumbuhan simotis yang bisa dilihat dengan pertumbuhan fisik seperti perubahan tinggi, berat badan, suara dan lainnya. sedangkan pada psikologinya contoh yang paling gampang adalah mereka mulai memperhatikan penampilan diri sendiri dan tertarik dengan lawan jenis.

Perubahan-Perubahan Perilaku  Pada Masa Pubertas Anak Perempuan

Jika anda memiliki anak perempuan yang mulai menginjak usia pubertas, maka cobalah untuk mengerti perubahan perubahan sikap yang terjadi pada mereka, berikut ini adalah perubahan perubahan sikap anak perempuan ketika mereka sedang mengalami pubertas :masa pubertas anak perempuan

  1. Ingin menyendiri

Pada anak pubertas mereka menarik diri dari keramaian teman dan keluarga, terkadang mereka suka bertengkar atau berbeda pendapat dengan keluarga dan teman-temannya. Mereka merasa tidak dimengerti dan menganggap keluarga tidak baik padanya. Pada masa ini adalah masa yang paling rawan, karena mereka mulai menyukai lawan jenis, bisa jadi pacaran akan terjadi pada masa ini, ketika pacaran terjadi dan beberapa waktu akan putus, maka kesedihan yang mendalam akan terjadi, usia ini memang sudah tahu dan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, tapi mereka terkadang malah melakukan suatu hal yang buruk.

  1. Kehidupan sosial yang kurang baik

Ketika masa puber terjadi mereka sering kali membantah dan menentang apa yang ada di sekitar, terkadang dengan teman sendiri tidak mau untuk bekerja sama dalam tugas ataupun hal lainnya. namun seiring berjalannya waktu dan masa pubertas lanjut maka akan timbul kesadaran untuk lebih sabar dan mampu bekerja sama dengan orang lain, sebagai orang tua peran yang paling penting adalah mencari jalan untuk mengerti anak, mengawasinya, dan mejjadi teman bagi anak.

  1. Emosi yang tinggi

Pada masa puber ini kondisi psikolog yang dialami anak semakin terlihat. emosi yang tinggi, gelisah, mudah marah, cemas, khawatir akan selalu tampak pada masa puber ini,  maka jangan kaget jika anak mempunyai masalah terbawa ke rumah. sebagai orang tua jangan langsung memarahi, tapi jadilah seseorang yang mampu membuat anak tenang.

  1. Kepercayaan diri hilang

Anak puber akan mengalami perubahan fisik yang terjadi pada dirinya, terkadang hal ini mengakibatkan mereka tidak lagi percaya diri dengan kemampuannya. Yang tadinya mereka mempunyai cita cita tinggi, mereka mulai surut untuk menggapainya. Namun tenang saja, selama anda memotivasi anak anak anda maka semangat dan rasa percaya diri akan muncul kembali.masa pubertas anak perempuan

Perubahan Perubahan Fisik yang Terjadi Pada masa Pubertas Perempuan

Untuk masa pubertas perempuan, selain perubahan sikap juga terjadi perubahan fisik, antara lain adalah payudara akan tumbuh membesar, adanya pertumbuhan rambut pada ketiak dan daerah tertentu, pertumbuhan tinggi badan, pelebaran pinggul, suara semakin halus dan periode menstruasi akan terjadi. Demikian perubahan perubahan yang terjadi pada anak perempuan ketika tiba masa pubertas.