Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Pentingkah ?

Kacang hijau atau Pheseolus Aereus adalah jenis kacang-kacangan yang sering dikonsumsi kita. Kacang-kacangan ini sering digunakan anda untuk olahan bubur, campuran es atau pudding. Ada juga sebagian dari orang Indonesia yang menggunakan bahan kacang hijau ini sebagai bahan utama dalam pembuatan rempeyek. Walaupun bentuknya yang kecil, kacang hijau memiliki nutrisi dan manfaat yang sangat bagus dan tinggi.

Untuk itu, kacang hijau untuk ibu hamil sangat bagus sekali jika dikonsumsi pada tiap harinya. Why? Nah, berikut akan diperjelas lagi akan kandungan nutrisi yang ada didalam kacang hijau, sehingga anda bisa tahu akan manfaatnya bagi tubuh anda. Dan dalam artikel berikut juga akan dijelaskan pula manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Penting Dalam Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kacang hijau adalah salah satu sumber mineral yang cukup penting untuk tubuh kita. Sumber mineral tersebut diantaranya yaitu fosfor dan kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kacang hijau atau Pheseolus Aureus adalah keluarga dari leguminoseae (polong-pongan atau kacang kacangan).

Kacang hijau mempunyai kandungan protein nabati yang sangat tinggi. Kandungan lemak dalam kacang hijau memiliki 23% asam lemak jenuh, dan 77% adalah asam lemak tak jenuh. Jadi, kacang hijau sangat aman dikonsumsi anda atau ibu hamil dan manfaat kacang hijau sangat baik untuk kesehatan anda khususnya ibu yang hamil.kacang hijau untuk ibu hamil 2

kacang hijau untuk ibu hamil

Nah, setelah mengetahui akan nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau, anda juga perlu tahu akan kandung penting yang terdapat dalam kacang hijau. Berikut akan diberikan 7 kandungan penting yang ada didalam tumbuhan polong-polongan ini. Kandungan penting dalam kacang hijau diantaranya yaitu:

Memiliki protein yang tinggi. Protein yang terkandung didalam kacang hijau terdapat sebanyak 24%. Makanan polong yang dapat dijadikan menu alternative sehari-hari ini memiliki protein nabati yang sangat baik. Pada zaman dulu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau. Itu dikarenakan agar saat proses melahirkan rambut bayi terlihat semakin tebal.

Memiliki fosfor dan kalsium. Kandungan kalsium yang terdapat pada kacang hijau akan membantu bumil dalam menjaga kesehatan terutama dibagian tulangnya.

Memiliki serat tinggi. Kacang hijau juga memiliki serat yang dapat bermanfaat dan membantu bumil pada saluran pencernaannya

Mengandung karbohidrat kompleks. Anda pastinya akan terasa kenyang saat mengkonsumsi olahan dari kacang hijau. Ini dikarenakan didalam kacang hijau terdapat karbohidrat kompleks yang lebih lama saat dicerna. Sehingga saat anda memakan olahan kacang ini anda akan menghasilkan tenaga yang lebih stabil.

Mengandung lemak yang rendah. Nah, kadar lemak yang dimiliki oleh kacang hijau memang sangat rendah. Sehingga hal ini akan menyebabkan bahwa bahan dasar kacang hijau saat diolah tidak akan mudah basi. Dan kandungan lemak tak jenuh dalam kacang hijau sangat baik dan penting untuk kesehatan jantung anda.

Mengandung vitamin B1. Kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 didalamnya, sehingga ini akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anda. Selain itu, kacang hijau juga akan meningkatkan nafsu makan anda dan memberi energi untuk tubuh serta dapat memaksimalkan sistem kerja pada syaraf anda.

Mengandung vitamin B2. Selain B1, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin B2. Vitamin ini dapat menyerap protein yang ada didalam tubuh, sehingga tubuh akan lebih gampang saat menyerap protein.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Setelah tahu akan nutrisi dan kandungan yang terdapat dalam kacang hijau, pastinya banyak sekali manfaat kacang hijau jika dikonsumsi oleh anda khususnya ibu yang sedang hamil. Apa saja manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi kacang hijau??

Selain bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan, mencegah dari penyakit, kacang hijau sangat bermanfaat dalam proses perkembangan saraf bayi dan mengurangi resiko akan trejadinya kelainan pada bibir sumbing, jantung bayi, dan kecacatan lainnya.

Ini dikarenakan kacang hijau memiliki asam folat yang memang sangat penting untuk ibu yang sedang hamil. Selain itu, asam folat juga bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan dari bayi yang akan dilahirkan.

Itulah wacana dan informasi tentang kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, semoga wacana dan informs di atas dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.