Daftar Isi HamilPlus.Com (730+ Artikel)

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dapat dirasakan oleh mereka jika mengonsumsinya dengan teratur dan sesuai dengan takaran. Kacang hijau merupakan tumbuhan yang masuk dalam jenis polong-polongan. Kacang hijau biasa dikonsumsi pada bulan puasa karena dapat menyegarkan tubuh akibat berpuasa sepanjang hari.

Kacang hijau yang biasa diolah menjadi makanan bubur atau roti, kini dapat dikonsumsi menjadi minuman sehat. Bahkan, minuman kacang hijau telah dikemas menjadi minuman kemasan. Karena kini kacang hijau telah dikemas menjadi minuman menyehatkan dan lebih praktis dikonsumsi, ibu hamil dapat mengonsumsinya dengan teratur tanpa melakukan hal yang sia-sia.

Alasan Mengetahui Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dapat dirasakan karena kandungan nutrisi yang ada di dalam kacang hijau. Di dalam kacang hijau terkandung protein yang tinggi. Untuk mengganti protein nabati yang kadang sulit dikonsumsi setiap harinya, kacang hijau dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Agar nantinya bayi yang dilahirkan memiliki rambut hitam yang lebat, ada baiknya saat hamil mereka mengonsumsi kacang hijau.

Di dalam kacang hijau terkandung protein nabati sebanyak 24%. Dalam pertumbuhan rambut, memerlukan asupan protein nabati yang tinggi. Inilah mengapa kacang hijau dianjurkan untuk dikonsumsi pada wanita hamil. Di dalam kacang hijau juga terdapat kalsium dan fosfor.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu HamilManfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Kandungan kalsium dan fosfor yang ada pada kacang hijau mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dengan kandungan kalsium yang ada di dalam kacang hijau dapat menjaga tubuh agar terhindar dari tulang yang keropos. Di dalam kacang hijau juga terkandung serat. Serat ini membantu tubuh dalam proses pencernaan.

Bagi ibu hamil,  masalah pencernaan merupakan hal yang sering timbul. Mereka sulit untuk melakukan pengeluaran karena kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dapat dirasakan jika ibu hamil mengonsumsinya secara teratur. Tidak ada salahnya jika ibu hamil mengonsumsinya dengan teratur dan dalam waktu yang berkala.

Di dalam kacang hijau juga terdapat kandungan karbohidrat yang komplek. Dengan mengonsumsi kacang hijau, ibu hamil akan merasakan kenyang jika tidak mengonsumsi nasi. Kacang hijau sangat baik dalam menggantikan nasi. Ibu hamil yang berada dalam masalah mual saat hamil, biasanya akan sulit untuk mengonsumsi makanan.

Agar terhindar dari kekurangan nutrisi, kacang hijau dapat dijadikan alat untuk mengatasi masalah tersebut. Di dalam kacang hijau juga terdapat lemak yang rendah. Makanan yang dibuat dengan berbahan dasar kacang hijau dapat terjadi dalam waktu yang lama. Makanan tidak akan cepat berbau basi. Kandungan lemak tak jenuh ini juga baik dalam menjaga kesehatan jantung.

Kacang hijau dapat dijadikan makanan yang mampu menjaga tubuh dari ancaman penyakit. Asam folat yang ada, dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah dan menjaga sel saraf pada bayi. Sekarang Anda jadi tahu, mengapa Anda perlu tahu manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.