>>> >> > DAFTAR ISI [720+ Artikel] < << <<<

Hikmah dan Manfaat Membaca Surat Yasin Setelah Salat

Setiap huruf yang dibaca dalam Al Quran memberikan pahala bagi pembacanya. Dalam sebuah Hadis riwayat Tirmidzi dikatakan, membaca satu huruf dalam Al Quran akan membawa satu kebaikan. Kemudian, satu kebaikan tersebut akan dilipat gandakan.

Alif, lam, dan mim pun bukan dihitung satu huruf, dalam hadits tersebut dijelaskan, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim datu huruf. Apalagi ketika kita bisa membaca satu ayat, satu surat, satu halaman, satu juz, bahkan dapat mengkhatamkan kitabullah. Sungguh luar biasa kebaikan-kebaikan membaca Al Quran.

Sebagaimana keutamaan-keutamaan yang ia miliki, Al Quran begitu banyak menyimpan hikmah. Termasuk-surat-surat di dalamnya. Surat Yasin, merupakan surat urutan ke-36 dalam Al Quran, juga memiliki berbagai hikmah dan manfaat.

Sebagaimana umumnya diketahui masyarakat, surat Yasin kerap kali dibacakan ketika diadakan tahlil atau pun di saat seseorang menjelang sakaratul maut. Hal tersebut diharapkan akan menguatkan dan memudahkan jalan orang tersebut untuk menghadap ilahi.

Namun, selain itu, ada juga hikmah-hikmah surat Yasin yang bisa kita dapatkan, salah satunya ketika dibaca sehabis salat. Waktu setelah salat wajib adalah salah satu waktu diijabahnya doa, waktu yang sangat baik. Berikut beberapa hikmah membaca surat Yasin setelah salat.

Hikmah dan Manfaat Membaca Surat Yasin Setelah Salat Fardhu/Shalat Sunah

Pertama, salah satu hikmah membaca surat Yasin setelah salat adalah meningkatkan keberkahan hidup. Membbaca surat-surat dalam Al Quran memang memberikan pahala yang berlimpah. Salah satu kiat meningkatkan keberkakan hidup adalah dengan memperbanyak pahala.manfaat membaca surat yasin setelah salat manfaat membaca surat yasin setelah salat manfaat membaca surat yasin setelah salat

Meningkatkan keberkahan hidup membuat hati manusia tenang, sebab hanya keridaan Allah lah yang membuat urusan manusia lancar. Apalagi yang perlu manusia cari selain keberkahan hidup, bukan?

Kedua, bertambahnya kedekatan diri dengan Sang Pencipta. Hal ini dikarenakan membaca surat Yasin berarti memahami lagi apa yang disampaikan Allah melalui isi surat tersebut. Membaca surat-surat dalam Al Quran lebih menyadarkan kodrat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan.

Ketiga, bertambahnya ilmu dalam memahami Al Quran. Membaca Al Quran, juga surat Yasin, baiknya memang tidak hanya membaca huruf arabnya saja. Arti dan tafsir surat Yasin kiranya juga sangat perlu.

Sebagai manusia yang memiliki keterbatasan pengetahuan, terutama bahasa, membaca tafsir dari suatu surat adalah hal yang penting. Membaca surat Yasin beserta terjemahannya mampu menambah pemahaman dan ilmu agama seseorang.

Keempat, semakin mengimani bahwa Nabi Muhammad adalah Rasulullah. Surat Yasin diturunkan sebagai jawaban dari cemoohan atau keraguan orang-orang kafir atas kerasulan Nabi Muhammad SAW. Surat Makiyah berjumlah 83 ayat ini mengisahkan kerasulan Muhammad SAW sebagai pengantar wahyu di jalan yang lurus.

Oleh sebab itu membaca surat Yasin berarti meneguhkan hati untuk semakin meyakini bahwa Muhammad SAW adalah utusan Allah. Itulah sejumlah hikmah membaca surat Yasin seusai Salat. Masih begitu banyak keutamaan dan manfaat membaca surat yasin setelah salat dan surat-surat Al Quran lainnya yang bisa Anda dapatkan.