Manfaat dan Jadwal Imunisasi Hepatitis B

Imunisasi Hepatitis B merupakan satu dari lima imunisasi wajib untuk bayi. Imunisasi ini dimaksudkan sebagai tindakan preventif untuk serangan virus Hepatitis B. Untuk kita ketahui bersama, virus Hepatitis B merupakan salah satu virus berbahaya yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada organ Hati. Sebanyak 1 dari tiap 10 orang Indonesia telah terinfeksi virus ini dan kemungkinan besar akan semakin bertambah jumlah penderitanya.

Manfaat Imunisasi Hepatitis B

Seperti yang telah disebutkan di atas, vaksin Hepatitis B dilakukan sebagai tindakan preventif ataupun pencegahan terhadap serangan virus Hepatitis B. Dengan pemberian vaksinasi ini, diharapkan berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh virus Hepatitis B seperti infeksi organ hati, sirosis, atau bahkan kanker hati bisa dihindari atapun dicegah.


imunisasi Hepatitis B

Waktu Pemberian Vaksinasi Hepatitis B

Imunisasi Hepatitis B biasanya dilakukan pada waktu bayi baru lahir. Meskipun begitu, bagi orang dewasa yang belum pernah menerima vaksinasi ini, tindakan vaksinasi tetap bisa dilakukan kapanpun ingin dilakukan.

Pada umumnya, vaksinasi Hepatitis B dilakukan sebanyak 2 hingga 4 kali dalam periode waktu 6 bulan. Pada bayi, imunisasi ini biasanya dilakukan pada saat bayi baru lahir, yang disusul dengan vaksinasi kedua pada saat bayi berusia 1 hingga 2 bulan, dan ditutup dengan vaksinasi ke tiga saat bayi berusia 6 hingga 18 bulan.

Untuk vaksinasi pada orang dewasa, biasanya dilakukan sebanyak 4 kali dengan rincian: dosis pertama, kedua, dan ketiga dijaraki pemberiannya selama kurang lebih 4 minggu, setelah itu, ditutup pada dosis keempat setelah kurang lebih 4 hingga 5 bulan dari dosis ke tiga.

Vaksinasi Hepatitis B dapat diberikan secara tunggal ataupun berbarengan dengan vaksinasi lainnya. Periode vaksinasi ini sendiri biasanya dapat bertahan seumur hidup sehingga tidak perlu dilakukan pengulangan kembali di masa ‚Äď masa mendatang.

imunisasi Hepatitis B

Cara Mendapatkan Vaksinasi / Imunisasi Hepatitis B

Seperti yang telah disebutkan di atas, vaksinasi Hepatitis B merupakan salah satu vaksinasi wajib untuk setiap bayi. Karena diwajibkan dan merupakan salah satu program pemerintah, imunisasi ini bisa didapatkan secara cuma-cuma oleh setiap bayi di posyandu terdekat.

Untuk orang dewasa yang belum pernah diberi imunisasi Hepatitis B, vaksinasi ini bisa didapatkan di rumah sakit terdekat dengan biaya pribadi.


TAGs: 2017 imunisasi, agar anak gemuk sehat dan cerdas, campa bayi2017, gambar buku imunisasi 2017, gambar virus hepatitis pada ibu hamil, imunisasi bayi 2017, Manfaat suntik hepatitis B

Scroll Up