>> DAFTAR ISI [720+ Artikel] <<

Manfaat Senam Nifas, cara dan Contoh Gerakan Senam

Senam nifas adalah gerakan-gerakan ringan yang dilakukakan oleh ibu seusai melahirkan. Senam ini bertujuan untuk melamaskan otot-otot ibu pasca melahirkan. Biasanya, senam nifas dimulai enam jam setelah ibu melakukan proses persalinan, dan senam ini dilakukan secara bertahap. Manfaat senam nifas yaitu dapat memberikan kenyamanan pada tubuh ibu yang baru saja melahirkan.

Selain dapat membuat tubuh ibu menjadi lebih nyaman, manfaat senam nifas yang lain adalah dapat membantu proses pelangsingan tubuh ibu pasca melahirkan.

Lalu Bagaimana cara melakukan senam nifas :

Manfaat Senam Nifas 2

Manfaat Senam Nifas 2

  1. Berbaringlah sambil menekuk lutut serta letakkan tangan di atas perut. Lakukan gerakan demikian sambil mengatur napas. Tarik napas dari hidung, lalu keluarkan perlahan melalui mulut.
  2. Berbaringlah dan angkat tangan ke atas. Bukalah telapak tangan sedikit lebar dan lakukanlah peregangan pada kedua kaki dan tangan.
  3. Lakukanlah gerakan yang dapat membuat organ intim wanita berkontraksi. Tekuklah kedua kaki dan tarik dasar panggul selama kurang lebih tiga detik. Lakukanlah semuanya dengan rileks.
  4. Tidurlah terlentang sambil menekuk kedua kaki. Kencangkan otot-otot perut, juga otot bokong selama minimal 3 detik. Lakukanlah dengan santai.
  5. Berbaringlah terlentang, sambil menekuk lutut. Sentuhlah lutut dengan kedua tangan dan angkatlah bahu serta kepala setinggi kurang lebih 45 derajat.
  6. Baringkan badan Anda sambil taruh tangan di belakang kepala. Angkatlah kedua kaki setinggi 10 derajat, kemudian naikkan lagi menjadi 45 derajat, dan terakhir 90 derarat. Lakukan selama beberapa detik saja, kemudian turunkan kaki dengan perlahan.
  7. Berbaringlah di atas matras. Angkatlah kaki setinggi 60 derajat. Hal ini akan sedikit sulit bagi para ibu sehingga dibutuhkan kursi untuk membantu menahan kaki ibu.
  8. Lakukanlah gerakan memutar telapak kaki ke dalam dan ke luar secara bergantian selama setengah menit.
  9. Lakukan gerakan menaikturunkan kedua telapak kaki selama setengah menit.
  10. Berbaringlah dengan nyaman, lalu gerakkanlah kaki sesuka Anda. Anda dapat mengangkat kaki setinggi-tingginya, juga dapat mendekatkan kaki sedekat-dekatnya dengan badan. Lalukan selama 8 hingga 10 hitungan.
  11. Tidurlah terlentang dengan tangan di bawah kepala. Angkat kaki kira-kira 45 derajat. Sambil mengangkat kaki, angkatlah juga bokong Anda. Gunakan kursi untuk menyangga kaki Anda. Lakukan selama 4 hingga 6 kali dalam kurun waktu setengah menit.
  12. Berbaringlah sambil mengangkat kaki Anda. Silangkanlah kaki ketika kaki diangkat.

Manfaat Senam Nifas 2

Untuk merasakan manfaat senam nifas dengan optimal, maka lakukanlah senam tersebut dengan rutin. Senam nifas dapat menjaga emosi ibu agar tetap bergembira meskipun tugasnya untuk menyusui sang bayi sangatlah berat. Tidak perlu terlalu bersemangat saat melakukan senam nifas karena gerakan senam nifas memang dibuat pelan dan santai.