Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

Yoga merupakan cara yang tepat untuk meregangkan otot dan untuk menguatkan tubuh selama masa kehamilan, karena biasanya pada ibu hamil terjadi perubahan fisik dan emosional seperti sering stress dan panik, oleh sebab itu di rasa dengan yoga mampu menjadi cara yang efektif untuk mengatasi itu. Selain manfaat yoga untuk ibu hamil tetapi juga memiliki dampak yang baik untuk perkembangan janin.

Manfaat Melakukan Yoga Selama Masa Kehamilan 

Sebelum anda melakukan yoga, maka yang perlu anda lakukan adalah memilih tempat yoga yang baik untuk ibu hamil dan anda juga perlu mengenali gerakan yang cocok untuk ibu hamil jadi anda dalam memilih tempat yoga tidak akan salah pilih, tetapi sebelumnya anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter anda karena setiap ibu hamil juga memiliki kesehatan yang berbeda-beda jadi harus di sesuaikan dulu dengan keadaan ibu apabila memutuskan untuk yoga.

Jika anda tepat dalam memilih tempat yoga yang memiliki gerakan-gerakan yang tepat untuk ibu hamil, maka untuk manfaat yoga untuk ibu hamil dapat anda dapatkan, yaitu untuk:

  1. Rileksasi, dengan yoga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, kelenturan otot, dan sirkulasi darah sehingga tubuh akan merasa nyaman dan rasa lelah pada tubuh menjadi hilang.
  2. Persalinan, dengan yoga dapat mempermudah persalinan karena dengan gerakan yoga dapat melenturkan otot kewanitaan supaya dapat mengontrol otot area kewanitaan saat persalinan dan juga dapat mempercepat penyembuhan otot rahim setelah melahirkan
  3. Belajar melahirkan, di kelas yoga terdapat diskusi tentang melahirkan, yaitu dengan pembahasan cara melahirkan bayi dengan mudah dan cara mengurangi rasa nyeri selama proses persalinan
  4. Tidur yang nyaman, dengan latihan pernafasan pada kelas yoga maka akan menciptakan ketenangan pada tubuh dan membuat istirahat lebih nyaman.manfaat yoga untuk ibu hamil

Dengan melakukan gerakan yoga secara rutin dapat bermanfaat untuk kesehatan baik untuk ibu maupun janin, karena dengan yoga dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan premature, dan apabila anda susah untuk melahirkan dengan normal maka dengan mengikuti yoga akan mempermudah anda melakukan persalinan normal dengan mudah tanpa harus melalui operasi cesar, dan ibu hamil yang mengikuti yoga pada umumnya memiliki tekanan darah yang rendah dan untuk  perkembangan janin juga  baik.

Setelah anda mengetahui manfaat yoga untuk ibu hamil maka dapat anda terapkan selama masa kehamilan anda,  tetapi harus diingat bahwa sebelum anda memutuskan untuk mengikuti yoga anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda, sehingga akan lebih aman. Dan untuk yoga juga harus di pandu oleh pemandu yang professional. Untuk melakukan yoga lakukan secara rutin yaitu 2 kali seminggu selama 1 jam untuk hasil yang terbaik.