Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Temulawak merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan, baik untuk pengobatan maupun sekedar menunjang kesehatan agar lebih prima. Nama lain temulawak yaitu curcuma xanthorrhiza adalah tumbuhan obat yang masuk ke dalam suku temu-temuan, tanaman asli Indonesia banyak ditemukan di pulau jawa. Namun seiring perkembangan jaman karena khasiatnya maka dapat ditemui di kawasan lain di asia tenggara.

Sejak dulu tanaman ini sering dijadikan sebagai obat tradisional. Sebelum membahas 10 khasiat temulawak untuk kesehatan ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan yang ada pada temulawak.


Zat yang terdapat pada temulawak yang bermanfaat untuk kesehatan:manfaat temulawak

  1. Pati 48,18% – 59.64% – untuk membantu proses metabolisme
  2. Protin 29 % – 30 %
  3. Abu 5.26% – 7.07%
  4. Serat 2.58% – 4.83% – untuk memulihkan kebugaran badan
  5. Kurkumin 1.6% – 2.2% – dapat melancarkan proses pencernaan
  6. Minyak asiri 6% – 10% – untuk meningkatkan fungsi ginjal
  7. Phelandren – membantu melancarkan pengeluaran toksin pada tubuh melalui air kecing
  8. Kamfer
  9. Turmerol – dapat membantu proses metabolisme
  10. Borneol – membantu memulihkan kesehatan tubuh karena penyakit
  11. Sineal
  12. Xanthorrhizol

manfaat temulawak

Inilah 10 khasiat temulawak untuk kesehatan

  1. Temulawak dipercaya bisa melancarkan ASI dengan cara mengolah 20 gram rimpang temulawak kemudian cuci sampai bersih lalu diparut, hasil parutan diperas dan disaring lalu direbus hingga mendidih, setelah itu diangkat dan didiamkan sampai dingin, campurkan dengan 2 sendok makan madu lalu aduk rata dan diminum pagi dan sore hari.
  2. Temulawak dipercaya sebagai antioksidan dan mampu memelihara kesehatan tubuh dan juga mampu mengatasi radikal bebeas yang menyerang tubuh.
  3. Temulawak bisa menurunkan lemak darah melalui kandungan kurkuminoid di dalam temulawak. Dan juga pada fraksi kurkuminoid yang dapat menurunkan trigliserida, kandungan kolesterol total serta mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
  4. Temulawak dapat merangsang nafsu makan yang disebabkan oleh adanya efek dari minyak atsiri yang memiliki sifat karminativum.
  5. Manfaat lain dari temulawak yaitu memiliki kemampuan menjaga kesehatan fungsi hati dikarenakan dalam temulawak mengandung kalagoga yang berfungsi untuk mengatur produksi cairan empedu di dalam hati, juga mampu merangsang pengosongan kadung empedu.
  6. Temulawak dipercaya bisa menyembuhkan nyeri haid.
  7. Temulawak memiliki kemampuan mengobati jerawat.
  8. Manfaat temulawak bisa mencegah terjadinya pengumpulan darah karena kandungan kurkumin yang memiliki fungsi menghambat pembentukan tromboksan B-2 yang merupakan senyawa yang memiliki fungsi sebagai penggumpal darah dalam tubuh.
  9. Manfaat lain temulawak yaitu mengurangi radang sendi dan nyeri, ini disebabkan karena kandungan kurkumin sebagai antiradang yang bisa mengurangi nyeri serta radang sendi.
  10. Khasiat dari temulawak juga yaitu mempunyai kemampuan dalam memperbaiki fungsi pencernaan. Dengan adanya serbuk rimpang temulawak yang mampu meningkatkan aktivitas cairan yang ada di dalam lambung serta membantu proses metabolisme pencernaan dan mengurangi kontraksi pada usus halus.manfaat temulawak, khasiat temulawak, pengobatan dengan temu lawak, kegunaan temulawak

Itulah 10 khasiat temulawak untuk kesehatan dapat anda dapatkan ketika anda mengkonsumsinya. Saat ini memang masih sangat minim orang yang mengkonsumsi bahan herbal untuk dijadikan obat, meskipun ada peningkatan dari tahun ke tahun.

Fungsi herbal yang membutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama menjadi penyebab orang lebih memilih obat kimia yang dapat mengobati penyakit dengan cepat. Namun efek kimia sangat berisiko untuk membuat penyakit-penyakit lain hidup di tubuh kita.


TAGs: khasiat temulawak, manfaat temu lawak biar cpt hamil, jamu cepat hamil dari temulawak, manfaat temulawak, temulawak temugiring obat agar cepat hamil

Scroll Up