DAFTAR ISI HAMILPLUS.COM [820+ Artikel]

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Buah yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu, dan juga banyak khasiat di dalamnya. Kandungan alami yang terdapat pada jeruk nipis seperti vitamin C, kalsium, lemak, serat pangan, karbohidrat, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5 dan mineral serta zat besi, fosfor, kalium, seng, magnesium dan gula. Memperkaya kandungan buah ini dan menghasilkan manfaat yang luar biasa. Di bawah ini adalah 11 manfaat jeruk nipis bagi kesehatan.

Manfaat Jeruk Nipis

  1. Melebatkan rambut

Kebotakan pada rambut mengakibatkan kita agak kurang percaya diri, namun itu dapat diatasi dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya yaitu dengan menyediakan 1 buah jeruk nipis belah dua dan peras airnya. Bakar merang padi secukupnya sampai jadi abu, rendam abu merang pada air selama semalam kemudian saring, selanjutnya padukan air rendaman abu merang dengan air jeruk nipis kemudian basuk ke kepala anda sembari dipijit. Lakukan setiap hari sampai terlihat perubahan.

manfaat jeruk nipis  khasiat jeruk nipis

  1. Mengurangi kerontokan rambut

Rambut rontok adalah normal namun jika kebanyakan itu tidak normal, anda dapat menggunakan jeruk nipis dengan cara mengoleskannya secara merata dan diamkan sampai semalamam.

  1. Membuat kulit tampak awet muda

Usapkan air perasan jeruk nipis pada wajah untuk mengurangi tampilan yang menua seiring bertambahnya usia. Jangan lupa memperbanyak minum air putih.

  1. Mengencangkan dan mencerahkan kulit

Anda dapat menggunakan masker jeruk nipis untuk mendapatkan hasil dalam mengencangkan dan mencerahkan kulit.

  1. Meminimalisir jerawat dan memudarkan bekasnya

Anda dapat menggunakan cotton bud untuk mengoleskan air jeruk nipis ke jerawat, kemudian diamkan 30 menit sampai mengering kemudian bilas.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Diabetes membuat setiap penderita waspada terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Tidak memperhatikan kandungan gula dapat menimbulkan risiko serius bagi penderita. Jeruk nipis adalah buah ideal yang mampu mengatur penyerapan gula tubuh ke system sirkulasi darah, dan mengurangi peningkatan kadar gula darah.

manfaat jeruk nipis  khasiat jeruk nipis

  1. Mengobati ambeien

Manfaat jeruk nipis untuk mengobati ambeien. Caranya, siapkan 10 gram akar pohon jeruk nipis dan bersihkan kotoran yang menempel menggunakan air, lalu rebus dalam air selama 30 menit. Kemudian saring airnya, dan minumlah selagi hangat 3 kali sehari.

  1. Menyembuhkan infeksi pada sistem kemih

Kalium yang terkandung pada jeruk nipis dapat bertindak sebagai agen pelepas racun dan juga endapan yang memiliki peluang tersimpan dalan kandung kemih. Ini akan mengganggu proses berkemih karena telah terjadi penyumbatan pembersihan endapan zat pada kandung kemih.

  1. Terhindar dari penyakit jantung

Kandungan serat pangan yang dapat membantu penderita diabetes dengan cara menjaga kadar gula darah ternyata member reaksi ganda berupa penurunan tekanan darah dan mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh. Dengan seperti itu, maka penyakit jantung dan stroke akan menjauh dari anda.

  1. Merelaksasi otot yang tegang

Irislah jeruk nipis tipis-tipis, kemudian peras tiap irisan, lalu tambahkan sedikit air putih pada air jeruk perasan. Gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang otot-ototnya tegang.

  1. Mengembalikan kebugaran tubuh

Minumlah sebutir kuning telur ayam kampung yang ditambah perasan satu buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Minumlah satu kali dalam seminggu supaya stamina tubuh terisi kembali.

Masih banyak lagi manfaat jeruk nipis bagi kesehatan, dan mungkin akan ditambahkan pada artikel lainnya. Semoga informasi 11 manfaat jeruk nipis bagi kesehatan ini dapat bermanfaat bagi anda.