Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Binahong? Mungkin banyak yang tidak kenal dengan nama ini. Binahong mungkin banyak yang mengenalnya dengan nama Gondola. Manfaat dari daun ini luar biasa. Banyak yang telah membuktikan khasiat dari daun binahong, apakah anda ingin mengetahui manfaat daun binahong beserta khasiatnya ?

Daun ini memiliki nama latih Bassela Rubra Linn. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang melengkung dengan bentuk bagian yang dekat dengan batang yang menyerupai hati. Tanaman satu ini bisa hidup dimana saja. Tanaman ini dapat hidup di dataran rendah, dan juga dataran tinggi.

Daun binahong mempunyai dua manfaat besar untuk manusia. Daun binahong bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat kencantikan dan juga kesehatan. Ini dikarenakan daun binahong memiliki protein yang tinggi, anti mikroba, asam arkobat, saponis dan total fenol.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kecantikan

Kebanyakan manfaat daun binahong bagi kecantikan adalah pada wajah. Banyak sekali masalah yang terjadi pada kulit wajah. Salah satu masalah yang terkadang membuat jengkel adalah masalah jerawat. Khasiat daun binahong dapat merontokkan jerawat pada wajah. Ini termasuk jerawat batu yang membandel serta suka memerah dan menyebabkan wajah bopeng.manfaat daun binahong 2

Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menghaluskan daun binohang dan memakainya di wajah yang jerawat. Selain itu daun binohang juga dapat direbus. Setelah dingin dapat digunakan untuk membasuh atau mencuci wajah untuk mengencangkan pori-pori. Air rebusan daun binohang juga dapat diminum untuk memberikan efek kecantikan dan kulit berseri pada wajah.

manfaat daun binahong 2

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Gangguan Maag

Banyak sekali manfaat kesehatan yang diperoleh dari daun binohang. Salah satunya yaitu untuk memperoleh tubuh yang fit. Itu didapat dari upaya menjaga kantong nasi dala tubuh kita terhindar dari penyakit maag. Karena jika terkena maag makanan yang masuk ke dalam tubuh akan terasa sakit dan justru mengganggu kegiatan kita.

Pada kasus yang cukup parah, orang yang mengalami penyakit maag dapat mengalami opname dan juga sering mengeluarkan keringat dingin. Maka sangat penting mengatasi maag ini. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan khasiat daun binohang. Daun binohang dapat direbus dan kemudian setelah cukup dingin, rebusan tadi airnya diminum. Air rebusan diminum secara rutin, untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  1. Meredakan Kolesterol

Kebanyakan orang saat ini adalah rasa takut akan kolesterol. Kolesterol yang terlalu tinggi akan mengganggu peredaran darah. Peredaran yang tidak lancar akan membuat penumpukan. Penumpukan karena kolesterol ini lambat laut akan menyebabkan banyak penyakit. Manfaat daun binahong dengan senyawa yang kuat dapat mengurangi kolesterol. Caranya cukup sederhana, anda hanya merebus beberapa daun binahong dengan air secukupnya. Air rebusan tadi dapat diminum setelah dingin.

  1. Mengurangi Asam Urat

Asam urat yang berlebih ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan di sendi kita. Karena akan mengganggu dan menyebabkan sakit. Ketika ini dibiarkan maka akan membentuk Kristal yang menyebabkan kelumpuhan jangka panjang. Tentu saja hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Daun binohang dapat membantu mengatasi hal ini.

Daun binohang yang telah dipetik dapat direbus. Kemudian air rebusannya diminum setelah dingin. Ketika anda meminum air ini maka sedikit banyak akan mengurangi asam urat yang menumpuk di dalam tubuh anda.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat daun binahong beserta khasiatnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.