Daftar Isi HamilPlus.Com (760+ Artikel)

Manfaat Makan Pete Untuk Ibu Hamil

Makan pete untuk ibu hamil dapat membantu berbagai keluhan pada saat masa kehamilan. Memang baunya akan menyengat, apalagi seorang ibu hamil akan lebih cepat merasa buang air kecil. Bau yang dihasilkan dari pete ini terkadang dapat mengganggu ketika ibu hamil atau siapapun di toilet. Namun, perlu diketahui, bahwa pete mempunyai manfaat untuk ibu hamil.

Salah satu manfaat pete yang paling umum ialah dapat meningkatkan nafsu makan. Nafsu makan ibu yang terkadang tidak stabil juga dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin, sehingga dengan dorongan mengonsumsi pete dapat meningkatkan nafsu makan kembali.

Kandungan zat-zat pada Pete

  • Asam dikrostasinik, asam jengkolik dan asam thiozolidine-4-karboksilik (agen anti kanker).
  • Dari segi gizi, zat-zat di petai sama dengan gizi kedelai, baik dalam kandungan mineral, vitamin, protein, lemak dan antinutrisi.
  • Komponen petai yang mudah menguap = 1,2,4-trithiolane     1,3,5-trithiane     3,5-dimetil     1,2,4-tritiolane.
  • Serat yang tinggi
  • Omega 3
  • Zat Besi
  • Mengandung Energi 142 kkal/100 mg
  • 46 mg Vitamin C per 100g biji
  • 200iu Vitamin A per 100g biji
  • 3 Macam gula alami : Sukrosa Fruktosa Glukosa
  • Hidrogen sulfida dan etanol juga ditemukan dalam ruang pembungkus biji petai.

Manfaat utama makan pete untuk ibu hamil

Pete bisa mengobati stres. Ibu pada masa kehamilan sangat tidak diperbolehkan mengalami stres. Karena pengaruh stres sangat besar terjadi pada bayi. Bayi bisa saja terhambat pada saat proses pertumbuhan. Stres ini terkadang terjadi pada saat masa kehamilan bulan pertama. Kehamilan trimester pertama selain mengalami mual, hormon serotonin juga tidak seimbang, sehingga ibu sering mengalami stres.

Makan Pete Untuk Ibu HamilMakan Pete Untuk Ibu Hamil

Pete dengan kandungan tritopan-nya dapat membantu keseimbangan hormon serotonin melalui proses sintetis hormon serotonin, sehingga dapat meredakan stres. Hormon serotonin sendiri merupakan hormon penghilang stres, sehingga dapat menghilangkan stres dengan bantuan pete ini.

Manfaat makan pete untuk ibu hamil lainnya yaitu mengatasi anemia. Sering kali tekanan darah sang ibu pada masa kehamilan tidak stabil. Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena kurangnya asupan zat besi. Pete merupakan bahan makanan yang mempunyai kandungan zat besi, sehingga bisa membantu sang ibu ketika mengalami anemia.

Bukan hanya itu saja, ibu hamil juga rentan sekali terkena tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi disebabkan karena kurangnya kalium dalam tubuh. Hal ini juga dapat diatasi dengan mengonsumsi pete. Pete dapat bermanfaat mengatur tekanan darah agar lebih seimbang dan dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi dan kalium dalam tubuh.

Pete juga dapat membantu meredakan sembelit. Pete mengandung banyak serat yang dapat membantu meredakan sembelit. Namun, ibu hamil juga jangan mengonsumsinya terlalu banyak, karena dapat menyebabkan diare. Selain itu, pete juga merupakan makanan yang disarankan untuk ibu hamil yang menderita maag.

Tekstur pete yang lembut dapat dikonsumsi pada saat masih mentah. Pete yang mempunyai kelebihan alkalin ini bisa menetralkan kelebihan asam lambung dan dapat mengurangi iritasi pada dinding lambung, sehingga maag tidak kambuh ketika masa kehamilan. Manfaat pete untuk ibu hamil lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Bukan kulit sang ibu saja yang dapat terjaga kesehatannya, tetapi juga kulit sang janin.

Bolehkah Ibu Hamil Muda Makan Pete ?

Untuk ibu hamil yang sedang memasuki trimester 1, atau usia kandungan 1-3 bulan sebaiknya menghindari makan pete. Hal ini dikarenakan pada awal kehamilan masih terjadi penyesuaian sistem pencernaan, penyesuaian sistem di janin/plasenta dan juga hormon ibu hamil masih fluktuatif. Tak jarang ibu hamil muda yang makan pete mengalami rasa panas di perut, pegal-pegal, gangguan ginjal, diare/gangguan BAB. Namun gangguan ini tidak selalu terjadi, tergantung kondisi fisik ibu hamil dan janin yang dipengaruhi oleh banyak faktor.

Untuk bunda hamil yang sudah memasuki usia kehamilan trimester 2 dan 3, tidak ada pantangan memakan pete, namun sebaiknya membatasi konsumsi pete dalam batas wajar yakni <10 biji per hari

Jika sang anak mempunyai kulit yang bagus, otomatis sang anak juga mempunyai kelebihan lain. Sehingga pete sangat dianjurkan dikonsumsi untuk bisa menghasilkan kulit yang cantik dan bayi Anda juga semakin terlihat berseri. Manfaat yang dihasilkan pete ini jangan diremehkan, karena banyak sekali manfaat makan pete untuk ibu hamil. Demikian lah informasi ini kami rangkum dari berbagai narasumber dan referensi, semoga bermanfaat.