Daftar isi [720+ Artikel]

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Cara Praktis Penggunaannya

Manfaat jeruk nipis untuk diet ada banyak sekali yang bisa didapatkan. Selain itu, jeruk nipis juga merupakan salah satu buah yang sangat mudah dan murah untuk didapatkan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat diet jeruk tipis turun kg serta beberapa cara penggunaannya.

6 Manfaat jeruk nipis untuk diet

Beberapa manfaat jeruk nipis bagi orang diet antara lain:

  1. Membakar lemak

Hal ini karena ada zat asam sitrat dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan metabolisme lemak menjadi energi. Oleh karena itu, diet jeruk nipis juga perlu diimbangi dengan olahraga secara cukup dan teratur agar pembakaran lemak bisa maksimal.

  1. Melancarkan pencernaan

Kelancaran pencernaan sangat penting untuk diet, karena pencernaan yang lancar akan memudahkan proses penyerapan nutrisi, sehingga tubuh akan tetap bugar selama diet.Manfaat jeruk nipis untuk diet

  1. Menjaga kadar gula dalam darah

Terutama untuk orang yang diet diabetes, jeruk nipis bisa membuat kadar gula tetap terjaga, yaitu dengan cara memperlambat penyerapan gula dari makanan, sehingga rasa lapar tidak akan mudah datang.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang terjaga akan membuat pelaku diet tetap memiliki stamina yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit walaupun sedang melakukan diet ketat.

  1. Mencegah sembelit

Salah satu kondisi orang diet yang mudah ditemui adalah sembelit. Jeruk nipis mampu mencegah sembelit karena asam sitrat di dalamnya mampu membersihkan sistem pencernaan secara baik.

  1. Detoksifikasi atau pembuangan racun

Jeruk nipis bisa menjadi bahan makanan yang baik untuk membuang racun-racun di dalam tubuh, sehingga diet yang dijalankan tidak hanya akan berdampak pada berat badan, melainkan juga akan menyehatkan tubuh.

Cara penggunaan jeruk nipis untuk diet

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan jeruk nipis untuk keperluan diet yang cukup mudah untuk dilakukan, di antaranya:

  1. Menggunakan air hangat

Cara pertama adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat. Manfaat minum air jeruk nipis hangat di malam hari adalah membantu proses pencernaan selama tidur, sehingga ketika bangun, tubuh akan mendapatkan efek yang baik.

  1. Usahakan tanpa gula

Untuk proses diet, sebisa mungkin jangan menambahkan gula ke dalam larutan air perasan jeruk nipis. Namun jika belum terbiasa dengan rasa asamnya, pada awal masa diet, gunakan saja gula sekedarnya. Namun lama kelamaan, jangan tambahkan gula lagi jika lidah sudah terbiasa dengan rasa asam.

  1. Menambahkan jahe

Jahe juga mampu merangsang pembakaran lemak menjadi kalori. Untuk hasil yang lebih cepat, menambahkan jahe pada air larutan jeruk nipis diperbolehkan. Caranya adalah dengan memblender 2 ruas jahe dengan air. Buang ampasnya. Setelah itu, tambahkan perasan satu buah jeruk nipis. Aduk, dan minum hingga habis.

  1. Menggunakan jeruk nipis sebagai toping

Selain menggunakannya sebagai minuman, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai alternatif toping dari makanan. Misalnya dengan menambahkannya ke dalam kuah soto, bakso, steak, atau membuat salad sehat dengan toping jeruk nipis.

Cara Memakai Eyeliner Sesuai Bentuk Mata

Tips Menggunakan Eyeshadow

  1. Infused lime water

Untuk pelaku diet yang tidak memiliki banyak waktu untuk memeras jeruk nipis, buat saja infused lime water. Caranya adalah dengan memotong jeruk nipis, lalu memasukkannya ke dalam botol minuman yang bisa dibawa kemana-mana.

Demikianlah beberapa manfaat jeruk nipis untuk diet serta cara penggunaannya yang aman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.