Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat pisang untuk ibu hamil sangat banyak. Bukan hanya diperlukan untuk ibu ketika masih mengandung saja, tetapi juga diperlukan untuk makanan bayi pada saat masa pertumbuhan. Pisang mempunyai banyak nutrisi yang bertujuan untuk menunjang pada saat fase kehamilan.

Pisang mempunyai banyak kalium, vitamin B6, vitamin C, dan sebagai sumber serat. Kandungan yang terdapat di pisang tersebut bukan hanya diperlukan untuk ibu hamil, tetapi juga untuk bayi. Dengan begitu pertumbuhan bayi dapat terjadi lebih maksimal.

Kandungan nutrisi sebagai manfaat pisang untuk ibu hamil

Kandungan nutrisi yang paling banyak pada pisang ialah kalium. Sumber kalium yang terdapat pada pisang sekitar 200 – 350 mg. Jumlah yang sangat besar ini dapat memberikan asupan kalium lebih banyak untuk janin dan ibu hamil. Kalium ini sangat membantu untuk menyeimbangkan tekanan darah agar tetap normal. Sering kali ibu hamil mengalami anemia atau tekanan darah tidak stabil.Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Dengan mengonsumsi pisang, tekanan darah sang ibu bisa lebih stabil dan mengurangi penyakit seperti tekanan darah rendah maupun tinggi. Selain itu, kalium bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan sistem syaraf dan ginjal janin. Syaraf janin yang masih mengalami pertumbuhan akan lebih maksimal dengan asupan tambahan kalium.

Manfaat pisang untuk ibu hamil lainnya ialah sumber vitamin B6. Menurut penelitian, pisang dengan ukuran besar memiliki kandungan vitamin B6 sebanyak 50%. Sehingga dengan jumlah tersebut dapat memberikan asupan vitamin B6 yang lebih banyak setiap harinya. Dengan asupan yang besar setiap harinya dapat membantu ibu hamil agar tetap terjaga kesehatannya.

Vitamin B6 ini juga bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah, sehingga ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi pisang agar tidak terjadi anemia. Selain itu, vitamin B6 ini juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan hormon serotonin yang berfungsi untuk mengatasi morning sickness. Sehingga pisang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat lainnya yaitu sebagai sumber vitamin C. Satu buah pisang ukuran sedang umumnya mengandung 10 mg vitamin C. Dari ukuran tersebut berarti dapat memenuhi kebutuhan hingga 25% kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil setiap harinya. Vitamin C ini berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan serangan-serangan penyakit seperti kanker, taksoplasma, dan penyakit jantung.

Selain itu, pisang juga sebagai sumber serat. Serat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil dan janin. Pisang merupakan salah satu buah yang kaya serat. Dalam satu pisang umumnya menyediakan 2,3 gram serat makanan. Jumlah tersebut dapat mencukupi 10% kebutuhan serat untuk ibu hamil.

Kandungan nutrisi di dalamnya memang sangat banyak. Sehingga ibu hamil memang disarankan mengonsumsi pisang hingga bayi keluar. Hal ini untuk memberikan kelengkapan nutrisi kepada bayi dan ibu hamil. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa banyak sekali manfaat pisang untuk ibu hamil.