hamilplus.com
★ efek samping okra ★ efek negatif buah okra ★ efek samping okra merah ★ manfaat dan efek samping okra ★

Manfaat dan Efek Samping Okra Bagi Kesehatan Tubuh

Efek samping okra memang belum banyak diketahui karena mayarakat lebih terpusat dengan manfat okra yang cukup banyak bagi kesehatan. Bagi yang masih asing dengan okra, okra merupakan sebuah tanaman yang termasuk dalam jenis sayuran dengan bentuk menyerupai jari yang khas.

Okra kini mulai banyak dibudidayakan oleh para petani di Indonesia karena semakin tingginya tingkat permintaan pasar. Tak hanya dapat tumbuh subur di Indonesia, okra juga banyak ditemukan di beberapa negara Asia seperti India, China, Jepang, dan Malaysia.

Deretan manfaat Okra

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai efek samping okra, yang akan dikupas lebih lanjut dahulu adalah mengenai manfaat okra bagi kesehatan. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai manfaat okra yang memiliki rasa yang renyah serta tekstur yang hampir mirip dengan terong:

  • Mencegah dan mengobati diabetes

Okra yang memiliki kulit dengan bulu halus mengandung insulin yang sangat efektif menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini tentu membuat okra sangat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

efek samping okra dampak okra manfaat okra

  • Menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan

Okra dapat dikonsumsi dengan berbagai cara seperti dicampurkan pada salad hingga diolah menjadi jus yang menyegarkan. Kandungan senyawa antibakteri dan antiseptik okra dapat melegakan tenggorokan saat batuk dan saat radang tenggorokan melanda.

  • Menetralisir tekanan darah dan kolesterol

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam okra seperti vitamin, mineral dan potassium dapat melebarkan pembuluh darah serta arteri sehingga dapat mengurangi dan menetralisir tekanan darah serta membantu menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh. Tekanan darah dan kolesterol tinggi dapat memicu seseorang terserang stroke. Oleh karenanya, okra untuk stroke memang benar-benar terbukti secara efektif.

  • Mencegah penyakit jantung

Okra juga dapat dijadikan makanan pilihan yang dapat menjaga kesehatan kardiovaskular sehingga terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

  • Menjaga kesehatan kulit dan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi, xanthein, lutein, dan beta karoten sangat efektif dalam menjaga kesehatan mata dan kulit dari resiko penyakit degenerasi.

  • Menjaga kesehatan tulang

Okra juga dapat berkhasiat untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan folat yang sangat tinggi pada okra.

3 Efek samping Okra yang belum banyak diketahui

Okra memiliki dua jenis warna namun khasiatnya sama. Dua jenis warna okra antara lain hijau dan merah. Terdapat beberapa efek samping yang diakibatkan oleh okra seperti berikut ini:

  • Memperburuk ginjal yang bermasalah

Okra mengandung berbagai zat dan nutrisi yang sangat baik kesehatan tubuh. Salah satu zat yang terkandung dalam okra adalah oksalat. Oksalat yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh memberi dampak negatif bagi ginjal yang memang sudah bermasalah. Untuk itu, bagi yang memiliki masalah dengan ginjal, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi okra.

  • Berdampak buruk bagi batu empedu

Efek samping okra merah maupun okra merah cenderung sama. Seperti halnya kandungan oksalat di dalamnya yang tidak hanya dapat memperburuk kondisi ginjal yang bermasalah, namun juga dapat memicu penyakit batu empedu menjadi semakin buruk.

  • Meningkatkan kadar kolesterol jika pengolahan salah

Okra yang dikonsumsi secara benar memang dapat menurunkan dan menetralisir kadar kolesterol dalam tubuh. Namun apabila okra diolah dengan cara yang salah, justru kondisi sebaliknya yang dapat terjadi. Misalnya saja pengolahan okra dengan minyak seperti digoreng atau ditumis dengan minyak berlebih akan membuat kadar kolesterol semakin naik.

Efek Samping Bawang Dayak

Secara umum efek samping okra hanya terjadi apabila pengolahannya tidak tepat. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi okra dengan cara pengolahan yang tepat seperti dijadikan salad, dibuat jus, dijadikan hidangan sop dan lainnya yang memang terhindar dari minyak.



ARTIKEL TERBARU

Efek Samping Kianpi Pil Penggemuk Badan, Harus Diwaspadai!


Efek Samping Obat Tramadol Bagi Kesehatan, Waspada!


Efek Samping Bio7 Obat/Suplemen Herbal dan Manfaatnya


Efek Samping Daun Kersen Yang Membahayakan Kesehatan


Suplemen Untuk Ibu Hamil Yang Esensial


Manfaat dan Efek Samping Okra Bagi Kesehatan Tubuh

durasi baca: 5 min