Daftar isi [720+ Artikel]

Efek Samping Minum Utrogestan yang Wajib Bunda Ketahui

Salah satu obat yang banyak dikonsumsi oleh wanita hamil adalah utrogestan dan efek samping minum utrogestan masih belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Obat utrogestan merupakan obat yang sering dianjurkan medis untuk dikonsumsi oleh wanita muda yang hamil pertama kali karena obat ini memiliki banyak manfaat untuk janin dalam kandungan. Apa saja manfaat utrogestan?

Inilah Manfaat Minum Utrogestan

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh wanita hamil adalah resiko keguguran terutama pada trisemester pertama karena kondisi janin masih sangat lemah sehingga sebagian besar dokter menyarankan wanita hamil untuk selalu menjaga asupan nutrisi, aktivitas, dan mengonsumi obat utrogestan.efek samping minum utrogestan, manfaat dan efek samping minum utrogestan, fungsi minum utrogestan, bahayakah efek samping minum utrogestan, manfaat utrogestan

Utrogestan merupakan obat yang banyak diberikan oleh dokter untuk wanita muda yang sedang hamil. Obat ini merupakan golongan obat B yang aman dikonsumsi ibu hamil untuk menguatkan kandungan. Utrogestan aman dikonsumsi ibu hamil dan memiliki banyak manfaat untuk kehamilan, berikut adalah manfaat atau fungsi minum utrogestan:

efek samping minum utrogestan, manfaat dan efek samping minum utrogestan, fungsi minum utrogestan, bahayakah efek samping minum utrogestan, manfaat utrogestan

  1. Menguatkan janin

Manfaat utrogestan bagi ibu hamil adalah untuk menguatkan janin dalam kandungan sehingga dapat mencegah terjadinya keguguran. Biasanya dokter akan memberikan obat ini pada trisemester pertama karena kandungan pada usia ini masih sangat lemah dan rentan terhadap guncangan yang dapat menyebabkan keguguran.

baca: Manfaat Obat Blesifen Untuk Wanita Muda

Obat ini aman dikonsumsi dalam kadar yang normal sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan mengonsumsi utrogestan secara berlebihan karena dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan. Inilah manfaat dan efek samping minum utrogestan yang perlu diketahui ibu hamil.

  1. Aktivitas tetap berjalan normal

Ibu hamil yang mengonsumsi utrogestan maka kandungannya akan semakin kuat sehingga mereka bebas melakukan semua aktivitas seperti biasanya tanpa takut akan terjadi keguguran. Tetapi sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang berat karena dapat membahayakan janin dalam kandungan dan jika merasa lelah maka harus beristirahat yang cukup untuk mengembalikan stamina tubuh.

Jadi meskipun usia kehamilan masih dalam trisemester pertama Anda dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan nyaman dan tidak lagi khawatir akan terjadi keguguran.efek samping minum utrogestan, manfaat dan efek samping minum utrogestan, fungsi minum utrogestan, bahayakah efek samping minum utrogestan, manfaat utrogestan

Bahayakah efek samping minum utrogestan? Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan janin dalam kandungan, obat utrogestan juga memiliki efek samping yang cukup besar bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi obat utrogestan:

  1. Menimbulkan kanker

Dokter tidak pernah menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi utrogestan dalam jangka panjang karena obat ini memiliki efek samping penyebab kanker. Pada umumnya kanker yang dapat muncul pada ibu hamil adalah pada bagian payudara sehingga penggunaan utrogestan sebaiknya untuk jangka pendek saja. Tetapi jika Anda tidak memiliki riwayat kanker maka penyakit kanker tidak akan menghampiri meskipun mengonsumsi obat utrogestan penguat kandungan.

  1. Mengakibatkan stroke

Salah satu penyakit yang banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat adalah stroke atau lumpuhnya salah satu fungsi jaringan tubuh sehingga tidak bisa bergerak dengan leluasa. Mengonsumsi obat utrogestan dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan stroke yang sulit untuk disembuhkan.

Ada dua macam stroke yaitu ringan dan berat. Pasien penyakit stroke ringan masih dapat menggerakkan salah satu bagian tubuhnya, sedangkan pasien stroke berat tidak mampu menggerakkan seluruh anggota tubuhnya atau mengalami kelumpuhan total. Jadi saat hamil sebaiknya konsumsi obat utrogestan dalam kadar secukupnya sesuai dengan petunjuk dokter.

baca: Obat Cefadroxil (Pengertian, Khasiat, Efek Samping, Kontra Indikasi)
baca: Obat Cyclo Proginova (Khasiat, Dosis, Efek Samping)

Demikian informasi seputar manfaat dan efek samping minum utrogestan yang dapat menguatkan janin dalam kandungan pada trisemester pertama sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya keguguran.